kutil kemaluan wanita

Kutil kemaluan wanita dan pria merupakan penyakit menular seksual yang akan membuat penderitanya memiliki kutil pada area kelamin ataupun anus. Ciri-ciri penyakit ini adalah munculnya daging tumbuh atau kutil di permukaan vagina, penis, anus ataupun di bagian dalam ketiga area tersebut. Ukuran dan jumlah kutil yang tumbuh akan berbeda pada setiap penderita, namun umumnya berukuran kecil dan jumlahnya banyak atau berkelompok. Kutil ini akan terlihat berwarna gelap kemerahan, dengan permukaan yang mirip seperti kembang kol.

Penyebab Kutil Kemaluan Wanita Dan Pria

Penyebab dari kemunculan kutil kemaluan ini adalah karena adanya infeksi human papillomavirus atau HPV. Virus ini dapat dengan mudah menginfeksi selaput lendir ataupun kulit wanita dan juga pria. Namun bukan berarti seseorang yang terinfeksi akan langsung merasakan gejala kemunculan kutil kemaluan ini, karena bisa saja kutil baru akan muncul setelah berbulan-bulan atau malah bertahun-tahun. Walaupun tidak ada kutil yang muncul, namun virus tetap berada di dalam tubuh dan masih bisa menular pada orang lain melalui hubungan seksual.

Penyebaran Kutil Kemaluan Wanita Dan Pria

Karena penyakit ini termasuk dalam infeksi menular seksual, maka akan sangat mudah menyebar melalui kontak seksual yang dilakukan dengan penderita, seperti penetrasi vagina, seks anal, penggunaan mainan seks bersama penderita, dan juga seks oral. Walaupun begitu, virus ini tidak bisa menular melalui berpelukan, ciuman, ataupun penggunaan peralatan bersama dengan penderita.

Pengobatan Kutil Kemaluan Wanita Dan Pria

Pengobatan yang dapat dilakukan pada penyakit yang juga disebut kondiloma akuminata atau kutil kelamin ini pertama-tama adalah dengan mendapatkan diagnosis yang jelas terkait kondisi yang dialami penderita. Bila kutil tumbuh pada area permukaan kelamin atau anus, akan lebih mudah dilihat hanya melalui pemeriksaan fisik biasa. Namun bila tumbuh pada bagian dalam, akan membutuhkan pemeriksaan lain untuk melihat kondisi bagian dalam area kutil tumbuh.

Setelah diketahui diagnosis yang pasti, maka pengobatan dimulai dengan pemberian obat topikal bila kutil masih dalam kondisi yang lunak dan belum menyebar. Obat topikal ini diberikan dengan cara dioleskan pada bagian kutil, dengan tujuan mematikan jaringan kutil. Ada pula obat topikal yang digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar bisa melawan virus yang menginfeksi.

kutil kemaluan wanita

Pemberian obat topikal harus yang sudah diresepkan oleh dokter, bukan obat yang Anda beli sendiri secara bebas. Umumnya obat untuk kutil kelamin akan berbeda dari obat untuk kutil biasa. Jadi jangan sembarangan dalam memberikan obat yang bukan diresepkan oleh dokter.

Namun bila kutil tidak juga merespons pengobatan topikal ataupun kutil yang tumbuh sudah menyebar, serta kutil diderita oleh wanita hamil, pengobatan yang dibutuhkan adalah prosedur ablasi. Prosedur ini juga memiliki banyak metode yang dapat disesuaikan dengan kondisi kutil yang tumbuh. Metode yang dapat dipilih adalah eksisi, bedah listrik, bedah laser, ataupun cryotherapy.

Itulah beberapa hal terkait kutil kemaluan yang bisa dialami wanita dan juga pria. Bila Anda menemukan adanya kemunculan kutil, maka ada baiknya Anda segera memeriksakan diri agar tidak terjadi penularan pada pasangan ataupun infeksi yang menyebar. Pengobatan yang dilakukan secara dini akan lebih baik dan mempercepat pengobatan yang dilakukan.

Konsultasikan keluhan Anda terkait kutil kelamin atau kutil kemaluan pada staf medis Klinik Utama Gracia dengan mengklik tombol layanan chatting yang sudah disediakan. Anda juga bisa memeriksakan kondisi yang Anda alami langsung di Klinik Utama Gracia.