kondiloma akuminata adalah

Pernah mendengar tentang kondiloma akuminata? Kondiloma akuminata adalah penyakit yang berbentuk kutil yang terjadi di vagina, penis ataupun dubur. Sebutan lain dari kondiloma akuminata adalah kutil kelamin atau kutil genitalis. Penyakit ini bisa menular melalui hubungan seksual yang dilakukan dengan penderita. Gejala yang umumnya muncul karena penyakit kondiloma akuminata adalah rasa gatal, dan juga muncul benjolan kutil yang tidak sedap dipandang.

Penyebab

Penyebab kondiloma akuminata adalah Human papilloma virus tipe 6 dan 11. Virus ini sama dengan penyebab kanker serviks pada wanita, hanya saja kanker serviks disebabkan oleh Human papilloma virus tipe 16 dan 18. Virus ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, ataupun penularan dari ibu hamil pada bayi ketika dilahirkan.

Gejala

Tidak ada gejala berarti yang muncul ketika terinfeksi penyakit ini. Namun kadang muncul gatal, kemerahan dan juga permukaan kulit area yang terinfeksi menjadi kasar dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Kutil biasanya akan muncul 1 sampai 6 bulan setelah seseorang terinfeksi. Awalnya hanya muncul bengkak yang lembut dan juga lembab berwarna kemerahan. Setelah itu kutil akan berkembang cepat, bahkan muncul juga yang bertangkai.

Pertumbuhan kutil yang cepat ini bisa juga terjadi pada ibu hamil, seseorang yang sedang mengalami peradangan di kulitnya ataupun orang yang menggunakan obat yang bisa menekan sistem kekebalan tubuh.

Gejala umum lainnya dari penyakit ini yaitu akan muncul kutil yang tumbuh berkelompok dan membentuk seperti kembang kol, ada benjolan daging kecil di area kelamin, bengkak di area kelamin, gatal, dan terjadi pendarahan ketika berhubungan seksual.

Mendiagnosa kutil kelamin bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pap smear. Hal ini dilakukan untuk memantau apakah adanya kutil dan juga mendeteksi dini kanker serviks. Selain itu penyakit ini bisa diperiksa dengan pemeriksaan visual kemudian dilanjutkan dengan tes DNA untuk memperjelas status virus apakah berbahaya atau tidak.

kondiloma akuminata

Pengobatan

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk penyakit ini yaitu dengan menggunakan pengobatan topikal atau mengoleskan salep, krim ataupun cairan yang memiliki kandungan tertentu untuk menghilangkan kutil. Jika obat tersebut tidak mempan, maka akan dilakukan prosedur ablasi. Prosedur ini juga biasanya dilakukan pada pasien wanita hamil, karena kebanyakan obat topikal memiliki efek samping yang bisa membahayakan janin yang dikandung.

Ablasi sendiri terdiri dari 4 teknik yaitu eksisi, bedah listrik, cryotheraphy, dan juga bedah laser. Selain itu ketika melakukan pengobatan untuk mengatasi kutil kelamin, sebaiknya Anda tidak menggunakan lotion, busa mandi ataupun sabun yang berparfum, karena produk tersebut bisa saja menyebabkan iritasi di kulit.

Pencegahan

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah terjadinya kutil kelamin, yang paling utama dilakukan adalah menahan keinginan untuk melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Anda bisa meminimalisir terjadinya penularan dengan penggunaan kondom, walaupun tidak sepenuhnya efektif.

Selain itu Anda bisa melakukan pemberian vaksin HPV penyebab kutil kelamin. sebaiknya vaksin diberikan ketika seseorang belum aktif secara seksual, yaitu usia 12 tahun pada laki-laki, dan usia 11 tahun pada perempuan. Vaksin ini efektif untuk menurunkan resiko terkena kutil kelamin sebesar 50 persen jika dilakukan di usia kurang dari 21 tahun ataupun di usia 21 sampai 30 tahun.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan penyakit ini, Anda bisa langsung menemui dokter untuk mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasinya. Semoga artikel di atas bermanfaat.