kandung kemih wanita

Kandung kemih biasa disebut bladder adalah kantung otot di panggul, tepat diatas dan di belakang tulang kemaluan. Ketika kosong kandung kemih ukuran dan bentuknya seperti buah pir. Urin dibuat oleh ginjal, dan menuju ke dua tabung yang disebut ureter lalu menuju kandung kemih, kandung kemih adalah tempat menampungnya urin. Sehingga kandung kemih dapat mengatur kapan keluarnya urin. Kandung kemih dilapisi oleh lapisan jaringan otot yang meregang untuk menampung urin. Kapasitas normal kandung kemih adalah 400 sampai 600 ML.

Saat buang air kecil, kontraksi pada otot bladder terjadi dan dua sfingter (katup) terbuka, agar urin mengalir keluar, urin keluar dari bladder ke dalam uretra, yang membawa urin keluar dari tubuh. Ukuran panjang uretra lebih panjang pria dibanding wanita, untuk uretra pria panjangnnya 8 inci dan wanita hanya 1,5 inci.

Kondisi Kandung Kemih

kandung kemih pria

Bladder mempunyai beberapa kondisi yang menyebabkan penyakit-penyakit tertentu, yang bersarang pada bladder, berikut penyakit-penyakit yang mungkin ada pada bladder:

• Sistitis, peradangan atau infeksi bladder yang menyebabkan nyeri akut yang membuat ketidaknyamanan, dan menyebabkan frekuensi kencing tidak teratur.
  • Batu kemih, batu yang terbentuk dari endapan mineral, bisa mengakibatkan tersumbatnya bladder, sehingga menghalangi urin yang keluar yang mengakibatkan rasa nyeri saat buang air kecil.
  • Kanker Kandung Kemih, sebuah tumor yang tumbuh di bladder yang biasanya ditemukan setelah keluarnya darah di dalam urin, yang menyebabkanya adalah kebiasaan merokok.
  • Inkontinensia Urin, gejalanya seseorang tidak mampu mengontrol bladder, yang mengakibatkan urin keluar tanpa bisa ditahan saat tertawa, bersin.
  • Detrusor Overaktif, yaitu keadaan otot kandung kemih yang tanpa sadar menyebabkan urin bocor, detrusor overaktif merupakan penyebab umum dari inkontenensia urin.
  • Hematuria, keadaan dimana terdapat darah di dalam urin, tapi hematuria termasuk jinak yang menyebabkannya adalah infeksi atau bisa yang lebih serius adalah kanker.
  • Retensi Urin, urin yang tidak keluar dari Bladder karena tersumbat atau aktivitas otot Bladder tertekan. Bladder dapat mengalami pembengkakan karena menampung lebih dari satu liter urin.
  • Sistokel, lemah otot panggul (biasanya sehabis melahirkan) memungkinkan bladder untuk menekan vagina. Cirinya adalah terdapat masalah saat buang air kecil.
  • Mengompol, mengompol di definisikan pada anak 5 tahun atau lebih yang mengompol saat tidur, setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu dalam 3 bulan.
  • Dysuria (nyeri buang air kecil), nyeri atau ketidak nyamanan saat buang air kecil karena infeksi, iritasi, atau peradangan pada bladder, uretra, atau alat kelamin eksternal.