counter

 

kulup

Kulup biasa juga disebut preputium atau kulit khatan. Hanya sekitar 1 dari setiap 20 anak laki-laki lahir dengan kulit khatan yang dapat ditarik. Ini mencerminkan fakta bahwa histologis (jaringan) pengembangan Kulit khatan biasanya tidak lengkap pada saat lahir.

kulit khatan tidak sepenuhnya dapat dipisahkan dari kelenjar 96% dari anak laki-laki yang baru lahir. Dengan satu tahun 1 tahun, kulit khatan dapat ditarik kembali pada 50% anak laki-laki dan oleh 3 tahun, kulit khatan dapat ditarik kembali dalam 80% sampai 90% dari anak laki-laki yang tidak disunat.

Sunat dilakukan pada saat bayi baru lahir mengurangi risiko kanker penis dan menurunkan risiko kanker serviks pada pasangan seksual. Hal ini juga mengurangi risiko infeksi saluran kemih dan menurunkan risiko penyakit menular seksual, Terutama HIV.

Ketidakmampuan untuk menarik kulit khatan tidak harus dianggap masalah kecuali ada gejala lain.

Fungsi Kulit Khatan

  1. Menjaga kelenjar lembab.
  2. Melindungi penis berkembang di dalam Rahim.
  3. Meningkatkan kenikmatan seksual karena adanya reseptor saraf.

Akibat Apabila Ada Kulit Khatan

Kulit khatan dapat menjadi subyek sejumlah kondisi patologis (perkembangan penyakit). Kebanyakan kondisi yang langka dan mudah diobati. Dalam beberapa kasus, terutama dengan kondisi kronis, pengobatannya termasuk sunat, yang mana sunat merupakan prosedur dimana sepenuhnya kulit khatan itu dibuang.

Klik chat

Jenis-Jenis Infeksi Pada Kulup

Pada Kulit khatan yang panjang tentu bisa menimbulkan beberapa penyakit dan infeksi jika tidak dijaga dengan baik kebersihannya.

Dibawah ini sedikit penjelasan mengenai infeksi pada Kulit khatan.

  • Aposthia adalah suatu kondisi langka dimana kulup tidak ada saat lahir atau dengan kata lain bayi sudah disunat sejak masih di dalam kandungan.
  • Posthitis adalah peradangan kulup preputium dari penis laki-laki.
  • Paraphimosis adalah kulup ketat yang terperangkap di belakang kepala penis dan membengkak sehingga berbentuk seperti cincin.
  • Phimosis adalah kulup ketat pada bagian ujung penis tidak bisa ditarik melewati kepala penis.
  • Liken lerosus adalah penyakit bercak putih pada kulit yang dapat menyebabkan jaringan parut di kulit kelamin dan daerah sekitarnya.
  • Frenulum adalah suatu jaringan elastis yang menghubungkan Kulit khatan dengan kepala penis.

Tips Menjaga Penis Laki-Laki Agar Selalu Sehat

Jika anda mengalami sesuatu yang kurang baik pada Kulit khatan, langkah terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis serta penanganan yang tepat.

Tindakan pencegahan yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan penis bisa dilihat dibawah ini:

  • Hindari pembubuhan bedak atau deodorant pada penis, terutama balita. Serbuk bedak dapat tinggal dibalik Kulit khatan dan menyebabkan iritasi.
  • Banyak mengkonsumsi air minum tiap harinya.
  • Kenakan bawahan dan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan terbuat dari serat alami.
  • Ganti celana dalam setidaknya 24 jam sekali.
  • Tidak masalah untuk berhubungan seksual tanpa pengaman dengan pasangan anda, tapi gunakan kondom jika anda berhubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda.
  • Sehari sekali cuci penis dengan air hangat dan sabun berbahan ringan tanpa aroma, terutama pada daerah Kulit khatan.
  • Selalu keringkan penis setelah mandi dan buang air kecil.
  • Ganti popok bayi dan balita sesering mungkin.
  • Hindari terlalu lama mengenakan pakaian basah.

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap sebaiknya langsung konsultasi ke dokter masalah Kesehatan anda, atau bisa kunjungi langsung Klinik Utama Gracia, kami mempunyai staff dokter yang profesional, berpengalaman dan didukung dengan alat-alat yang modern dan canggih, bisa juga hubungi konsultan online kami dengan klik tombol dibawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save