kutil kelaminKutil kelamin adalah salah satu jenis yang paling umum dari infeksi menular seksual. Setidaknya setengah dari semua orang yang aktif secara seksual akan terinfeksi human papilloma virus (HPV), yaitu virus yang menyerang daerah genital.

Seperti namanya, penyakit ini mempengaruhi jaringan lembab di daerah genital. Kutilnya akan terlihat mengecil di bagian genital, bentuknya seperti benjolan berwarna atau memiliki bentuk seperti kembang kol.

Kutil ini juga sama seperti kutil yang muncul pada tubuh bagian lain. Kutil yang muncul di area kelamin disebabkan oleh virus HPV. Beberapa virus HPV menyebabkan tumbuhnya kutil pada kelamin, HPV juga dapat menyebabkan kanker. Penularan virus human papilloma tersebut terjadi melalui kontak hubungan manusia melalui kulit dengan kulit, pada saat aktivitas seks berlangsung.

Jenis virus human papilloma ada banyak. Beberapa diantaranya seperti jenis 16 dan 18 dapat menyebabkan kanker serviks, sedangkan pada jenis lain dapat menimbulkan penyakit menular seperti tumbuhnya kutil pada kelamin.

Gejala Kutil Kelamin

penyebab kutil KelaminPada wanita, kutil akan tumbuh pada bagian vulva, dinding vagina, daerah antara kelamin eksternal dan anus, anus dan leher Rahim. Pada pria, kutil dapat muncul pada ujung atau batang penis, skrotum atau anus.

Kutil dapat berkembang di mulut atau tenggorokan dari orang yang telah memiliki kontak seksual (oral sex) dengan orang yang terinfeksi.

Bila penderita adalah pria maka penyakit kutil ini dapat tumbuh di bagian batang penis dan ujung penis, anus, dan sekitar area kelamin lainnya.

Tanda-tanda dan gejalanya meliputi:

• Bentuknya kecil, daging berwarna atau bengkak berwarna abu-abu di daerah genital.
  • Beberapa kutil terlihat menumpuk dan berbentuk seperti kembang kol.
  • Terasa gatal dan merasa tidak nyaman pada daerah genital.
  • Terjadinya pendarahan saat berhubungan seksual.

Terkadang kutil yang tumbuh di daerah kelamin bentuknya tidak terlihat karena ukuran yang kecil, tetapi kutil ini dapat berkembang sehingga membentuk seperti kembang kol.

Penyebab Kutil Kelamin

Penyebab kutil pada kelamin adalah virus HPV (Human papillomavirus). Ada lebih dari 40 jenis HPV yang berbeda yang secara khusus menginfeksi daerah genital. HPV genital menyebar melalui kontak seksual. HPV genital kebanyakan tidak berkembang karena orang yang terinfeksi mempunyai system kekebalan tubuh yang bagus.

Komplikasi

Penyebab Kutil Kelamin

• Komplikasi terhadap kemungkinan munculnya kanker, yang mungkin akan terjadi adalah kanker serviks yang erat kaitannya dengan HPV genital. Beberapa jenis HPV juga berhubungan dengan kanker vulva, kanker anus, kanker penis dan kanker mulut tenggorokan. Pada manusia virus HPV tidak selalu menyebabkan kanker tetapi sangat penting untuk mencegah lebih dini dan langsung menjalani pengobatan jika terinfeksi HPV genital.
  • Konplikasi selama kehamilan, HPV genital dapat menyebapkan masalah selama kehamilan, kutil bisa memperbesar, sehingga sulit untuk buang air kecil. Kutil yang terletak pada dinding vagina dapat mengurangi kemampuan jaringan vagina untuk merenggang saat melahirkan.
  • Komplikasi terhadap bayi yang lahir dari ibu yang terinveksi HPV genital sangat jarang terjadi, dan apabila terjadi kutil akan tumbuh pada daerah tenggorokan dan akan dilakukan pembedahan supaya bayi bisa bernafas.

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap sebaiknya langsung konsultasi ke dokter masalah Kesehatan anda, atau bisa kunjungi langsung Klinik Utama Gracia, anda bisa bertemu langsung dengan dokter kami dan konsultasi, kami mempunyai staff dokter yang profesional, berpengalaman dan didukung dengan alat-alat yang modern dan canggih, bisa juga hubungi konsultan online kami dengan klik tombol di bawah ini.