macam macam keputihan

Tahukah Anda bahwa saat ini lebih dari 75% kaum wanita di indonesia pernah mengalami yang namanya keputihan? walaupun hanya sekali dalam hidupnya dan sudah sangat tidak asing lagi di kalangan kaum hawa.

Untuk itu diharapkan kaum wanita mengetahui apakah keputihan yang di deritanya berbahaya atau tidak? Normal atau tidak? dan keputihan yang terjadi apa macamnya? berupa fisiologis atau patologis

Keputihan atau leucorrhea penyakit yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada alat kelamin dan umumnya diderita oleh wanita.

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Jamur

Biasanya disebabkan oleh jenis Albicans jamur candida dapat menyebabkan gatal-gatal di sekitar vulva / vagina nya. Warna putih cairan karena jamur berwarna putih kekuningan dengan bau sangat khas. Jamur bisa disebabkan oleh kehamilan, steroid, antibiotik, obesitas, daya tahan tubuh rendah, dan sebagainya.

Bakteri

Bakteri yang disebut Gardnerella keputihan nya vaginosis bakteri dan dengan karakteristik pasien dengan warna putih keabu-abuan encer yang beraroma amis. Bakteri ini disebabkan muncul selama kehamilan, seks bebas.

Virus

Kebanyakan virus ini terjadi dari penyakit HIV /aids, herpes, kondiloma, dan lain-lain yang bisa memicu munculnya kanker rahim. Virus herpes banyak ditularkan dari berhubungan biasanya ditandai dengan gejala ada luka di sekitar blister dengan vagina liang gatal cair dan rasanya seperti musim panas. Sedangkan kondiloma telah ditandai gejala ada banyak kutil dengan bau badan cair yang sering menyerang ibu hamil

Parasit

Keputihan karena parasit yang disebabkan oleh vaginalis parasit trichomonas biasanya ditularkan dengan berhubungan badan, ditandai dengan cairan hijau kuning yang kental dengan aroma rasa tidak enak dan berbusa. Efek yang dirasakan gatal sesekali dan iritasi. Hal ini bisa menular melalui meminjam handuk mandi, pakaian, menduduki kloset yang terkontaminasi, dan sebagainya

Macam Macam Keputihan

Epidemiologi

Secara penelitian, keputihan secara epidemiologi dapat menyerang wanita mulai dari usia muda, reproduksi sehat, usia lanjut.

Biasanya sering disebabkan oleh infeksi seperti Vulcovaginal Candidiasi yang disebabkan oleh jamur candida, Trichomoniasis disebabkan oleh jamur trichomoniasis vaginalis.

Etiologi

Keputihan secara Etiologi pada wanita normalnya hanya ditemukan pada daerah porsio vagina. Sekret patologi ini biasanya ditemukan pada dinding lateral dan anterior vagina

Patogenesis

Keputihan ini masih dikatakan normal walaupun mempunyai banyak variasi warna, konsistensi, dan jumlah sekret vagina, tetapi perubahan itu selalu di dikatakan keputihan dari hasil infeksi yang banyak disebabkan oleh jamur. Memang beberapa wanita secara genetis mempunyai sekret vagina yang banyak.

Normalnya, cairan yang keluar dari vagina mengandung sekret vagina, terlepasnya sel-sel vagina , dan mucus serviks yang bervariasi karena umur, kehamilan, siklus menstruasi, pengguna pil KB

Inilah pembahasan macam macam keputihan dan penyebabnya yang dapat kami berikan semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda untuk lebih mengenali macam macam keputihan.

Saran kami untuk mendiagnosa lebih lanjut silahkan datang ke klinik Utama Gracia, karena dengan diagnosa yang tepat anda akan mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.