macam macam penyakit kelamin

Penyakit kelamin atau yang dikenal juga sebagai Penyakit Menular Seksual (PMS) merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit yang menyerang organ intim ini selalu membuat penderitanya minder, dan kehilangan rasa percaya diri. Ada cukup banyak penyakit kelamin, berikut kita bahas macam macam penyakit kelamin.

Penyakit kelamin bisa menyerang wanita maupun pria. Penyakit kelamin atau PMS sebagian besar terjadi karena hubungan seksual yang tidak sehat. Bisa juga terjadi akibat tertular oleh orang yang sudah mengalami PMS. PMS ada yang bisa sembuh dan ada yang tidak 100 % sembuh. Penyakit ini cukup beragam.

Hubungan seks secara bebas dan selalu bergonta-ganti pasangan seks menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit kelamin. Sebagian besar penderita PMS merupakan mereka yang sering bergonta-ganti pasangan seksual. Cara termudah agar anda terhindar dari penyakit ini adalah dengan setia kepada pasangan dan tidak melakukan seks diluar nikah.

Macam Macam Penyakit Kelamin yang Sering Dijumpai

HIV/AIDS

Penyakit yang satu ini sudah cukup terkenal. HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) Penyakit kelamin ini mungkin sudah tidak asing bagi kalian semua. HIV merupakan penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, dan AIDS sendiri merupakan stadium akhir dari penyakit HIV.

Hingga saat ini, HIV belum ditemukan obatnya. Orang yang terkena HIV jika melakukan pengobatan hanya akan diberikan obat untuk mengendalikan virus agar tidak berkembang biak dan penderitanya bisa hidup secara normal. Di Indonesia HIV memang menular dari hubungan seksual dan juga penggunaan jarum suntik secara berbarengan oleh pecandu narkoba.

Herpes

Herpes terbagi menjadi dua, ada yang menyerang kulit manusia dan ada yang menyerang organ kelamin. Kali ini kita akan bahas penyakit herpes genital (simplex), herpes yang menyerang kelamin. Herpes juga ditularkan melalui hubungan seks, gejalanya akan ditemui dengan kemunculan ruam-ruam disebagian tubuh. Biasanya penderitanya tidak menemukan gejala apapun dalam tubuh meskipun sudah terserang herpes.

Sifilis

Sifilis dikenal di Indonesia dengan sebutan Raja Singa. Sama seperti herpes, sifilis terkadang tidak menimbulkan gejala apapun bagi penderitanya sebelum timbulnya semacam ruam disekitar kelamin, maka banyak penderitanya yang tidak mengetahui jika ia sudah terkena virus sifilis. Sifilis memiliki empat fase dan fase tersebut akan berlangsung cukup lama bahkan bisa mencapai puluhan tahun.

Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit yang biasanya menyerang organ kelamin. Sebagian besar penyakit kutil kelamin menyerang orang yang sudah mengidap HIV dan AIDS. Kutil kelamin juga sangat mudah menyerang wanita, karena kondisi vagina yang lembab.

Klamidia (Chlamydia)

penyakit kelaminPenyakit chlamydia disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis. Hampir 50 % penderitanya tidak menemui gejala dari penyakit ini. Ada baiknya jika anda mengalami rasa sakit saat kencing disertai dengan cairan yang aneh, bisa jadi itu gejala klamidia. Segeralah periksakan ke dokter jika anda menemukan hal-hal yang mencurigai timbul dari kelamin anda.

Gonore

Disebut juga sebagai kencing nanah yang disebabkan oleh penyakit Neisseria gonorrhoeae. Sama seperti klamidia, penyakit gonore sangat sulit ditemukan gejalanya. Namun kondisi umumnya, orang yang menderita gonore akan mengalami kencing dengan urine berwarna kuning atau hijau yang keluar dari kelamin.

Vaginitis

Seperti namanya, penyakit kelamin vaginitis hanya menyerang wanita. Penyakit ini bukanlah penyakit menular seksual. Tetapi penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang vagina. Biasanya gejala awalnya akan muncul bau yang tidak sedap pada vagina anda serta rasa sakit.

Trichomoniasis

PMS ini disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis yang bisa menyerang organ intim wanita dan pria. Penyakit ini juga tidak menemukan gejala awal, tetapi salah satu PMS yang bisa disembuhkan. Gejala pada umumnya terjadi ketidaknyamanan ketika buang air kecil dan berhubungan seksual.

Itulah macam macam penyakit kelamin yang biasa ditemukan pada wanita dan pria. Penyakit ini bisa terserang melalui hubungan seksual dan dari darah. Karena sebagian besar bakteri penyakit seksual hanya bisa dihidup didalam tubuh manusia.

Jika anda mengalami gejala-gejala yang membuat anda tidak nyaman ketika buang air atau melakukan hubungan seks, bisa jadi anda sedang terserang penyakit kelamin.

Cara terbaik untuk terhindar dari PMS adalah dengan setia kepada pasangan. Jangan selalu berhubungan seks dengan cara bergonta-ganti pasangan maupun melakukan hubungan seks dengan orang yang sering melakukan hubungan seksual dengan banyak orang. Jika anda sudah mengalami hal tersebut ada baiknya anda melakukan pemeriksaan ke Klinik Utama Gracia, Klinik khusus penyakit kelamin.