dokter sunat

Di Indonesia, sunat sudah tidak asing lagi untuk dilakukan. Bukan hanya karena ajaran agama, namun sunat sudah menjadi kebiasaan dan juga tradisi dari masyarakat kita. Sunat merupakan proses menghilangkan kulup atau kulit penutup ujung penis. Sunat biasanya dilakukan oleh dokter sunat dengan berbagai macam metode. Selain itu banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari sunat ini.

Sunat biasanya dilakukan pada anak laki-laki, namun tidak sedikit juga pria dewasa yang baru melakukan sunat karena alasan untuk kesehatan. Sunat memang banyak mendatang manfaat bagi pria, dan juga wanita. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Sunat

Secara medis, ada banyak sekali manfaat sunat yang dilakukan di dokter sunat, yaitu:

1. Terhindar dari penyakit menular seksual. Seorang yang melakukan sunat akan terhindar dari terinfeksi human papilloma virus (HPV), herpes, sifilis, dan juga penyakit menular seksual lainnya. Walaupun begitu, Anda tetap harus melakukan hubungan seksual secara sehat dan aman.
  2. Mencegah penyakit pada penis. Banyak penyakit yang bisa terjadi pada penis, jika seorang pria tidak melakukan sunat. Salah satunya yaitu phimosis, atau peradangan di kulup penis yang membuat kulup menjadi sulit untuk ditarik. Bahkan sunat juga bisa mengurangi resiko terjadinya kanker penis.
  3. Terhindar dari infeksi saluran kemih. Ketika pria melakukan sunat, maka kebersihan penis akan lebih mudah terjaga, sehingga bakteri yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih sulit untuk berkembang biak.
  4. Mengurangi resiko pasangan mengalami kanker serviks. Wanita yang memiliki pasangan yang sudah disunat akan kecil resikonya mengalami kanker serviks.
  5. Kesehatan penis lebih terjaga. Penis akan lebih mudah dibersihkan ketika sudah disunat, sehingga kesehatan penis tentunya akan lebih terjaga.
  6. Solusi untuk penyakit tertentu. Ada beberapa penyakit yang memerlukan penanganan dengan melakukan sunat, misalnya parafimosis dan juga balanitis. Parafimosis merupakan kondisi kulup yang tidak bisa kembali pada posisi semula karena adanya pembengkakan pada ujung kepala penis. Sedangkan balanitis merupakan peradangan pada kulup penis yang menimbulkan gejala seperti nyeri ketika buang air kecil. Balanitis umumnya terjadi karena adanya infeksi bakteri.

dokter sunat

Metode Sunat

Metode sunat yang sering digunakan di Indonesia umumnya ada tiga. Berikut ini penjelasannya:

1. Dorsumsisi

Metode ini adalah metode konvensional yang dilakukan dengan cara mengiris kulup secara melingkar sampai terlepas dengan menggunakan gunting ataupun pisau bedah. Sebelum melakukan sunat metode ini, dokter sunat biasanya akan memberikan bius lokal.

2. Laser

Metode sunat yang satu ini menerapkan cara memotong kulit kulup dengan menggunakan elemen panas yang berasal dari kawat atau logam yang dialiri dengan listrik. Sekarang ini, banyak masyarakat yang lebih memilih metode ini, karena pendarahan yang dihasilkan sangat minim. Dokter sunat pun hanya memerlukan waktu sekitar 15 sampai 30 menit.

3. Klem

Metode sunat klem menggunakan tabung plastik khusus yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran penis. Pada metode ini, dokter sunat akan memotong kulit kulup secara melingkar dengan menggunakan pisau bedah setelah klem dipasangkan pada penis. Klem akan dibiarkan sampai luka mengering, atau sekitar 3 sampai 6 hari setelah sunat, setelah itu klem baru boleh dilepas.

Penjelasan mengenai manfaat dan juga metode sunat di atas semoga bisa memberikan pemahaman bahwa sunat adalah baik untuk kesehatan pria maupun wanita. Untuk memilih metode yang akan digunakan, sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter untuk mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari metode-metode tersebut. Semoga bermanfaat.