counter

manfaat orang sunatSunat adalah operasi pengangkatan kulit yang menutupi ujung penis. Sunat cukup umum untuk anak laki-laki, untuk beberapa keluarga, sunat merupakan ritual agama, Atau malah menjadi tradisi keluarga, kebersihan pribadi atau perawatan kesehatan preventif. Bagi orang lain, sunat dianggap tidak perlu bahkan ada yang menganggap menodai. Setelah sunat, umumnya tidak mungkin untuk menciptakan kembali penampilan penis seperti belum sunat.

Dalam kasus ini sunat kadang menjadi kebutuhan medis, seperti kasus kulup ketat, kulup yang tidak bisa ditarik di atas glans, bahkan di afrika sunat dianjurkan bagi anak laki-laki yang sudah dewasa karena manfaat sunat itu dapat mengurangi resiko infeksi menular seksual.

Sunat dapat dilakukan secepatnya setelah bayi laki-laki lahir, tapi metode ini belum umum di terapkan di Indonesia, biasanya sunat dilakukan pada saat anak laki-laki sudah mencapai usia 7-10 tahun, didalam usia tersebut anak laki-laki sudah dapat mengatasi rasa sakit saat sunat.

Namun proses sunat juga dapat dilakukan kurang dari umur 7 tahun karena ada gangguan terhadap kulup dan sebagainya yang berdampak buruk terhadap alat kelamin laki-laki tersebut, sehungga proses sunat dilakukan lebih cepat.

The American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan manfaat sunat lebih besar daripada resiko. Namun, AAP tidak merekomendasikan sunat bagi semua bayi yang baru lahir. AAP menganjurkan sunat tidak hanya bagi bayi laki-laki saja melainkan bagi orang tua yang belum sunat juga.

Manfaat Orang Sunat

manfaat orang sunat

Seperti yang sudah dikatakan bahwa sunat dilakukan untuk anak laki-laki atau pada orang yang sudah terindikasi penyakit kelamin yang diharuskan untuk melakukan sunat.

Orang sunat biasanya takut sebelum dilakukan sunat oleh paramedis. Akan tetapi tidak perlu takut dan khawatir, karena secara umum manfaatnya sangat banyak, berikut penjelasan manfaat orang sunat:

  • Kebersihan penis dapat dilakukan dengan mudah bagi orang yang sudah sunat.
  • Penurunan resiko infeksi saluran kemih, bagi orang yang telah sunat resiko untuk terkena infeksi saluran kemih itu rendah dibandingkan orang yang belum sunat.
  • Penurunan resiko infeksi menular seksual. Bagi orang sunat resiko untuk terkena penyakit menular seksual sangat rendah karena orang yang tidak sunat resiko untuk terkena IMS sangat besar termasuk HIV.
  • Bagi orang sunat mengurangi masalah penis seperti Phimosis dan hal lain yang dapat menyebabkan peradangan pada kulup atau kepala penis.
  • Manfaat lainnya adalah menurunkan resiko terkena kanker penis, meskipun kanker penis sangat jarang.

Banyak sekali manfaat orang sunat, maka bagi anda yang belum sunat agar segera melakukan sunat.

Resiko orang sunat

manfaat orang sunat

Sunat bisa sangat aman bila dilakukan oleh paramedis yang berpengalaman, komplikasi yang paling akut adalah pendarahan, infeksi, dan penghilangan kulup yang tidak sempurna.

Adapun contoh masalah kulup seperti ini:

  • Kulup yang mungkin terpotong terlalu pendek atau terlalu panjang.
  • Kulup yang mungkin gagal dalam tahap penyembuhan.
  • Kulup yang tersisa terpasang kembali ke ujung penis sehingga memerlukan perbaikan bedah minor.

Komplikasi yang paling akut ini dikarenakan sunat dilakukan oleh orang yang kurang berpengalaman, dan kondisi yang tidak steril. Komplikasi yang sangat signifikan juga sangat  jarang terjadi.

Klik chat

Save

Save

Save

Save

Save