counter

manfaat sunat laser dan cara sunat

Tradisi sunat bagi para pria yang telah memeluk agama islam merupakan suatu hal yang wajib. Di Indonesia biasanya sunat dilakukan oleh seorang anak laki-laki yang telah memasuki usia remaja dan telah siap mental untuk dilakukan sunat. Lalu bagaimanakah cara sunat yang dilakukan di Indonesia?

Sebelum Anda mengetahui mengenai cara sunat yang dilakukan di Indonesia, alangkah baiknya Anda mengetahui alasan melakukan sunat. Sunat dilakukan karena berbagai alasan, tradisi ini dilakukan pada beberapa agama, budaya serta dilakukan di beberapa negara. Sejatinya sunat merupakan standar praktik dalam peraturan rumah sakit ketika bayi berjenis kelamin laki-laki telah lahir.

Terdapat pula beberapa kasus yang mengharuskan seseorang harus dilakukan prosedur sunat, seperti memiliki kondisi tertentu yang berhubungan dengan masalah atau gangguan kulup, seperti phimosis. Berikut ini adalah beberapa cara sunat yang biasanya dilakukan, yaitu:

  1. Sunat konvensional atau dosumsisi
  2. Sunat laser
  3. Lonceng
  4. Klem
  5. Flash cutter
  6. Smart clamp
  7. Laser CO2

Namun, Teknik atau cara sunat yang biasanya dilakukan di Indonesia terbagi menjadi 3, dan masing-masing dari ketiga teknik ini mempunyai kelemahan dan kelebihan tersendiri, ketiga teknik ini antara lain yaitu sunat konvensional/ dosumsisi, sunat laser, dan sunat klem.

Sunat konvensional/ dorsumsisi

manfaat sunatCara sunat dengan metode ini merupakan sunat yang dilakukan dengan cara mengiris kulup secara melingkar hingga terlepas dengan menggunakan gunting atau pisau bedah. Biasanya proses ini dilakukan pada anak laki-laki atau orang dewasa menggunakan bius lokal.

Sunat klem

Merupakan salah satu metode sunat yang menggunakan klem atau tabung plastik khusus dengan ukuran yang berbeda-beda untuk melakukan pemotongan kulit kulup dengan menggunakan pisau bedah. Setelah kulit kulup terpotong dan terlepas, klem akan terus terpasang hingga luka khitan mengering, yaitu sekitar 3 hingga 6 hari kemudian.

Sunat Laser

Metode sunat ini menggunakan elemen panas yang terbuat dari kawat atau logam yang telah dialiri listrik untuk melakukan pemotongan kulit kulupnya.

Lalu dari ketiga cara tersebut, manakah cara sunat yang sering dipilih? Lalu apa manfaatnya?

Dari ketiga cara atau metode sunat di atas, sunat ini merupakan cara yang biasanya sering disarankan oleh para dokter dengan mempertimbangkan cara yang paling cepat dan efektif serta cepatnya proses penyembuhan.

Sunat menggunakan laser merupakan teknik operasi yang dilakukan oleh ahli bedah dengan menghilangkan kulit kulup yang menutupi ujung penis menggunakan elemen panas yang terbuat dari kawat atau logam yang telah dialiri oleh arus listrik atau dalam dunia medis disebut dengan elektrocautery.

Klik chat

Sunat ini merupakan cara sunat yang terbaik, hal ini dikarenakan prosesnya yang cepat dan tidak sakit, selain itu dalam melakukan pemotongan kulup, hampir tidak mengeluarkan banyak darah, serta tidak memerlukan jahitan yang cukup banyak.

Dalam melakukan sunat, pada umumnya dokter akan melakukan bius lokal, bahkan terkadang anestesi umum juga dilakukan, sehingga biasanya seseorang yang melakukan sunat menggunakan laser akan merasakan sakit, penis yang berwarna kemerahan serta mengalami rasa nyeri setelah melakukan sunat ini.

Oleh sebab itu, pada umumnya dokter akan meresepkan beberapa penghilang rasa nyeri ringan agar pasien tetap merasa nyaman, serta sangat disarankan untuk dapat mengambil obat anti-inflamasi agar membatasi terjadinya pembengkakan, yaitu dengan cara memberikan obat tersebut pada daerah seputar selangkangan.

Cara Sunat laser

manfaat sunat laser dan cara sunatUntuk dapat melakukan sunat, biasanya dokter akan melakukan beberapa hal berikut ini,

  • Melakukan bius lokal
  • Melakukan penarikan pada kulit kulup sehingga terletak di atas kepala penis dengan menggunakan klem
  • Melakukan pemotongan kulit kulup menggunakan laser
  • Melakukan jahitan dari luka khitan yang dihasilkan

Biasanya cara ini dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya pendarahan, serta agar proses penyembuhan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Manfaat Sunat Laser

Adapun manfaat sunat ini dibandingkan dengan teknik sunat konvensional, antara lain yaitu:

  • Pendarahan yang terjadi akibat sunar laser dapat diminimalisir
  • Cepatnya proses penyembuhan jika dibandingkan dengan sunat konvensional
  • Melakukan sunat teknik laser membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit
  • Memperkecil resiko terjadinya infeksi setelah sunat

Klik chat

Selain itu beberapa manfaat sunat memakai laser lainnya dilihat dari sisi medis, antara lain yaitu:

Mengurangi resiko tertular infeksi penyakit seksual

Berdasarkan penelitian, seseorang yang telah menjalani prosedur sunat, biasanya mempunyai resiko lebih kecil untuk terkena penyakit menular seksual seperti terserang human papilloma virus (HPV), sifilis, herpes, dan beberapa penyakit menular seksual lainnya. Meskipun seperti itu, bagi laki-laki yang telah disunat harus tetap menjaga kebersihan organ intimnya serta melakukan hubungan seksual yang aman dan sehat.

Mencegah penyakit pada penis

Manfaat sunar laser secara medis selanjutnya adalah mencegah terjadinya peradangan pada kepala atau kulup penis, hal ini biasa dikenal dengan sebutan fimosis, yaitu kondisi dimana kulup pada penis yang tidak dilakukan sunat sulit untuk ditarik.

Mengurangi resiko terinfeksi saluran kemih

Manfaat sunat laser menurut medis lainnya adalah mengurangi resiko terjadinya infeksi saluran kemih yang merujuk kepada gangguan ginjal atau masalah pada ginjal. Infeksi ini terjadi biasanya kepada orang-orang yang tidak melakukan sunat.

orang sunat

Mengurangi resiko terjadinya kanker penis

Manfaat sunat laser berikutnya adalah mengurangi resiko terjadinya kanker penis, sebab menurut laporan dari beberapa kasus yang terjadi, terjadinya kanker penis lebih banyak dialami oleh pria yang belum melakukan sunat.

Mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker serviks pada pasangan

Pria yang belum melakukan sunat dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker serviks pada pasangan, maka manfaat sunat laser bagi pria yang telah sunat adalah dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker serviks pada pasangan wanitanya.

Membuat kesehatan penis menjadi lebih terjaga

Manfaat sunat laser menurut medis lainnya adalah dapat membuat penis lebih terjaga, hal itu disebabkan penis yang telah disunat dapat dengan mudah dibersihkan, sehingga dapat membuat kesehatan lebih terjamin dibandingkan dengan pria yang tidak disunat.

Klik chat

Solusi Penyakit Tertentu

Sunat laser juga dilakukan karena adanya penyakit tertentu yang memerlukan sunat metode ini sebagai cara penanganan, antara lain yaitu:

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih terjadi akibat bakteri yang berkumpul di dalam kulup, dan kemudian bakteri tersebut menyebar ke sistem urine. Oleh sebab itu sunat menggunakan laser dipilih untuk menangani pengidap yang mempunyai resiko terinfeksi penyakit ini secara berulang kali.

Menurut penelitian, frekuensi terjadinya infeksi saluran kemih dapat dikurangi sehingga ginjal dapat terlindungi dari berbagai komplikasi yang terjadi akibat infeksi ini secara berulang kali. Biasanya bayi yang terlahir dengan sistem saluran kemih abnormal akan disarankan untuk melakukan sunat agar infeksi saluran kemih dapat dicegah serta mencegah terjadinya kerusakan pada ginjal.

Parafimosis

Penyakit ini adalah penyakit yang terjadi akibat kulup yang tidak dapat kembali ke posisi semula saat terjadi pembengkakan pada ujung kepada kepala penis. Parafimosis terjadi pada umumnya saat kulup tidak mampu dikembalikan ke posisi semula setelah ditarik ke belakang, seperti saat menjalani prosedur medis seperti melakukan pemeriksaan penis atau kateter.

Oleh sebab itu untuk menangani penyakit ini, selain dengan menggunakan obat-obatan maka cara yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan melakukan sunat.

Balanitis

Penyakit ini terjadi akibat terjadinya peradangan pada kulup penis, dan biasanya terjadinya penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri ketika buang air kecil. Hal ini terjadi akibat bakteri yang menyebabkan infeksi. Oleh karena itu bagi penderita penyakit ini cara efektif untuk menangani infeksi yang berulang kali adalah dengan melakukan prosedur sunat.

Selain mempunyai manfaat, metode sunat ini ternyata mempunyai beberapa resiko, terutama ketika terjadi kondisi-kondisi tertentu, seperti:

  • Terjadinya pendarahan
  • Terjadinya infeksi pada luka khitan
  • Terjadinya gangguan pada saluran kemih
  • Kemungkinan terpotongnya kulit kulup menjadi terlalu pendek atau terlalu panjang
  • Terjadinya kemungkinan sisa kulup menempel pada ujung penis, sehingga diperlukan operasi kecil sebagai bentuk penanganan
  • Berkurangnya sensitivitas penis yang mempengaruhi aktifitas hubungan seksual
  • Metode sunat akan sangat berbahaya jika dilakukan pada pasien yang mengalami gangguan pembekuan darah
  • Terjadinya keracunan darah (sepsis) atau infeksi

Penyembuhan Sunat Laser

manfaat sunat laser dan cara sunatSalah satu kelebihan teknik laser adalah proses penyembuhannya yang cepat jika dibandingkan dengan metode sunat lainnya. Namun ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, antara lain yaitu:

  • Mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri dan tentunya harus disertai dengan resep dokter. Hal ini dilakukan agar mengurangi rasa nyeri yang dialami setelah melakukan proses sunat.
  • Selalu menjaga kebersihan di area sekitar organ intim Anda, hal ini bertujuan agar terhindar dari infeksi yang disebabkan oleh kuman, virus dan bakteri yang berada di lingkungan sekitar Anda.
  • Selalu menjaga kelembapan pada area sekitar organ vital yang telah disunat agar selalu tetap kering agar bakteri dan kuman tidak dapat berkembang dengan mudah
  • Gunakanlah pakaian yang longgar agar tidak terjadi gesekan pada luka khitan
  • Bersihkanlah ujung penis secara perlahan setelah selesai buang air kecil
  • Hindari penggunaan bahan-bahan kimia dalam membersihkan penis selama mengalami masa penyembuhan
  • Setelah beberapa hari, maka lakukanlah pembersihan dengan menggunakan air hangat bersih secara perlahan-lahan
  • Bagi anak kecil yang hiperaktif dan baru saja melakukan sunat, maka para orang tua harus memberikan perhatian khusus agar luka khitan tidak mengalami infeksi akibat pergerakan yang berlebihan
  • Bagi pria dewasa yang telah melakukan sunat supaya tidak melakukan hubungan seksual hingga bekas luka telah benar-benar sembuh.
  • Selalu ganti perban atau membersihkan klem setiap hari, pada umumnya dokter akan memberikan cairan atau semprotan antiseptik agar klem selalu steril dari bakteri dan kuman
  • Konsumsilah obat-obatan pereda rasa sakit agar mengurangi rasa nyeri yang dirasakan, akan tetapi bagi anak usia di bawah 16 tahun supaya dipastikan untuk mengkonsumsi paracetamol atau ibuprofen, bukan mengkonsumsi aspirin.

Itulah beberapa informasi mengenai sunat laser, mulai dari cara hingga manfaatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin mengetahui mengenai cara sunat dan manfaat sunat lainnya, Anda dapat berkonsultasi dengan staff medis kami secara online melalui tombol konsultasi di bawah ini.

Klik chat