dokter kelamin

Letak alat kelamin yang selalu tertutup bukanlah menjadi alasan bagi pria dan wanita untuk mengabaikan kesehatan dan juga kebersihan dari area tersebut. Malah karena letaknya tersebut lah, akan mudah sekali mikroorganisme yang berkembangbiak dan menimbulkan masalah. Ketika terjadi masalah pada alat kelamin Anda, sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut pada dokter spesialis kelamin yang tentunya memahami permasalahan tersebut. Memeriksakan diri pada dokter kelamin akan meminimalisir kemungkinan komplikasi akibat permasalahan tersebut.

Ketika seseorang mengalami penyakit kelamin, maka bisa saja pasangan menjadi tertular, begitupun sebaliknya. Untuk itulah, jika merasakan ada suatu hal yang tidak beres pada alat kelamin Anda, segera temui dokter spesialis kelamin. Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter kelamin.

Permasalahan kelamin bisa saja terjadi pada wanita. Bukan hanya karena disebabkan adanya infeksi yang membuat terjadinya permasalahan di alat kelamin wanita, namun juga bisa disebabkan karena hal lain seperti menstruasi, penggunaan pil KB, ataupun adanya perubahan setelah proses melahirkan. Ada beberapa tanda yang umum terjadi, yaitu:

1. Keputihan Abnormal

Permasalahan pada alat kelamin wanita memiliki tanda awal seperti terjadinya keputihan yang abnormal. Umumnya keputihan adalah suatu hal yang normal, jika keluar tanpa bau dan juga tidak berwarna atau jernih. Lain halnya pad keputihan abnormal, karena keputihan cenderung akan berwarna, dan juga mengeluarkan bau.
Biasanya pengaruh siklus menstruasi juga akan mempengaruhi konsistensi cairan yang keluar dari vagina. namun jika keputihan terjadi berwarna putih dan menggumpal, bisa menjadi tanda adanya infeksi jamur di vagina. Sedangkan jika warnanya kuning atau kehijauan, merupakan adanya masalah infeksi menular seksual seperti gonore, klamidia ataupun trikomoniasis. Keputihan abnormal lainnya juga bisa terjadi karena konsumsi obat tertentu. Untuk itu, segera konsultasikan pada dokter spesialis kelamin jika Anda mengalami tanda ini.

2. Nyeri Ketika Buang Air Kecil

Segera periksakan kondisi Anda pada dokter kelamin, jika Anda sering atau pernah mengalami nyeri ketika buang air kecil. Waspadai juga jika Anda mengalami tanda lain seperti meningkatnya frekuensi buang air kecil ataupun munculnya darah ketika Anda buang air kecil. Karena bisa saja hal tersebut menjadi indikasi adanya penyakit menular seksual.

3. Gatal Di Vagina

Gatal, kemerahan, bengkak, dan juga nyeri yang terjadi pada wanita kemungkinan karena alergi pada kondom, infeksi karena jamur, ataupun adanya kutu pubis. Untuk mengetahui penyebabnya dengan pasti, maka diperlukan pemeriksaan yang dilakukan pada dokter spesialis kelamin.

4. Nyeri Atau Pendarahan Ketika Berhubungan Seksual

Nyeri ketika berhubungan seksual bisa saja terjadi karena kurangnya lubrikasi pada vagina. Namun jika lubrikasi sudah cukup, namun tetap muncul nyeri ketika berhubungan seksual, maka bisa menjadi tanda penyakit tertentu. Selain itu, sakit yang dirasakan di perut bagian bawah ataupun panggul bisa menjadi tanda terjadinya infeksi klamidia ataupun gonore. Untuk itu diperlukan perawatan dari dokter kelamin untuk mengatasi hal tersebut.

Beberapa tanda di atas harus diwaspadai agar tidak menjadi suatu hal yang membahayakan bagi Anda. Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan juga cara penanganan yang tepat.

Selain itu, selalu jaga kondisi kesehatan area kewanitaan Anda agar terhindar dari serangan penyebab penyakit kelamin. Anda juga bisa berkonsultasi terkait penyakit kelamin yang Anda alami pada Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting di bawah ini.