counter


kesehatan reproduksi pria kesehatan reproduksi wanita

Kesehatan reproduksi pria dan wanita adalah kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang utuh, dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan fungsi-fungsinya serta proses-prosesnya. Oleh karena itu, kesehatan reproduksi berarti orang dapat mempunyai kehidupan seks yang memuaskan dan aman.

Pemeliharaan kesehatan reproduksi merupakan suatu kumpulan metode, teknik dan pelayanan yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan reproduksi melalui pencegahan dan penyelesaian masalah kesehatan reproduksi. Ini juga mencakup kesehatan seksual, yang bertujuan meningkatkan status kehidupan dan hubungan-hubungan perorangan, dan bukan semata-mata konseling dan perawatan yang berkaitan dengan reproduksi dan penyakit yang ditularkan melalaui hubungan seks.

Masalah kesehatan reproduksi mencakup area yang jauh lebih luas, dimana masalah tersebut dapat kita kelompokkan sebagai berikut:

Masalah reproduksi

  • Kesehatan, morbiditas (gangguan kesehatan) dan kematian perempuan yang berkaitan denga kehamilan. Termasuk didalamnya juga masalah gizi dan anemia dikalangan perempuan, penyebab serta komplikasi dari kehamilan,masalah kemandulan dan ketidaksuburan.
  • Peranan atau kendali sosial budaya terhadap masalah reproduksi. Maksudnya bagaimana pandangan masyarakat terhadap kesuburan dan kemandulan, nilai anak dan keluarga, sikap masyarakat terhadap perempuan hamil.
  • Intervensi pemerintah dan negara terhadap masalah reproduksi. Misalnya program KB, undang-undang yang berkaitan dengan masalah genetik, dan lain sebagainya.
  • Tersediannya pelayanan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana, serta terjangkaunya secara ekonomi oleh kelompok perempuan dan anak-anak.
  • Kesehatan bayi dan anak-anak terutama bayi dibawah umur lima tahun.
  • Dampak pembangunan ekonomi, industrialisasi dan perubahan lingkungan terhadap kesehatan reproduksi.

Kesehatan Reproduksi Pria

kesehatan reproduksi pria kesehatan reproduksi wanitaJika kita berbicara tentang kesehatan reproduksi pria, maka erat kaitannya tentang kesuburan, kehamilan, anak, itu semua menunjang rumah tangga yang bahagia begitulah sekilas gambaran pentingnya organ reproduksi pria. Jika organ reproduksi pria tidak sehat maka kebahagiaan di dalam rumah tangga terasa kurang contohnya jika pria yang tidak mampu memberikan anak dia akan merasa gagal dalam membina rumah tangga dan rasa tidak percaya diri sehingga membuat keadaan di dalam rumah menjadi dingin dan tidak harmonis.

Kesehatan reproduksi pria sangatlah penting untuk keturunan anda kelak. Maka dari itu jagalah organ reproduksi anda, mulailah menerapkan pola hidup sehat, hindari kebiasaan-kebiasan yang dapat mengganggu kesehatan reproduksi anda.

Klik chat

cara menjaga kesehatan reproduksi pria:

  • Kurangilah merokok, karena rokok mengandung zat yang bisa merusak kualitas dan kuantitas sperma, mulailah melakukan olah raga dan melakukan hal-hal positif lainnya.
  • Hindarilah mengkonsumsi alkohol, baik itu dalam jumlah banyak maupun sedikit, karena alkohol sangat berbahaya untuk organ reproduksi pria.
  • Jangan biasakan begadang, begadang juga dapat menuurnkan kualitas dan kuantitas sperma. Istirahatlah yang cukup sehingga badan akan terasa sehat.
  • Perbanyaklah minum air putih hindari minuman-minuman yang bersoda, air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memperlancar aliran darah sehingga menciptakan kualitas dan kuantitas sperma bagus.

Baca Juga : Penyakit Pada Sistem Reproduksi

Kesehatan Reproduksi Wanita

kesehatan reproduksi pria kesehatan reproduksi wanita

Kesehatan reproduksi wanita sangat penting untuk dijaga dengan baik, karena kesehatan reproduksi wanita sangat penting demi keberlangsungan masa depan dalam membangun rumah tangga. Kesehatan reproduksi wanita berhungan langsung dengan kesehatan fisik dan mental.

Banyak sekali gangguan-gangguan yang dapat mempengaruhui kesehatan reproduksi wanita, termasuk infeksi-infeksi yang timbul dari luar maupun dari dalam, atau bahkan gangguan dapat terjadi dikarenakan pola hidup yang tidak sehat sehingga dapat menyebabkan gejala-gejala penyakit pada organ reproduksi anda. gejala-gejala sistem reproduksi yang tidak sehat contohnya adalah, siklus haid yang tidak teratur, gangguan endometriosis, kanker, infeksi vagina, bahkan kemandulan.

cara menjaga kesehatan reproduksi wanita:

  • Menjalani gaya hidup yang sehat, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol, karena keduanya ini dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma yang dapat menimbulkan kemandulan.
  • Makan makanan yang bergizi, sehingga dapat menjaga sistem reproduksi dari dalam.
  • Menjaga berat badan.
  • Selalu rajin membersihkan vagina, seperti ketika selesai buang air kecil dan besar agar dibersihkan dengan baik.
  • Ketika menstruasi agar rajin mengganti pembalut, yang dianjurkan oleh dokter adalah minimal 3x sehari lebih bagusnya setiap 4 jam sekali, atau jangan menunggu sampai pembalut terasa penuh.
  • Hindari penggunaan sabun pembersih vagina, karena di dalam vagina juga terdapat bakteri-bakteri baik yang harus dijaga.
  • Tidak menggunakan celana yang terlalu ketat sehingga menyebabkan bagian vagina sangat lebab, karena bakteri jahat akan mudah berkembang.
  • Jaga kebersihan organ intim anda dengan cara mengganti celana dalam anda minimal 2 kali sehari, sehingga kelembapan vagina anda akan terjaga dan menghindari tumbuh kembangnya bakteri yang jahat.

Baca Juga : Servisitis Berbahaya Bagi Wanita

Jika terjadi sesuatu yang menurut anda ada kejanggalan dengan kesehatan reproduksi anda maka konsultasikan diri anda ke dokter, atau anda dapat mengunjungi Klinik Utama Gracia, di klinik kami terdapat dokter-dokter yang berpengalaman dan profesional, atau anda dapat menggunakan layanan online kami sehingga dapat berbicara langsung dengan staff konsultan kesehatan kami. Caranya klik tombol dibawah ini.

Klik chat

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save