counter

nama obat pelancar haid

Haid tentunya akan dialami oleh wanita pada umumnya. Namun kadang terjadi permasalahan dalam haid, seperti misalnya haid tidak lancar yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Karena permasalahan itulah banyak wanita yang mencari nama obat pelancar haid.

Haid yang tidak lancar bisa terjadi karena adanya gangguan di sistem reproduksi wanita, dan bisa juga menjadi hambatan Anda untuk bisa hamil bagi wanita yang sudah menikah. Sebelum mengetahui nama obat pelancar haid yang bisa Anda gunakan, berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai haid yang tidak lancar.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Penting hukumnya bagi Anda untuk mengetahui apa penyebab dari haid tidak lancar yang Anda alami. Mengapa? Karena ini bisa menjadi acuan untuk melakukan pengobatan. Pengobatan akan dilakukan sesuai dengan penyebab kondisi Anda tersebut.

1. Psikis

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi kerja organ tubuh yaitu kondisi psikis Anda. Salah satu yang juga bisa terganggu ketika kondisi psikis tidak baik yaitu kelancaran haid Anda. Contohnya saja jika Anda sedang merasa stres dan juga kelelahan, maka bisa mengakibatkan ovulasi dan sel telur dilepaskan menjadi terlambat, sehingga haid Anda menjadi tidak lancar.

2. Usia

Usia juga bisa menjadi faktor penyebab seorang wanita mengalami gangguan dalam siklus menstruasinya. Ketika remaja, tubuh akan mengalami banyak perubahan pada hormon, sedangkan seiring berjalannya waktu, usia semakin bertambah, maka haid bisa menjadi tidak lancar. Ini adalah suatu hal yang normal, apalagi ketika wanita sudah akan memasuki masa menopause.

3. Berat Badan

Haid tidak lancar juga bisa disebabkan karena berat badan yang Anda miliki. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih akan mengalami gangguan di sistem metabolisme tubuhnya sehingga haid menjadi tidak lancar. Namun bukan berarti orang yang memiliki tubuh kurus akan baik-baik saja. Karena memiliki berat badan yang rendah juga bisa mengalami haid yang tidak lancar, karena kurangnya gizi di dalam tubuh untuk membantu metabolisme.
Klik chat

Gangguan Pada Siklus Haid

Umumnya lama durasi dan juga volume darah haid yang keluar pada tiap wanita akan berbeda. Penting sekali bagi para wanita untuk mengetahui siklus haid yang dialaminya, untuk mendeteksi dini kemungkinan terjadinya gangguan pada siklus haid Anda. Ada 4 gangguan yang bisa mempengaruhi siklus haid wanita, yaitu:

1. Menorrhagia

Ketika wanita mengalami menorrhagia, maka gejala utama yang terjadi yaitu volume darah yang keluar akan berlebihan ketika haid. Penyebab dari kondisi ini yaitu terjadinya ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan tumbuhnya fibroid di rahim. Gejala lain yang akan dialami yaitu seringnya mengganti pembalut karena darah banyak keluar, mengalami gejala anemia seperti lelah dan napas pendek, haid terjadi lebih dari 7 hari, dan ada gumpalan darah ukuran besar yang keluar ketika haid selama beberapa hari.

2. Amenorea

Gangguan yang satu membuat suatu kondisi dimana haid terhenti sama sekali, bisa terjadi secara alami ataupun karena penyakit dan obat-obat tertentu. Faktor alami yang bisa menyebabkan kondisi ini misalnya terjadinya kehamilan, sedang menyusui, dan juga menopause.

Penyakit yang bisa menyebabkan amenorea misalnya penyakit yang menyerang ovarium seperti PCOS, adanya bekas luka di dinding rahim, bentuk vagina yang abnormal, organ reproduksi tidak berkembang dengan sempurna, gangguan fungsi kelenjar tiroid, dan juga adanya tumor di kelenjar pituitari pada otak.

Penyebab lainnya yaitu konsumsi obat ataupun pil KB, stres, latihan fisik berlebihan, dan juga berat badan terlalu rendah bisa menyebabkan terjadinya amenorea. Untuk itu, atasi penyebabnya, setelah itu haid akan kembali normal lagi seperti sebelumnya.

nama obat pelancar haid

3. Dismenorea

Gangguan ini lebih dikenal dengan sebutan nyeri haid. Nyeri yang dirasakan wanita pada perut bagian bawah ini merupakan hal yang paling sering dialami oleh wanita. Bukan hanya bagian perut, nyeri juga bisa menjalar pada punggung bagian bawah dan paha. Biasanya gangguan ini bisa diatasi dengan obat penghilang rasa sakit.

4. Oligomenorea

Siklus haid yang normal biasanya akan terjadi 21 hingga 35 hari. Namun adapula wanita yang mengalami oligomenorea dimana haid terjadi setelah 90 hari. Penyebab kondisi ini yaitu penggunaan alat kontrasepsi, melakukan olahraga yang terlalu berat, gangguan pola makan, penderita diabetes dan juga penderita penyakit tiroid.

Setelah mengetahui penyebab ataupun faktor yang bisa membuat seseorang mengalami haid yang tidak lancar beserta dengan gangguan yang mungkin terjadi pada siklus haid Anda, maka selanjutnya Anda harus mengetahui tentang nama obat pelancar haid.

Nama Obat Pelancar Haid

1. Bromocriptine

Nama obat pelancar haid yang pertama ini mempunyai fungsi untuk mengatasi tingginya kadar hormon prolaktin. Cara kerja obat ini yaitu dengan menghalangi pelepasan hormon prolaktin yang berasal dari kelenjar pituitari yang berada di bawah otak. Hormon tersebut terkait dengan siklus menstruasi dan juga produksi ASI. Itulah mengapa obat ini sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi gangguan haid seperti amenore, dan juga menghentikan produksi ASI yang abnormal.

Pada pengguna wanita yang sedang merencanakan untuk hamil, sedang hamil ataupun sedang menyusui, sebaiknya konsultasikan dahulu penggunaan obat ini dengan dokter. Obat ini juga bisa menyebabkan ngantuk ataupun sakit kepala, jadi sebaiknya Anda tidak mengemudikan kendaraan setelah mengonsumsi obat ini.

2. Progesteron

Progesteron adalah hormon yang penting untuk fungsi sistem reproduksi wanita. Progesteron ini bisa digunakan untuk mengatur siklus haid dan juga mengatasi terjadinya gangguan haid yang berhenti secara abnormal. Hormon ini diproduksi di ovarium dan plasenta ketika hamil. Progesteron ini terdiri dari beberapa formulasi untuk permasalahan ginekologi yang berbeda, misalnya yaitu obat suntik, gel, pessary, dan juga kapsul.

obat haid

3. Mediol

Mediol berfungsi untuk mengatasi permasalahan siklus haid dimana hadi terhenti dalam waktu yang lama atau disebut amenorea. Obat satu ini masuk dalam jenis obat hormon dan juga obat resep. Mediol adalah kombinasi dari methylestrenolone dan methylestradiol, yang berfungsi untuk menginduksi agar terjadi pendarahan haid. Namun perlu diingat sebelum mengonsumsi obat ini, pasti bahwa penyebab terhentinya haid Anda bukan karena Anda sedang hamil. Karena obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil.

Nama Obat Pelancar Haid Secara Alami

Selain menggunakan obat-obatan yang diberikan dokter, Anda juga bisa menggunakan obat yang berasal dari bahan alami dan juga tradisional. Tentunya obat ini jauh lebih aman, dan juga mudah didapatkan.

1. Jahe

Mengatasi haid yang tidak lancar bisa dilakukan dengan mengonsumsi jahe. Jahe ini bisa Anda buat menjadi minuman jahe ataupun dicampurkan dengan teh. Selain itu minyak esensial dari jahe juga dipercaya bisa melancarkan aliran dan juga sirkulasi darah, sehingga berguna untuk mengatasi otot lelah, sakit otot ataupun kram.

2. Biji Wijen

Biji wijen memiliki kandungan lignan yang bisa membantu mengikat hormon dan juga menyeimbangkan hormon. Selain itu, terdapat kandungan asam lemak yang bisa membantu tubuh untuk memproduksi hormon. Anda bisa mengonsumsi biji wijen ini secara langsung ataupun dihancurkan terlebih dulu hingga menjadi bubuk. Untuk meningkatkan cita rasanya, Anda bisa memanggang biji wijen sebelum dikonsumsi.

3. Kayu Manis

Efek hangat pada kayu manis bisa membantu untuk mengatur siklus haid, dan juga meringankan kram saat haid. Kandungan hydroxychalcone pada kayu manis bisa mengatur insulin dalam tubuh, sehingga haid menjadi teratur. Anda bisa membuat susu dengan menambahkan setengah sendok the kayu manis bubuk ke dalamnya. Selain susu, Anda juga bisa mencampurkan bubuk kayu manis dengan teh.

4. Kunyit

Sama seperti jahe dan kayu manis, terdapat efek hangat dalam kunyit yang bisa mengatur hormon dan juga haid pada wanita. Kunyit juga sudah lama dipercaya untuk merangsang kelancaran haid. Caranya, campurkan bubuk kunyit dengan air ataupun dengan susu, lalu minum campuran tersebut.

5. Daun Pepaya

Tanaman yang terasa pahit di lidah ini bisa membantu Anda untuk melancarkan haid. Siklus haid akan lebih teratur jika Anda mengonsumsi daun pepaya. Anda bisa mencoba cara-cara untuk menjadikan daun pepaya tidak terlalu pahit ketika dikonsumsi. Selain itu bisa juga dengan menggunakan cara meminum air rebusan daun pepaya. Caranya, rebus dua helai daun dengan satu gelas air, lalu tambahkan asam dan juga garam. Saring airnya, dan minum ketika masih hangat.

nama obat pelancar haid

6. Jeruk Nipis

Kandungan zinc, fosfor, vitamin C dan juga mineral di dalam jeruk nipis sangat berguna untuk tubuh ketika sedang haid. Anda bisa mengonsumsi jeruk nipis dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat. Konsumsi minuman ini setiap pagi ataupun sore hari. Namun perhatikan jika Anda merupakan penderita maag. Karena biasanya penderita maag tidak kuat dan tidak baik mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu asam.

7. Labu

Labu juga bisa menjadi salah satu nama obat pelancar haid untuk wanita. Cara mengonsumsinya adalah dengan terlebih dulu menghaluskan labu tersebut, atau bisa juga dijadikan jus dan campurkan sedikit madu ke dalamnya. Anda bisa mengonsumsi labu ini setiap pagi ataupun sore untuk mengatasi permasalahan haid yang Anda alami.

8. Teh Hijau

Bukan hanya berguna untuk menurunkan berat badan, Anda juga bisa menggunakan teh hijau ini untuk melancarkan haid. Minum teh hijau ini ketika pagi dan sore hari untuk mengatasi masalah haid yang tidak lancar ataupun yang tidak teratur.

Itulah beberapa nama obat pelancar haid yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan haid Anda yang tidak lancar. Namun jika Anda ingin menggunakan obat-obatan, maka diperlukan konsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk mengetahui apakah obat tersebut tepat untuk Anda konsumsi. Selain itu lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab haid tidak lancar yang Anda alami. Dengan begitu dokter akan menyesuaikan pengobatan dengan penyebab kondisi Anda tersebut.

Sedangkan nama obat pelancar haid yang alami di atas juga bisa Anda coba. Namun mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Yang jelas terbilang lebih aman karena tanpa bahan kimia sama sekali. Anda juga bisa mencoba cara-cara tersebut disamping pengobatan yang sedang Anda jalani. Atau jika Anda masih ragu, Anda bisa konsultasikan cara tersebut pada dokter.

Jika ada hal yang ingin dikonsultasikan atau ditanyakan terkait dengan haid, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan tenaga medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online di bawah ini. Semoga bermanfaat.
Klik chat