obat buang air besar berdarahPada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai penyebab buang air besar berdarah, pada artikel ini kami akan menulis artikel mengenai obat buang air besar berdarah. Pada bagian ini kami jelaskan obat yang dapat dikonsumsi seseorang ketika buang air besar berdarah disebabkan oleh wasir. Dalam hal ini tidak semua BAB berdarah itu wasir, seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Bahwa terdapat banyak penyebab BAB berdarah, dan salah satunya adalah wasir.

Wasir merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya benjolan disekitar lobang anus dan saluran rektum akibat pelebaran pembuluh vena. Jaringan disekitar anus dan rektum terdapat banyak sekali pembuluh vena, pembuluh ini berperang dalam mendukung fungsi rektum sebagai tempat pengosongan feses. Bila tekanan di rongga perut bawah meningkat maka akan berdampak pada penekanan vena sehingga dapat terjadi pelebaran sistem vena.

Maka dari itu jika anda mengalami BAB berdarah sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter untuk segera mengetahui penyebab pastinya, agar dapat dilakukan pengobatan penyakit sejak dini.

Obat Buang Air Besar Berdarah

dokter buang air besar berdarah

Setelah anda melakukan pemeriksaan dan diagnosa dari dokter dan anda divonis mengalami wasir maka dokter mungkin akan memberikan beberapa resep obat buang air besar berdarah karena wasir seperti di bawah ini.

• Borraginol Zalf

Obat ini berbentuk salep dapat mengobati wasir, peradangan, gatal-gatal yang di sebabkan oleh wasir. Ini merupakan obat luar yang dioleskan menggunakan kasa pembalut lalu ditempelkan pada tempat yang terkena radang. Hati-hati dalam penggunaan obat ini, karena mempunyai efek samping seperti terasa terbakar, kemerahan pada kulit.

• Borraginol Supposituria

Obat ini juga termasuk obat luar yang berbentuk peluru yang dimasukkan ke dalam anus, 2-3 kali dalam sehari, obat mempunyai zat anti peradangan, analgetika, serta dapat membantu pembentukan jaringan granulasi dan epitel yang disebabkan oleh luka bernanah. Efek samping dari obat ini adalah kulit akan terasa terbakar dan kemerahan.

• Laksatif

Laksatif merupakan obat pencahar atau obat yang dapat melancarkan buang air besar, sehingga tidak ada kesulitan saat mengedan. Obat ini harus melalui resep dokter.

• Witch Hazel

Anda dapat mengusapkan bagian anus yang terluka dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi oleh witch hazel, obat jenis ini dapat mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri.

• Krim Lidocaine

Krim ini dapat menurunkan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan, lidocaine merupakan anestesi lokal.

• Krim Kortikosteroid

Krim ini mengandung steroid dosis rendah yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Obat-obatan di atas harus melalui hasil diagnosa dan resep dokter, karena buang air besar berdarah dapat disebabkan oleh beberapa faktor dan obat-obatan di atas merupakan obat buang air besar yang disebabkan oleh wasir.

Jika anda mengalami BAB berdarah segeralah datang Ke Klinik Utama Gracia, klinik kami menangani beberapa penyakit mengenai Andrologi, Ginekologi, Penyakit Kelamin dan Wasir. Dokter yang terdapat di klinik kami sangat berpengalaman serta profesional yang didukung dengan peralatan medis yang canggih dan modern.

Klik banner di bawah ini untuk konsultasi medis online