counter

keputihan gatal pada wanitaKeputihan gatal merupakan keadaan yang sering dialami seorang wanita ketika mengalami keputihan yang abnormal. Terkadang kondisi ini sangat mengganggu ketika anda menjalani aktivitas sehari-hari. Jika anda mengalami hal ini, sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan agar dokter dapat menyimpulkan penyebab keputihan abnormal yang anda alami. Di dalam artikel kami kali ini akan membahas mengenai obat keputihan gatal dan perih.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari organ kewanitaan, dan keadaan seperti ini normal jika keluar sebelum dan setelah periode haid, dan tidak mengganggu. Namun perlu diwaspadai jika anda mengalami keputihan yang mengganggu, seperti rasa gatal ketika anda mengalami keputihan. Penyebab keputihan yang gatal adalah jamur yang tumbuh secara tidak normal pada bagian vagina anda, dan faktor yang mempengaruhi ini adalah ketidakseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh anda.

Obat Keputihan Gatal dan Perih

Sebelum melakukan pengobatan biasanya dokter akan melakukan diagnosis mengenai penyebab keputihan yang anda alami, baru akan di tentukan mengenai obat yang tepat untuk gejala yang anda alami. Berikut adalah obat yang mungkin akan diberikan dokter.

  • Miconazole

Biasanya dokter akan meresepkan obat ini untuk masalah keputihan yang gatal dan perih, miconazole mempunyai 2 jenis yaitu berupa obat oral dan obat salep. Biasanya untuk mengurangi gatal pada bagian vagina dokter akan memberikan obat ini untuk dikonsumsi, miconazol dapat dengan efektif menghilangkan rasa gatal, perih pada bagian vagina.

  • Krim Butoconazole

Obat ini dapat membantu mengobati infeksi jamur pada vagina yang dapat menyebabkan keputihan menjadi gatal. Pemberian krim ini harus sesuai dengan dosis yang diberikan dokter. Obat ini dianjurkan untuk tidak digunakan ibu hamil, ibu menyusui serta wanita yang mengalami alergi. Krim ini dioleskan ke vagina dengan alat khusus yang terdapat di dalam kotak obat.

  • Flagystin

Obat ini harus digunakan dengan resep dokter, sistem penggunaan obat ini adalah dengan cara dimasukkan ke dalam vagina, flagystatin dapat meredahkan keputihan yang gatal serta nyeri seperti terbakar pada bagian vagina.

  • Flukonazole

Obat jenis kapsul ini dapat mengatasi keputihan yang gatal, obat ini digunakan berdasarkan resep dokter, untuk wanita yang mempunyai alergi dan kelainan gula darah tidak di anjurkan untuk menggunakan obat ini. Flukonazole diminum sesuai dengan anjuran dari dokter, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Mencegah Keputihan Gatal

obat keputihan gatal pada wanita

Untuk menghindari terjadinya keputihan menjadi gatal anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Selalu menjaga agar area kewanitaan anda tetep kering, terutama ketika selesai buang air kecil.
  • Menggunakan pakaian yang tidak ketat.
  • Gunakanlah celana dalam yang berbahan katun.
  • Membasuh vagina dengan benar.
  • Tidak menggunakan alat pembersih vagina yang mengandung bahan kimia.
  • Jangan menggunakan bedak atau sabun pada area kewanitaan.
  • Cuci pakaian dalam secara bersih dan dipastikan tidak ada sabun yang masih menempel pada celana dalam.
  • Hindari Makan makanan yang tidak sehat dan bergizi.
  • Hindari makanan yang dapat memicu terjadinya keputihan.
  • Saat haid, rajinlah dalam mengganti pembalut dan jangan menunggu hingga penuh.

Demikianlah artikel mengenai obat keputihan gatal dan perih, semoga dapat membantu anda. Jika anda mengalami keputihan yang tidak normal sebaiknya anda segera periksakan diri anda ke dokter, langsung datang ke Klinik kami, Klinik Utama Gracia. Lakukanlah konsultasi medis langsung dengan dokter kami.

Untuk konsultasi medis secara online, anda dapat chat dengan konsultan-konsultan medis online kami dengan klik banner di bawah ini.

Klik chat

Save