counter

obat kutil kelamin Menurut CDC kutil kelamin 90% disebabkan oleh HPV 6 atau 11, HPV tipe 6 atau 11 biasanya ditemukan sebelum atau pada saat kutil tersebut muncul di area kemaluan. HPV tipe 16,18, 31, 33 dan 35 terkadang terdeteksi di dalam kutil kelamin. Selain kutil yang tumbuh di area genital, HPV tipe 6 dan 11 juga dikaitkan dengan kutil konjungtiva, hidung, mulut dan laring. Berikut akan kami jelaskan mengenai obat kutil kelamin resep dari dokter.

Kutil pada kelamin biasanya tanpa gejala, terkadang kutil tumbuh dengan datar, atau bisa juga menonjol dan lebih parahnya bertangkai dan bentuknya seperti kembang kol. Pada umumnya kutil tumbuh di daerah organ intim tertentu, termasuk di sekitar introitus (lubang pintu masuk vagina) wanita, jika pada pria akan tumbuh di sekitar bawah kulup penis yang tidak disunat, dan pada batang penis.

Kutil yang tumbuh di area kelamin juga dapat tumbuh pada bagian epitel anogenital atau di dalam leher rahim, vagina, uretra, perineum, kutil perianal dan skrotum. Kutil juga dapat tumbuh di area anal dan di dalam anus, keadaan ini dapat terjadi jika seseorang tersebut aktif melakukan hubungan sex anal dengan seseorang yang mempunyai kutil kelamin.

Diagnosis kutil yang terdapat pada kelamin biasanya dengan menggunakan inspeksi visual. Dokter juga mungkin akan melakukan biopsi, jika kutil tersebut diindikasikan seperti berikut:

  • Positif mengalami kutil kelamin.
  • Lesi tidak dapat sembuh dengan terapi standar.
  • Penyakit memburuk selama terapi.
  • Lesi atipikal.
  • Kutil yang berpigmen, indurated, pendarahan atau ulserasi.

Yang mungkin di lakukan untuk mendiagnosis penyakit ini adalah asam asetat 3%-5%, asam asetat digunakan jika kutil tidak tumbuh pada permukaan kulit, jika asam asetat dioleskan akan ada perubahan warna kulit menjadi putih jika terdapat kutil kelamin. Penggunaan asam asetat bukan merupakan tes spesifik, melainkan untuk skrining rutin agar diketahui perubahan mukosa yang terkait dengan HPV.

Obat Kutil Kelamin

obat kutil yang ada pada kelamin pada wanita

Sebagian besar kutil kelamin dapat hilang dengan sendirinya, namun akan memakan waktu yang sangat lama, tergantung dengan sistem kekebalan tubuh. Sebelum melakukan pengobatan sebaiknya anda konsultasikan keadaan anda terlebih dahulu, dan sangat penting jika anda sedang hamil, maka dokter akan memberikan obat kutil kelamin yang tidak membahayakan calon bayi, seperti cacat lahir yang disebabkan oleh obat yang tidak diperuntukkan untuk ibu hamil.

Dokter akan meresepkan beberapa obat seperti:

  • Podofiloks
  • Asam trukloroasetat
  • Imiquimod

Terdapat beberapa krim yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. Beberapa tehnik pengobatan dengan cara lain yaitu dengan cara pembekuan menggunakan nitrogen cair yang menyebabkan jaringan pada kutil kelamin mati sehingga kutil akan mengelupas dengan sendirinya, atau dapat dilakukan dengan menggunakan sistem laser, kuret.

Untuk penggunaan obat-obatan sebaiknya menggunakan resep dokter dan hasil dari diagnosis dokter, sehingga memperkecil kemungkinan komplikasi ke penyakit lain.

Demikianlah artikel mengenai Obat kutil pada kelamin dari dokter yang mungkin dapat membantu jika anda sedang mengalami penyakit kutil kelamin. Untuk konsultasi dengan dokter sebaiknya segera datang ke Klinik Utama Gracia.

Untuk Konsultasi Medis Online klik banner di bawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save

Save

Save