obat kutil kelamin wanita

Timbulnya kondiloma akuminata atau kutil kelamin bisa saja dialami oleh wanita maupun pria. Sesuai namanya, penderita kutil kelamin akan merasakan keberadaan semacam daging tumbuh atau kutil di area kelamin ataupun anus. Terdapat beberapa cara yang digunakan sebagai obat kutil kelamin wanita dan juga pria yang akan membantu penderita untuk menghilangkan keberadaan kutil yang mengganggu.

Kutil yang bisa tumbuh pada area permukaan penis, vagina, anus, ataupun bagian dalam area-area tersebut akan menyebabkan munculnya gatal dan juga bengkak. Kutil yang tumbuh umumnya terlihat seperti memiliki permukaan yang serupa dengan permukaan kembang kol. Keberadaan kutil di area kelamin bisa membuat penderita mengalami pendarahan ketika kutil tersebut mengalami gesekan.

Sebelum mengetahui obat kutil kelamin wanita dan pria, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dan juga cara mendiagnosis penyakit menular seksual satu ini.

Penyebab Kutil Kelamin

Kutil kelamin atau juga kutil kemaluan terjadi karena adanya infeksi virus. Virus yang dapat menyebabkan penyakit ini adalah human papillomavirus atau HPV yang juga dikenal sebagai penyebab kanker, terutama kanker serviks. Banyak tipe HPV yang dapat menyebabkan kutil kelamin, hanya beberapa saja yang bisa membuat seseorang mengalami kanker.

Diagnosis Kutil Kelamin

Mendiagnosis kutil kelamin harus terlebih dulu dilakukan sebelum Anda menggunakan obat kutil kelamin wanita dan juga pria. Diagnosis ini untuk memastikan kondisi pasien. Biasanya dokter hanya perlu melakukan pemeriksaan fisik biasa untuk melihat keberadaan kutil kelamin yang berada di permukaan kelamin atau anus. Bila kutil berada di dalam, sebaiknya lakukan pemeriksaan lain yang lebih detail.

Karena virus penyebab kutil kelamin ini adalah virus yang sama dengan virus penyebab kanker. Maka perlu juga dilakukan pemeriksaan pap smear untuk para wanita yang mengalami kutil kelamin ini. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi adakah perubahan sel yang bisa menjadi kanker karena infeksi virus tersebut. Pemeriksaan pap smear ini bukan hanya boleh dilakukan pada wanita yang mengalami kutil kelamin saja, namun memang harus dilakukan pada semua wanita yang sudah aktif secara seksual ataupun yang sudah menikah untuk mendeteksi lebih dini keberadaan kanker serviks.

Obat Kutil Kelamin Wanita Dan Pria

Pengobatan awal untuk kutil kelamin akan dilakukan dengan pemberian obat topikal yang diaplikasikan dengan mengoleskannya pada area kutil. Tujuannya adalah untuk mematikan jaringan kutil. Hal ini dikarenakan, obat topikal untuk kutil kelamin ini memiliki asam kuat yang akan merusak jaringan kutil. Adapula kandungan obat ini yang bisa merangsang peningkatan kekebalan tubuh untuk dapat melawan infeksi virus yang sedang terjadi.

Perlu diingat bahwa obat yang digunakan untuk kutil kelamin harus selalu berdasarkan resep atau rekomendasi dokter. Jangan gunakan sembarang obat kutil untuk permasalahan kutil kelamin yang Anda alami.

Bila kutil kelamin yang Anda miliki tidak juga merespons pengobatan topikal tersebut ataupun kutil sudah terlalu menyebar, maka cara yang bisa dilakukan sesuai dengan saran dokter adalah dengan menerapkan prosedur ablasi yang terdiri dari eksisi, bedah laser, bedah listrik ataupun cryotherapy. Keempat metode tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi yang Anda alami.

Untuk menentukan metode apa yang tepat, konsultasikan lah dengan dokter, agar permasalahan kutil kelamin yang Anda alami bisa segera teratasi. Anda juga bisa berkonsultasi pada staf medis Klinik Utama Gracia bila merasakan ada gejala kutil kelamin yang Anda alami. Tak perlu ragu dan malu untuk bertanya untuk mengatasi permasalahan Anda.