obat sipilisObat sipilis, didalam artikel kali ini kami akan menulis mengenai obat sipilis, Sipilis merupakan penyakit yang ditularkan melalui kontak seksual, yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum, sipilis merupakan penyakit menular seksual yang sangat berbahaya.

Sipilis diawali dengan rasa sakit yang menyakitkan di area genital. Jika sipilis tidak diobati maka dampaknya akan buruk, dan bisa mengancam nyawa. Selain ditularkan melalui kontak seksual, sipilis juga dapat ditularkan melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi sipilis, seperti ciuman dan menggunakan benda-benda yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi sipilis.

Diagnosa dan Obat Sipilis

obat sipilis

Jika anda mengalami gejala-gejala sipilis, sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan langsung ke dokter, sebab dengan pemeriksaan dini gejala sipilis dapat mengurangi komplikasi yang berbahaya, tahapan pemeriksaannya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, bagian genital, anus serta akan memeriksa bagian mata, dan area mulut anda, karena ruam sipilis juga dapat tumbuh dibagian mata, mulut serta tenggorokan (bagi anda yang melakukan oral sex).

Berikut adalah tahapan-tahapan diagnosa dokter terhadap anda:

Tes Darah

Tes darah akan dilakukan sebagai media agar dokter mengetahui keberadaan antibodi di dalam tubuh anda dan jumlah antibodi yang diproduksi untuk melawan infeksi, sebab antibodi akan melawan bakteri sipilis yang tetap di dalam tubuh anda selama bertahun-tahun. Dengan melakukan tes darah, dokter akan mengetahui seberapa lama anda terinfeksi sipilis.

Cairan Tulang Belakang Otak

Dokter akan mengambil cairan tulang belakang otak, dengan pengambilan cairan ini, dokter akan mengetahui apakah ada komplikasi pada sistem saraf yang disebabkan oleh sipilis. Dokter juga akan menyarankan untuk mengumpulkan sampel cairan cerebrospinal melalui prosedur yang disebut pungsi lumbal (spinal tap).

Tahapan Pengobatan Sipilis

obat sipilis

Sekarang akan dijelaskan tahap pengobatan sipilis, ketika diagnosa telah dilakukan maka akan dilakukan pengobatan tahap awal yaitu dengan penggunaan penisilin, karena Penisilin dapat membunuh organisme yang menyebabkan sipilis.

Sebelum pengobatan penisilin dilakukan dokter akan menanyakan apakah anda alergi terhadap penisilin, karena jika anda alergi, dokter akan mengganti dengan antibiotik lain.

Penisilin di lakukan terhadap anda yang terinfeksi sipilis primer dan sekunder. Penisilin jenis suntikan ini akan dilakukan sekali, ini dapat menghentikan perkembangan sipilis ke tahap selanjutnya, dengan catatan anda terinfeksi sipilis selama kurang dari setahun, jika anda terinfeksi sipilis lebih dari setahun, mungkin dokter akan menambahkan dosisnya.

Penisilin juga sangat dianjurkan bagi wanita hamil yang terinfeksi sipilis, jika anda alergi terhadap sipilis maka dokter akan melakukan proses desensitisasi sehingga anda dapat menerima suntikan penisilin.

Anda harus dirawat dengan intesif selama kehamilan, dan jika bayi anda lahir, bayi tersebut juga akan menerima suntikan antibiotik.

Pada tahap pertama anda menerima perawatan dengan suntikan penisilin anda akan mengalami reaksi jarisch-herxheimer, yang bertanda penisilin bekerja dengan baik. Anda akan merasakan demam, menggigil, mual, nyeri pegal dan sakit kepala. Reaksi seperti ini biasanya berlangsung tidak lebih dari satu hari.

Jika tahapan pengobatan telah dilakukan maka akan ada tahapan selanjutnya, yaitu tindak lanjut setelah pengobatan, dokter akan meminta anda untuk melakukan beberapa hal seperti berikut:

• Tes darah, dengan melakukan tes ini dokter akan mengetahui apakah anda merespon dosis penisilin yang dokter berikan kepada anda.
  • Kontak seksual, dokter akan menyarankan adan untuk menghindari kontak seksual sampai pengobatan selesai dan tes darah telah menunjukkan kesembuhan anda.
  • Menyarankan pasangan anda untuk melakukan pemeriksaan, terkait apakah pasangan anda tertular sipilis atau tidak. Jika tertular maka akan dilakukan pengobatan.
  • Melakukan pengujian apakah anda terinfeksi HIV.