counter

sifilis pada pria

Sipilis atau yang juga dikenal dengan sebutan raja singa, merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Penyakit ini bisa menyebar dengan mudah melalui hubungan seksual yang dilakukan dengan orang yang sudah terinfeksi. Selain itu bisa juga menular melalui darah yang berasal dari penderita. Adapun beberapa obat sipilis pada pria dan wanita yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala dari penyakit tersebut.

Sebelum mengetahui obat sipilis pada pria dan wanita, sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal terkait dengan penyakit sipilis. Hal ini diperlukan untuk pemahaman bagi Anda dan mengantisipasi terjadinya komplikasi dari penyakit tersebut.

Penyebab

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab dari penyakit menular seksual ini yaitu karena bakteri yang bernama Treponema pallidum, yang merupakan jenis bakteri berbentuk spiral yang bisa ditularkan melalui hubungan seksual dengan penderita, penggunaan alat suntik yang sama dengan penderita dan juga menggunakan peralatan tattoo yang sama dengan penderita karena sipilis bisa menular melalui darah.

Namun sipilis tidak bisa menular hanya melalui dudukan toilet, air liur, peralatan makan, pakaian, ataupun penggunaan kamar mandi dan kolam renang yang sama dengan penderita. Hal ini dikarenakan bakteri penyebab sipilis tidak akan bisa bertahan lama di luar tubuh manusia.

Gejala

Gejala yang dialami penderita sipilis umumnya sangat ringan, sehingga mereka tidak sadar jika mengalami sipilis dan menularkannya pada pasangan. Namun biasanya gejala akan berkembang sesuai tahapan sipilis, berikut ini penjelasannya:

1. Sipilis Primer

Gejala umum yang akan dialami penderita yang berada pada tahapan sipilis primer adalah munculnya luka. Luka tersebut biasanya akan muncul 10 sampai 90 hari setelah tubuh terpapar bakteri. Luka ini kadang tidak diperhatikan penderita karena tidak menyebabkan munculnya rasa sakit. Biasanya luka ini akan terjadi pada area tubuh yang terkena bakteri pertama kali, seperti misalnya pada penis, vagina, ataupun anus. Selain itu juga luka juga bisa terjadi pada bibir, mulut, amandel, atau jari.

Luka biasanya akan pulih sekitar tiga sampai enam minggu. Selain gejala tersebut, pada tahapan ini penderita juga akan mengalami pembengkakan kelenjar di area leher, ketiak, ataupun pangkal paha. Jika tidak segera ditangani sejak awal, maka sipilis akan beranjak ke tahap yang kedua.

sifilis pada pria

2. Sipilis Sekunder

Setelah luka menghilang, beberapa minggu kemudian akan muncul ruam, yang menjadi pertanda sipilis memasuki tahapan kedua. Ruam ini bisa terjadi dimana saja, namun seringkali terjadi pada telapak tangan dan juga kaki. Gejala lain yang akan terjadi yaitu munculnya kutil pada bagian kelamin ataupun anus.

Selain itu, penderita juga akan mengalami gejala yang mirip dengan flu, merasa lelah, sakit kepala, nyeri di persendian, dan juga demam. Penderita juga mengalami penurunan berat badan, kerontokan rambut dan pembengkakan di kelenjar limfa. Gejala-gejala tersebut akan terjadi hingga beberapa minggu dan bisa muncul ataupun menghilang berulang kali hingga beberapa bulan ke depan. Jika tahapan sekunder ini tidak ditangani dengan tepat, maka sipilis akan berlanjut ke tahapan berikutnya.

3. Sipilis Laten

Di tahapan ini, tubuh tidak akan mengalami gejala apapun, namun bakteri masih tetap berada di dalam tubuh. Sipilis juga masih bisa menular selama 12 bulan pertama di tahapan laten ini. Namun setelah dua tahun, sipilis tidak bisa ditularkan, walaupun bakteri masih tetap berada di dalam tubuh. Tahapan laten ini bisa terjadi selama bertahun-tahun. Walaupun tidak ada gejala, namun penanganan tetap harus dilakukan agar tahapan laten ini tidak berlanjut ke tahapan tersier atau tahapan yang berbahaya.

4. Sipilis Tersier

Penderita sipilis yang tidak diobati akan masuk ke tahapan tersier. Gejalanya akan terjadi dimulai dari beberapa tahun setelah bakteri menginfeksi tubuh pertama kali. Bagian tubuh yang pertama kali terpapar bakteri juga akan mempengaruhi gejala yang akan dialami oleh penderita.

Di tahapan ini, sipilis bisa menjadi sangat membahayakan dan juga bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini bisa berakibat buruk pada mata, otak, jantung, pembuluh darah, hati, sendi, dan juga tulang, sehingga banyak penderita tahapan ini mengalami buta, stroke, dan juga penyakit jantung.

5. Sipilis Kongenital

Sipilis yang terjadi pada wanita yang sedang hamil bisa saja ditularkan pada janin yang sedang dikandung. Resiko penularan ini bisa dikurangi jika wanita hamil diobati sebelum kehamilan memasuki empat bulan. Namun jika tidak diobati, maka akan terjadi komplikasi seperti bayi terkena sipilis ketika lahir, bayi lahir premature, terjadi keguguran, bayi lahir dalam keadaan mati atau mati di dalam kandungan, dan juga bayi mati tidak lama setelah lahir.

Bayi yang lahir dalam keadaan hidup dan mengalami sipilis kongenital, maka tidak akan memiliki gejala apapun. Hanya ada kemungkinan munculnya ruam di telapak tangan dan juga kaki. Gejala yang akan berkembang pada anak yang terkena sipilis kongenital yaitu gangguan pendengaran, batang hidung yang rata, deformasi gigi, dan juga pertumbuhan tulang menjadi abnormal.

Untuk itu, wanita hamil harus melakukan tes darah untuk mengetahui apakah ada sipilis pada tubuh ibu hamil, biasanya tes ini dilakukan pada usia kehamilan tiga sampai lima bulan. Jika wanita hamil positif sipilis, maka bisa dilakukan pengobatan segera.
Klik chat

Diagnosis

Sipilis bisa didiagnosa dengan beberapa cara. Anda bisa datang mengunjungi dokter ataupun klinik spesialis penyakit kelamin untuk memeriksakan diri. Jika sipilis ditemukan dan diobati sedini mungkin, maka peluang sembuh dan tidak menyebabkan komplikasi akan lebih besar.

Pertama-tama dokter pastinya akan menanyakan keluhan yang Anda alami, lalu melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, terutama bagian alat kelamin dan anus. Anda juga akan disarankan melakukan beberapa tes lain yaitu:

1. Tes Darah

Tes darah dilakukan untuk memastikan apakah benar ada infeksi sipilis pada tubuh Anda. Tes ini juga bisa mendeteksi adanya antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan sipilis. Antibodi tersebut akan tetap berada di dalam tubuh selama bertahun-tahun.

Tes darah yang spesifik mendeteksi bakteri Treponema pallidum adalah Treponemal Antibody Test. Jika tes menunjukkan hasil positif, maka hampir pasti terdiagnosa sipilis. Namun tes ini juga tetap akan memberikan hasil positif selama bertahun-tahun setelah sipilis diobati. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan tambahan yang disebut RPR (Rapid Plasma Reagin). Penderita sipilis akan menunjukkan hasil Treponemal Antibody Test positif dan juga RPR yang positif.

2. Pemeriksaan Cairan Luka

Jika ada luka di tubuh, maka dokter akan mengambil cairan yang berasal dari luka untuk dijadikan sampel yang akan dianalisis di laboratorium. Tes ini hanya bisa dilakukan ketika sipilis masih berada pada tahapan sipilis primer atau sekunder yang memang terdapat luka ketika tahapan tersebut. Sampel cairan dari luka tersebut akan menunjukkan apakah ada bakteri penyebab sipilis di tubuh.

ciri ciri penyakit sifilis

Pengobatan

Setelah mengetahui beberapa hal terkait dengan penyakit sipilis, berikut ini adalah beberapa obat sipilis pada pria dan wanita yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi gejala sipilis yang Anda alami.

Obat sipilis pada pria dan wanita ketika masih berada di tahap primer dan juga sekunder biasanya menggunakan penisilin, yang diberikan melalui suntikan. Namun jika penderita mempunyai alergi terhadap penisilin, maka ada jenis antibiotik lain yang bisa diberikan.

Ketika telah memasuki tahap tersier, pemberian antibiotik akan dilakukan melalui infus untuk menghentikan infeksi yang terjadi. Namun pengobatan ini tidak akan bisa memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi karena tahapan sipilis tersier ini. Dan umumnya pengobatan akan lebih kompleks jika sudah berada pada tahap tersier ini.

Jika sipilis terjadi pada ibu hamil, umumnya dokter akan memberikan obat antibiotik yang tidak akan mengganggu tumbuh kembang janin. Namun tetap konsultasikan penggunaan obat tersebut pada dokter.

Beberapa penderita sipilis umumnya akan mengalami reaksi Jarisch-Herxheimer ketika awal pengobatan antibiotik dimulai. Hal ini terjadi karena tersebarnya racun dari sel bakteri yang dibunuh antibiotik. Gejalanya seperti demam, sakit kepala, dan nyeri otot atau persendian. Kondisi ini terbilang bukan hal yang serius, karena biasanya akan hilang setelah satu hari. Untuk menghilangkan rasa sakit bisa menggunakan parasetamol, namun jika gejala tersebut semakin memburuk, segera periksakan diri ke dokter.

Beberapa obat antibiotik untuk mengatasi sipilis, bisa menimbulkan gangguan pada metode kontrasepsi yang memiliki kandungan estrogen dan progesteron di dalamnya yang digunakan wanita.

Biasanya setelah pengobatan selesai, maka pasien akan diminta untuk melakukan tes darah lagi untuk memastikan apakah infeksi sudah sembuh total. Namun Anda harus tetap waspada, karena sipilis masih bisa kembali walaupun sudah sembuh.

Selain itu, ada pula obat alami yang bisa Anda temukan di sekitar Anda untuk obat sipilis pada pria dan wanita. Berikut ini penjelasannya:

1. Tanaman Begonia

Tanaman yang biasanya dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah ini memang sudah terbilang langka. Tanaman yang memiliki bunga yang indah ini ternyata berguna untuk obat sipilis pada pria dan wanita yang alami.

2. Kumis Kucing

Tanaman ini biasanya tumbuh liat di sekitar rumah, dan memiliki bentuk layaknya kumis kucing sungguhan. Namun siapa sangka tanaman ini ternyata bisa menjadi obat sipilis pada pria dan juga wanita. Di dalam kumis kucing terdapat kandungan yang bisa menyembuhkan penyakit kronis, seperti glikosida, garam kalium, moinositol, zat samak, dan juga minyak lemak.
Klik chat

3. Daun Sirih

Di dalam minyak atsiri daun sirih terdapat kandungan yang bisa mematikan kuman, anti oksidasi dan fungisida, dan juga anti jamur. Cara penggunaannya yaitu dengan merebus daun sirih dengan tambahan gula dan garam, kemudian minum air tersebut sebanyak tiga kali sehari.

4. Akar Jali

Tanaman yang banyak tumbuh di daerah pedesaan ini bisa digunakan untuk mengatasi sipilis. Caranya, gunakan beberapa batang dan juga akar dari tanaman ini, rebus menggunakan air bersih, dan minum air rebusan tersebut.

5. Akar Alang-Alang

Tanaman ini sudah terkenal memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu menjadi obat sipilis pada pria dan wanita. caranya, gunakan akar alang-alang secukupnya lalu rebus, dan minum air rebusan tersebut.

6. Bawang Putih

Bumbu masakan yang satu ini memang banyak sekali manfaatnya. Kandungan anti bakteri dan antiseptik dalam bawang putih bisa dijadikan sebagai obat sipilis pada pria dan wanita. Caranya, konsumsi bawang putih ini secara rutin.

daun binahong untuk sifilis

7. Daun Binahong

Kandungan antioksidan, zat alkoloid dan saponin di dalam daun binahong bisa digunakan sebagai obat sipilis pada pria dan juga wanita. Caranya, gunakan 11 lembar daun binahong, lalu rebus, dan minum air rebusan tersebut secara teratur.

8. Daun Murbei

Tanaman ini sebenarnya bukanlah tanaman obat, namun bisa digunakan sebagai obat sipilis pada pria dan wanita. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus beberapa helai daun murbei, kemudian minum air rebusan tersebut.

9. Biji Kemukus

Anda bisa menggunakan biji kemukus yang sudah dikeringkan untuk menyembuhkan sipilis. Biji kemukus ini memang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Cara menggunakannya yaitu dengan menumbuk biji kemukus yang sudah kering, lalu tambahkan air hangat, saring, dan minum air tersebut secara rutin.

Obat sipilis pada pria dan wanita di atas memang terbilang tradisional dan alami. Namun walaupun begitu tetap harus dikonsultasikan terlebih dulu pada dokter sebelum Anda mencoba untuk menggunakannya. Hal ini dikarenakan belum tentu tubuh Anda bisa menerima pengobatan dengan bahan tradisional ini. Atau malah infeksi bisa saja tidak sembuh seutuhnya. Untuk itu konsultasikan terlebih dahulu terkait dengan obat sipilis pada pria dan wanita di atas untuk lebih memastikan apakah pengobatan tersebut tepat atau tidak.

Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya penyakit sipilis, hal utama yang harus Anda lakukan adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Menggunakan kondom ketika berhubungan seksual bisa menurunkan resiko terkena sipilis, walaupun tidak 100 persen akan mencegah penularan. Sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual jika tau bahwa Anda mengalami gejala penyakit sipilis.

Sipilis juga bisa menular melalui seks oral, ketika mulut bersentuhan langsung pada luka di organ intim yang sudah terinfeksi. Sebaiknya hindari melakukan sek oral, atau anal untuk menurunkan resiko terkena penyakit sipilis. Perlu diingat juga, jangan terlebih dulu melakukan hubungan seksual ketika Anda menjalani masa pengobatan, karena masih bisa beresiko terserang sipilis kembali, atau menularkan ke orang lain. Lakukan pengobatan bersama pasangan, untuk mencegah terjadinya infeksi sipilis kembali.

Hindari menggunakan narkoba terlebih narkoba melalui suntikan ataupun melakukan tattoo, karena sipilis bisa menular melalui aktivitas tersebut.

Bagi ibu hamil, yang pernah memiliki riwayat terkena sipilis sebelumnya, sebaiknya melakukan tes darah untuk mendeteksi adanya sipilis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penyakit sipilis, beserta dengan obat sipilis pada pria dan wanita. Jika Anda mengalami gejala yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, jangan melakukan pembiaran hingga akhirnya sipilis menimbulkan komplikasi yang membahayakan tubuh Anda.

Jika memang tidak ada gejala yang Anda alami, maka sebaiknya lakukan tes jika Anda pernah melakukan hubungan seksual yang berisiko, ataupun pernah bergonta-ganti pasangan. Hal ini diperlukan untuk menurunkan resiko sipilis memasuki tahapan yang lebih serius. Lebih cepat diketahui adanya sipilis, maka lebih mudah penanganan dan pengobatan akan dilakukan. Segera periksakan diri ke dokter, dan tidak usah ragu ataupun malu. Jangan sampai sipilis memasuki tahap yang sudah serius dan akhirnya membahayakan diri Anda.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter Klinik Utama Gracia terkait dengan penyakit sipilis ataupun penyakit kelamin dan penyakit menular seksual lainnya. Anda bisa menggunakan layanan chatting online di bawah ini untuk mempermudah Anda berkonsultasi terkait kondisi Anda. Semoga bermanfaat.
Klik chat