counter

obat turun berok

Penyakit turun berok atau hernia merupakan penyakit yang sering dialami oleh pria, namun wanita juga bisa mengalami penyakit ini. Penyakit yang terkesan sepele ini ternyata bisa menjadi berbahaya, bahkan menyebabkan penderitanya kesulitan berjalan. Lalu apa obat turun berok?

Turun berok merupakan kondisi dimana ada organ tubuh yang menekan dan mencuat keluar melalui jaringan atau jaringan lain di sekitarnya yang melemah. Otot yang seharusnya kuat untuk menahan organ-organ tersebut, namun mengalami kelemahan sehingga tidak dapat menahan organ tetap berada di tempat seharusnya sehingga menyebabkan turun berok.

Penyakit ini kadang tidak menimbulkan gejala, namun bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pada usus dan juga aliran darah menjadi terhambat di jaringan hernia yang terjepit. Umumnya obat turun berok yang biasa dilakukan adalah operasi. Namun ada pula jenis hernia yang tidak memerlukan operasi yaitu jenis hernia umbilikus dan hernia hiatus. Berikut ini adalah obat turun berok tanpa melalui prosedur operasi.

1. Mengubah Pola Hidup

Hal utama yang harus Anda lakukan jika Anda mengalami turun berok adalah mengubah pola hidup keseharian Anda yang tidak sehat. Melakukan diet sehat bisa menjadi salah satu hal yang perlu Anda lakukan. Perhatikan berat badan Anda, terutama bagi Anda yang mengalami berat badan yang berlebih. Cara diet umumnya sangat berguna untuk menjadi cara mengatasi hernia hiatal. Selain itu hindari makanan yang bisa menyebabkan asam lambung dan juga munculnya rasa panas di perut.

2. Olahraga

Melakukan olahraga yang teratur juga bisa membantu menyembuhkan hernia. Hal ini ditemukan setelah para peneliti melakukan pengamatan terhadap pemain hockey yang mengalami turun berok kemudian melakukan pengobatan dengan cara peregangan dan olahraga yang teratur. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan yaitu olahraga yang difokuskan pada penguatan otot perut, sehingga otot mampu melindungi jaringan otot perut dari tekanan yang terjadi karena aktivitas yang dilakukan.

3. Yoghurt

Susu fermentasi ini memang sudah terkenal banyak manfaatnya untuk tubuh. Jika Anda mengalami turun berok, Anda bisa mengonsumsi yoghurt sebagai obat turun berokĀ Anda, terutama untuk mengatasi nyeri yang muncul karena penyakit tersebut. Pilihlah yoghurt yang rendah lemak. Yoghurt juga banyak disarankan pada orang yang menderita hernia hiatus.

obat turun berok

4. Jahe

Selain yoghurt, jahe juga bisa dijadikan salah satu obat untuk turun berok sebagai cara untuk menghindari operasi. Jahe ini juga bisa mengobati hernia tanpa efek samping apapun. Anda bisa menggunakan jahe dengan cara menjadikannya air jahe dan kemudian minum air jahe tersebut rutin setiap harinya.

5. Kulit Manggis

Kulit manggis memang sudah terkenal memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk turun berok. Anda bisa menggunakan kulit manggis untuk dijadikan obat dengan cara merebus kulit manggis yang sudah dicuci bersih. Setelah mendidih, saring airnya, dan minum pada saat masih hangat. Konsumsi air rebusan ini sebanyak dua kali sehari secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Untuk mencegah hernia bertambah parah, sebaiknya jangan mengangkat benda-benda berat. Atau Anda bisa menggunakan teknik tertentu agar tidak memperparah turun berok yang Anda alami. Sebaiknya rutin periksakan diri Anda terkait dengan hernia yang Anda alami. Apabila melakukan cara-cara di atas tetap membuat hernia semakin sakit, maka kemungkinan jalan operasi lah solusi satu-satunya untuk kesembuhan Anda.

Anda juga bisa berkonsultasi terkait dengan permasalahan turun berok Anda dengan dokter kami melalui layanan chatting online gratis di bawah ini.
Klik chat