counter


obgyn adalah Obgyn adalah singkatan yang digunakan untuk Obstetri dan Ginekologi. Meskipun mereka dua spesialisasi yang terpisah, mereka sering digabungkan karena keduanya berhubungan dengan sistem reproduksi wanita. Secara khusus, obstetricians mengkhususkan diri dalam penanganan kehamilan, sementara ginekolog mengkhususkan diri dalam kesehatan keseluruhan dari sistem reproduksi wanita.

Sering kali kalangan awam dibingungkan dengan istilah obstetri dan ginekologi (obgyn).  Istilah ini menyangkut  cabang ilmu kedokteran yang mempelajari dan menangani kesehatan wanita.

Dokter yang ahli dibidang tersebut sering oleh awam disebut sebagai dokter kandungan ataupun ginekolog. Secara medis dikenal sebagai dokter spesialis obstetri dan ginekologi atau sering kali disebut dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan.

Dokter

obgyn adalahDokter obgyn adalah dokter spesialis kandungan, Gelar untuk dokter spesialis obgyn adalah Sp.OG. Tugas dari dokter obgyn adalah melayani kesehatan wanita ketika masa kehamilan, nifas dan partus.

Sedangkan kebidanan itu sendiri mempunyai pengertian yang sama dengan dokter kandungan tetapi jika ditilik mengenai tindakan, dokter spesialis kebidanan itu boleh melakukan pembedahan dan bidan (kebidanan) tidak ada kaitannya dengan pembedahan.

Penjabaran Obstetri dan Ginekologi

obgyn adalahGinekologi adalah suatu ilmu kedokteran atau pengetahuan kesehatan yang berhubungan dengan segala penyakit dan gangguan yang mempengaruhi system reproduksi wanita. Secara khusus ilmu ginekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari serta menangani kesehatan dari alat reproduksi wanita.

Namun apakah anda tahu bahwa sebagian besar ginekologi juga mempunyai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kandungan. Tapi biasanya spesialis ilmu kebidanan terbatas untuk merawat ibu hamil dan persalinan kandungan.

Pentingnya ilmu ginekologi merupakan sesuatu yang baik untuk menambah ilmu pengetahuan kita sendiri. Karena seorang wanita mengetahui ilmu tentang ginekologi, maka dia akan tahu bagaimana cara mengatasi masalah kesehatan wanita.

Secara umum Obstetri atau ilmu kandungan (ilmu kebidanan) adalah pengaturan serta optimasi dari reproduksi manusia, bisa juga diartikan ilmu yang mempelajari kehamilan, persalinan dan nifas. mengingat betapa berat dan luas serta betapa pentingnya tugas ini barulah kita dapat mengetahui betapa banyak orang yang akan bersalin setiap hari, bulan bahkan tahun dan kita dapat mengetahui berapa banyak ibu dan anak yang meninggal, itulah tujuan utama obstetri.

Obstetri atau Ilmu kandungan (Ilmu Kebidanan) adalah Suatu Ilmu yang mempelajari Kehamilan, Persalinan dan Nifas. Kehamilan (Graviditas) dimulai dari konsepsi atau pembuahan lalu berakhir dengan permulaan suatu persalinan. Persalinan atau partus adalah suatu proses pengeluaran bayi dari badan ibu.

Sedangkan Nifas atau Puereperium adalah masa setelah dimana ibu atau wanita telah menjalankan suatu persalinan yang diperlukan untuk memulihkan alat kandungan sampai pada keadaan sebelum ibu atau wanita kembali hamil. Istilah Perkataan Obstetri berasal dari Obstu atau bahasa latin yang memiliki arti kira-kira “Mendampingi”.

Pada beberapa negara tertentu ilmu kedokteran tersebut dibagi menjadi dua spesialis yang sangat berbeda, namun kebanyakan dokter kandungan juga merupakan bagian dari dokter kebidanan.

Sebenarnya apapun sebutan yang diberikan kepada dokter spesiali obstetri dan ginekologi tetap pada tujuan yang sama yaitu memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh bagi seorang wanita yang sangat berkaitan dengan organ reproduksi.

Klik chat

Save

Save

Save

Save

Save