orchitis adalah

Orchitis adalah peradangan satu atau kedua testis, ditandai dengan pembengkakan dan nyeri. penyebab peradangan orchitis adalah oleh parotitis, sifilis, atau tuberculosis.

Penyebab Orchitis Adalah Bakteri

orchitis adalah Radang testis bisa piogenik bakteria, gonokokokus, basil tuberkal, atau virus seperti paramiksovirus, penyebab dari gondongan (parotitis). Sekitar 20% dari radang testis timbul sebagai komplikasi dari gondongan (parotitis) setelah pubertas.

Virus adalah penyebab radang testis yang paling sering. radang testis parotiditis adalah infeksi virus yang paling sering terlihat, walaupun imunisasi untuk mencegah parotiditis pada masa anak-anak telah menurunkan insiden. 20-30% kasus parotiditis pada orang dewasa terjadi bersamaan dengan orchitis, terjadi bilateral pada sekitar 15% pria dengan orkitis parotiditis.

Pada laki-laki pubertas atau dewasa, biasanya terdapat kerusakan tubulus seminiferus dengan resiko infertilitas, dan pada beberapa kasus, terdapat kerusakan sel-sel leydig yang mengakibatkan hipogonadisme difesiensi testosterone.

Radang testis paroditisis jarang terjadi pada laki-laki prapubertas, namun bila ada, dapat diharapkan kesembuhan yang sempurna tanpa disfungsi testiskular sesudahnya. Virus lain yang dapat menyababkan orchitis dan memberikan gambaran klinis yang sama adalah : virus Coxsakie B, Varisela, dan mononukleosis.

Kebanyakan penyebab radang testis pada laki-laki yang sudah puber adalah gondongan (mumps), dimana manifestasinya biasanya muncul mendadak dalam 3 sampai 4 hari setelah pembengkakan kelenjar parotis. Virus parotitis juga dapat mengakibatkan orchitis sekitar 15 % – 20% pria menderita orchitis akut bersamaan dengan parotitis. Anak laki-laki pra pubertas dengan radang testis parotitika dapat diharapkan untuk sembuh tanpa disertai disfungsi testis.

Pada pria dewasa atau pubertas, biasanya terjadi kerusakan tubulus seminiferus dan pada beberapa kasus merusak sel-sel leydig, sehingga terjadi hipogonadisme akibat defisiensi testosteron. Ada resiko infertilitas yang bermakna pada pria dewasa dengan radang testis parotitika.

Tuberkukosis genitalia yang menyebar melalui darah biasanya berawal unilateral pada kutub bawah epididimis. Dapat terbentuk nodulanodula yang kemudian mengalami ulserasi melalui kulit. Infeksi dapat menyebar melalui fenikulus spermatikus menuju testis. Penyebaran lebih lanjut terjadi pada epididimis dan testis kontralateral, kandung kemih, dan ginjal.

Gejala Orchitis

orchitis adalahTanda dan gejala radang testis berkisar dari ketidaknyamanan ringan pada testikular dan edema hingga nyeri testicular yang parah dan terbentuknya edema dalam waktu sekitar 4 hingga 6 hari setelah awitan penyakit dengan demam tinggi, mual, dan muntah.

Gejala yang dirasakan meliputi nyeri pada testis hingga ke pangkal paha, pembengkakan dan kemerahan pada testis, menggigil, dan demam yang dapat bilateral atau unilateral, mual, muntah, nyeri saat buang air kecil dan nyeri saat hubungan seksual.

Keadaan ini dapat berakibat steril atau impotensi. Terapi terhadap inflamasi ini dengan istirahat di tempat tidur, kompres panas atau hangat, dan antibiotik (bila perlu).

• Radang testis ditandai dengan nyeri testis dan pembengkakan.
  • Nyeri berkisar dari ketidaknyamanan ringan sampai nyeri yang hebat.
  • Kelelahan / mialgia.
  • Kadang-kadang pasien sebelumnya mengeluh gondongan.
  • Demam dan menggigil.
  • Mual.
  • Sakit kepala

• Radang testis ditandai dengan nyeri testis dan pembengkakan.
  • Nyeri berkisar dari ketidaknyamanan ringan sampai nyeri yang hebat.
  • Kelelahan / mialgia.
  • Kadang-kadang pasien sebelumnya mengeluh gondongan.
  • Demam dan menggigil.
  • Mual.
  • Sakit kepala

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap terutama masalah pengobatan bagi anda yang terkena Orchitis sebaiknya langsung konsultasi ke dokter masalah Kesehatan anda, atau bisa kunjungi langsung Klinik Utama Gracia, kami mempunyai staff dokter yang profesional, berpengalaman dan didukung dengan alat-alat yang modern dan canggih, bisa juga hubungi konsultan online kami dengan klik tombol dibawah ini.