counter

Pengertian menstruasi dan penyebab menstruasi tidak teraturPengertian Menstruasi

Pengertian menstruasi yang kita dengar adalah suatu hal yang teratur layaknya jam kerja. Biasanya, perempuan mengalami menstruasi setiap empat minggu sekali. Bila di luar siklus tersebut dapat dikatakan perempuan itu tidak normal. di dalam artikel kali ini kami akan menulis mengenai pengertian menstruasi dan penyebab menstruasi tidak teratur.

Faktanya, banyak perempuan yang memiliki siklus menstruasi nggak teratur. Banyak remaja putri mendapatkan siklus menstruasinya antara usia 10 dan 16 tahun. Dokter sering membicarakan tentang siklus bulanan pada remaja putri, tentang jumlah hari dari awal menstruasi sampai mendapatkan menstruasi berikutnya, biasanya dalam jangka waktu 28 hari. Tapi, jumlah 28 hari adalah jumlah rata-rata yang sering digunakan dokter.

Siklus menstruasi pada perempuan sangat bervariasi, ada yang mempunyai siklus 24 hari dan ada yang 34 hari, dan remaja putri biasanya memiliki menstruasi berbeda-beda tiap bulannya, khususnya beberapa tahun sesudah menstruasi pertama. Cara menghitungnya dimulai dari Hari pertama siklus pada wanita menjadi hari pertama pada hitungan siklus.

Tubuh remaja putri terkadang nggak mengikuti jadwal secara tepat. Hal ini biasa, terutama pada dua tahun pertama setelah mengalami menstruasi pertama, baik melompati siklus maupun siklus yang tidak teratur. Sakit, perubahan berat badan, dan stres dapat mempengaruhi siklus menstruasi, karena sebagian otak yang mengatur siklus menstruasi dipengaruhi hal-hal tersebut.

Menstruasi Tidak Harus Teratur

pengertian menstruasi dan penyebab menstruasi tidak teratur Beberapa gadis remaja memiliki siklus menstruasi seperti kerja jam. Lainnya memiliki siklus berbeda tipis tiap bulannya. Beberapa remaja mendapatkan siklus yang teratur, namun meloncati satu periode atau mengalami menstruasi lebih lama , atau bisa terjadi 2 siklus dalam 1 bulan, akibat stres.

Semua hal ini adalah normal. Disebut normal pula bila lama siklus menstruasi pada remaja putri bervariasi. Kadang-kadang, darah keluar selama dua hari, kadang selama tujuh hari. Hal tersebut karena tingkat produksi hormon pada tubuh berbeda-beda dari satu siklus ke siklus selanjutnya. Dan, hal ini mempengaruhi banyaknya dan lama darah keluar.

Jadi, bagaimana mengetahui bahwa siklus menstruasi tidak teratur? Kamu harus memperhatikan tanda-tanda pada tubuh. Tanda-tanda tersebut meliputi :

– Kejang pada punggung dan otot terasa kencang.

– Payudara yang lebih berat.

– Sakit kepala.

– Jerawat bermunculan.

– Waktu tidur yang nggak normal.

– Gangguan pada mood.

– Bengkak-bengkak pada tubuh.

Klik chat

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Penyebab Menstruasi Tidak teratur dan pengertian menstruasiSiklus menstruasi yang nggak teratur adalah perubahan yang normal terjadi pada gadis remaja. Pada titik tertentu selama masa pertumbuhan, kamu akan menemukan siklusmu. Hal ini biasa terjadi tiga tahun setelah mestruasi pertama.

Bagaimanapun, remaja putri bisa mengalami siklus menstruasi yang nggak teratur atau stop mengalami menstruasi akibat efek pengobatan, aktivitas yang berlebihan, minimnya berat badan, atau nggak cukup mengonsumsi kalori.

Penyebab menstruasi tidak teratur diakibatkan tubuh mereka memproduksi terlalu banyak androgen, hormon yang menyebabkan peningkatan massa otot, rambut di wajah, perubahan suara pada laki-laki, dan meningkatkan berat badan pada perempuan. Jumlah androgen yang tinggi dapat juga menyebabkan pertumbuhan rambut pada wajah, dagu, dada, dan perut.

Penyebab menstruasi tidak teratur sebenarnya banyak sekali dan akan dijelaskan di lain kesempatan.

Solusi

Penyebab menstruasi tidak teratur dan pengertian menstruasiKondisi tubuh dan psikologis berperan penting dalam produksi dan kerja hormon estrogen, dan efeknya terhadap lebih cepat atau lambatnya siklus haid bisa berbeda-beda untuk tiap individunya.

Maka dari itu, tidak heran kalau siklus haid seorang wanita bisa berubah-ubah. Nah, sekarang, coba pikirkan baik-baik, apakah belakangan ini kamu terlalu lelah, apakah ada masalah rumit? Seperti yang kami sebutkan diatas, kelelahan fisik dan mental bisa mempengaruhi siklus haid.

Kamu harus menenangkan diri kamu, karena bisa jadi sebenarnya tidak ada sesuatu serius dengan ketidakteraturan haid kamu ini, mungkin hanya biasanya sekali ini saja. Kamu juga jangan dulu minum obat-obatan, INGAT! jangan biasakan mengatasi segala hal yang tidak “beres” pada tubuh kita dengan obat-obatan. Baiknya kamu boleh meminumnya kalau memang dianjurkan dokter.

Pola hidup sehat, cukupkan kebutuhan istirahat untuk tubuh dan pikiran, kurangi keletihan yang bisa mengundang rasa stres, dan perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin E (seperti kecambah) bisa membantu keseimbangan sistem tubuh, dan juga membantu siklus haid yang teratur untuk perempuan.

Jika menemui permasalahan tersebut atau jika siklus menstruasi nggak teratur terjadi lebih dari tiga tahun, temuilah dokter. Dokter kemungkinan akan memberikan pil hormon atau pengobatan lainnya atau rekomendasi untuk mengubah gaya hidup agar siklus menstruasi bisa teratur.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti yang diterangkan di atas, sebaiknya anda segera pergi ke dokter untuk memeriksakan diri anda, atau anda juga dapat berkunjung Klinik Utama Gracia karena di klinik kami terdapat dokter yang professional dan di dukung peralatan medis yang modern, atau bisa juga anda menghubungi konsultan kesehatan kami dengan klik tombol dibawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save

Save