pengobatan infeksi saluran kemihMungkin anda saat ini mengalami kesulitan dalam buang air kecil. Hal itu bisa terjadi akibat anda sering menahan buang air kecil. Penyakit ini secara umum dikenal dengan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Jika anda sudah terkena penyakit ISK, maka anda harus melakukan pengobatan infeksi saluran kemih.

Pengobatan saluran kemih merupakan salah satu cara agar penyakit yang menyerang organ kemih mengalami ketidaknormalan atau abnormal dapat disembuhkan. Kondisi ini biasanya menyerang beberapa organ saluran kemih seperti uretra, ginjal, ureter, dan kandung kemih mengalami infeksi.

Kondisi ini memang bisa menyerang siapa saja baik wanita maupun pria. Tetapi wanita akan lebih rentan terkena ISK dibandingkan dengan pria. Karena wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek daripada pria. Uretra adalah semacam organ yang menjadi penghubung untuk mengeluarkan kotoran ke luar tubuh.

ISK terjadi karena organ kemih terinfeksi oleh bakteri. Bakteri ini dikenal dengan E.Coli atau Eschericia Coli yang menjadi salah satu penyebab ISK. Bakteri ini timbul jika seseorang tidak melakukan pembersihan pada bagian anus usai buang air besar, dan juga tidak mencuci bersih penis atau kelamin ketika buang air kecil.

Bahkan kejadian yang baru ramai terjadi mengenai ISK yakni istri dari artis Indra Bekti, Aldilla Jelita yang harus melakukan operasi pengikatan mulut rahim akibat mengalami ISK. Nah untuk itu anda harus lebih mengetahui bagaimana gejala ISK dan pengobatan infeksi saluran kemih ini.

Gejala ISK

Selalu Ingin Kencing

Penderita ISK selalu ingin melakukan buang air kecil. Buang air kecil memang hal yang baik bagi tubuh, tetapi jika anda sedikit minum tetapi selalu ingin kencing bisa jadi anda sedang terkena ISK. Padahal air kencing yang keluar pun jumlahnya sedikit, meskipun sudah keluar tetapi masih terasa selalu ingin kencing.

Sakit Saat Kencing

Selain selalu ingin kencing, penderita ISK juga selalu sakit ketika ia buang air kecil. Rasa sakit akan hilang ketika anda usai kencing atau berkemih. Rasa sakitnya pun bisa seperti rasa sakit seperti terbakar, dan akan hilang setelah berkemih.

Ingin Kencing Ketika Malam hari

Anda juga akan selalu ingin melakukan kencing ketika malam hari. Bahkan anda akan mengalami hal ini ketika tertidur pulas, secara tiba-tiba terbangun hanya karena ingin buang air kecil. Tentunya ini sangat menganggu bukan.

Kencing berwarna merah

Jika sudah cukup parah, biasanya air kencing pun berubah seperti darah. Hal inilah yang biasanya membuat para penderita ISK ingin melakukan pemeriksaan ke dokter, meskipun hal ini tidak menjadi sebuah tanda bahwa anda mengalami ISK.

Bagaimana Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih bisa diobati dengan beberapa cara, baik melalui penanganan medis maupun dengan melakukan pengobatan sendiri di rumah. Caranya pun cukup mudah, anda bisa melakukannya sendiri.

Minum air yang banyak

Air yang dimaksud adalah air putih. Agar anda terhindar dari penyakit ini, maka disarankan anda untuk minum air yang banyak setiap hari. Minimal anda meminum air sebanyak delapan gelas air dalam setiap hari. Jika lebih dari itu maka akan lebih baik.

minuman jaheMinum jahe

Jahe menjadi obat herbal yang cukup efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah untuk mengobati ISK. Karena jahe memiliki kandungan yang bisa menghilangkan bakteri pada tubuh dan bakteri yang ada dalam ginjal.

Cuka Apel

Cuka apel sangat berkhasiat bagi orang yang mengalami ISK. Anda bisa mengkonsumsi cuka apel setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi cuka apel dengan mencampurnya bersama madu. Baiknya anda mengkonsumsi cuka apel setiap hari untuk mengobati ISK.

Kunyit

Salah satu obat yang cukup efektif dan mudah didapatkan dalam menyembuhkan ISK adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan yang cukup efektif untuk membasmi bakteri yang ada dalam tubuh. Bahkan kunyit bisa menjadi penangkal bakteri, dan jamur yang menyerang organ kemih anda.

cranberryCranberry

Salah satu bahan alami yang cukup efektif dalam menangani ISK adalah cranberry. Karena buah ini bisa meningkatkan keasaman pada tubuh, sehingga asam tersebut akan membasmi bakteri yang terdapat dalam tubuh.

Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya berkhasiat untuk kulit dan kecantikan. Lidah buaya yang di jus bisa menjadi antibiotik untuk penderita ISK. Karena kandungan lidah buaya akan membuat bakteri penyebab ISK untuk keluar. Minimal konsumsi jus lidah buaya dua kali dalam sehari untuk pengobatan Infeksi Saluran Kemih.

Itulah cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengobati ISK. Jika cara tersebut anda rasa belum begitu efektif. Maka anda bisa datang ke Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan tindakan medis dalam mengobati ISK anda.