vaginitis adalahVaginitis adalah peradangan pada vagina yang dapat menghasilkan debit, gatal dan nyeri. Penyebabnya biasanya perubahan keseimbangan normal bakteri vagina atau infeksi. Vaginitis juga dapat hasil dari tingkat estrogen berkurang setelah menopause.

Jenis yang paling umum dari Peradangan vagina adalah:

• Vaginosis bakteri, yang hasil dari pertumbuhan berlebih dari salah satu organisme biasanya hadir dalam vagina Anda.
  • Infeksi jamur, yang biasanya disebabkan oleh jamur alami yang disebut Candida albicans.
  • Trikomoniasis, yang disebabkan oleh parasit dan umumnya ditularkan melalui hubungan seksual.
  • Atrofi vagina (atrofi vaginitis), yang dihasilkan dari tingkat estrogen berkurang setelah menopause.

Pengobatan tergantung pada jenis infeksi vagina yang Anda miliki.

Gejala Vaginitis

Tanda-tanda anda terkena Infeksi vagina, yaitu:

gejala vaginitis

• Perubahan warna, bau atau jumlah cairan yang keluar dari vagina.
  • Gatal vagina atau iritasi.
  • Nyeri selama hubungan seksual.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Perdarahan pada  vagina atau bercak merah.

Ciri-ciri keputihan dapat menunjukkan jenis Infeksi vagina yang Anda miliki. Contoh yang termasuk adalah:

• Infeksi jamur: Gejala utama adalah gatal, vagina akan mengeluarkan cairan berwarna putih kental yang menyerupai gumpalan keju.
  • Trikomoniasis: Infeksi disebut trikomoniasis (trik-o-moe-NIE-uh-sis) vagina dapat mengeluarkan cairan berwarna kuning, terkadang juga mengeluarkan busa berwarna kehijauan.
  • Vaginosis bakteri: Anda dapat melihat  pada vagina putih keabu-abuan, mengeluarkan Bau yang busuk, dan akan tercium setelah hubungan seksual.

Penyebab Vaginitis

vaginitis penyebab
Penyebabnya terjadinya infeksi pada vagina itu tergantung pada jenis vaginitis yang Anda miliki.
berikut penjabaran penyebab – penyebab terjadinya infeksi pada vagina:

Vaginosis Bakteri

vaginosis bakteri terjadi akibat dari pertumbuhan berlebih dari salah satu organisme,  biasanya hadir dalam vagina Anda. Biasanya pertumbuhan itu terjadi pada bakteri “baik” (lactobacilli) yang melebihi jumlah  bakteri “buruk” (anaerob) dalam vagina Anda. Tetapi jika bakteri anaerob menjadi terlalu banyak, mereka mengganggu keseimbangan, menyebabkan vaginosis bakteri.

Infeksi Ragi

Infeksi ragi terjadi ketika ada pertumbuhan berlebih dari organisme jamur “biasanya C.albicans” dalam vagina Anda. C. albicans juga menyebabkan infeksi di daerah lembab lain dari tubuh Anda, seperti di mulut Anda (thrush).

Trichomoniasis

Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual umum yang disebabkan oleh mikroskopis, parasit bersel satu. Pada pria, organisme biasanya menginfeksi saluran kencing, tetapi sering tidak menimbulkan gejala. Pada wanita, trikomoniasis biasanya menginfeksi vagina, dan biasanya menyebabkan gejala.

Vaginitis Tidak Menular

Semprotan Pembersih vagina, pewangi vagina, dll, dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi vulva dan jaringan vagina dan Penipisan lapisan vagina,yang diakibatkan dari penurunan kadar hormon seperti menopause atau operasi pengangkatan indung telur Anda.

vaginitis

Faktor-faktor yang meningkatkan resiko terkena Infeksi meliputi:

• Perubahan hormon, seperti yang terkait dengan kehamilan, pil KB atau menopause
    aktivitas seksual.
  • Memiliki infeksi menular seksual.
  • Obat-obatan, seperti antibiotik dan steroid.
  • Diabetes yang tidak terkontrol.
  • Penggunaan produk kebersihan seperti semprotan vagina atau deodoran vagina.
  • Mengenakan lembab atau ketat pakaian.
  • Menggunakan alat kontrasepsi (IUD) untuk pengendalian kelahiran.

Komplikasi

Umumnya, infeksi vagina tidak menyebabkan komplikasi serius Pada wanita hamil, namun, vaginosis bakteri gejala dan trikomoniasis telah dikaitkan dengan kelahiran prematur dan bayi dengan berat badan lahir rendah. Wanita dengan trikomoniasis atau vaginosis bakteri juga pada risiko yang lebih besar tertular HIV dan infeksi menular seksual lainnya.

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap sebaiknya langsung konsultasi ke dokter masalah Kesehatan anda, atau bisa kunjungi langsung Klinik Utama Gracia, anda bisa bertemu langsung dengan dokter kami dan konsultasi, kami mempunyai staff dokter yang profesional, berpengalaman dan didukung dengan alat-alat yang modern dan canggih, bisa juga hubungi konsultan online kami dengan klik tombol dibawah ini.