penyakit pada sistem reproduksiPenjelasan Penyakit Pada Sistem Reproduksi

Penyakit pada sistem reproduksi manusia dialalmi dan disebabkab oleh berbagai faktor. Ada yang dari luar ada pula yang dari dalam. yang dari luar misalanya karena masuknya bakteri atau virus.

AIDS

penyakit pada sistem reproduksi

AIDS kepanjangan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency syndrome Penyakit AIDS disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga penderita AIDS menjadi rentan terhadap berbagai infeksi. Penyakit Flu bisa membuat penderita AIDS meninggal.

Kanker Payudara

penyakit pada sistem reproduksiKanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 diantara 1000. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

Vulvovaginitis

penyakit pada sistem reproduksiVulvovaginitis adalah peradangan pada vulva dan vagina yang sering menimbulkan gejala keputihan (flour albus) yaitu keluarnya cairan putih kehijauan dari vagina. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Gardnertella vaginalis. Dapat pula disebabkan oleh protozoa, misalnya Trichomonas vaginalis atau oleh jamur Candida albicans.

Impotensi

penyakit pada sistem reproduksiImpotensi adalah ketidakmampuan mempertahankan ereksi penis. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain gangguan produksi hormon testosterone, kelainan psikis, penyakit diabetes mellitus, kecanduan alkohol, obat-obatan, dan gangguan sistem saraf.

Gonorhea

penyakit pada sistem reproduksiGonorhea merupakan penyakit infeksi akut yang menyerang selaput lendir pada uretra, serviks, rectum, sendi, tulang, faring, dan mata. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gonorea yang ditularkan dari ibu ke anaknya saat kelahiran dapat menyebabkan kebutaan. Bakteri Neisseria mudah bermutasi sehingga resisten terhadap antibiotic. Oleh karena itu penyakit ini harus segera ditangani. Gejalanya rasa sakit saat buang air kecil dan kelurnya nanah berwarna kuning kehijauan dari uretra.

Hipertropik Prostat

penyakit pada sistem reproduksiHipertropik Prostat adalah pembesaran prostat yang terjadi pada pria berusia 50 tahun. Penyakit ini diduga berhubungan dengan penuaan dan proses perubahan hormone. Gejalanya adalah rasa ingin kencing terus menerus. Hipertropik prostat Dapat diobati dengan operasi.

Prostatitis

penyakit pada sistem reproduksiProstatitis adalah peradangan pada prostat yang sering disertai dengan peradangan uretra. Gejalanya berupa pembengkakan yang dapat menyumbat uretra sehingga timbul rasa nyeri dan sulit buang air kecil.

Infertilitas

penyakit pada sistem reproduksiInfertilitas adalah ketidakmampuan menghasilkan keturunan atau mandul. Mandul bisa terjadi pada pria atau wanita. Penyebab dari infertilitas salah satunya adalah kurang terjaganya pola hidup sehat, sehingga mempengaruhi kesuburan.

Kanker Serviks

penyakit pada sistem reproduksiKanker serviks adalah kanker leher rahim yang ganas, yang dapat menyebabkan kematian. yang disebabkan oleh berkembangnya sel-sel abnormal, dan menyebar ke leher rahim.

Penjelasan penyakit – penyakit pada sistem reproduksi di atas, dapat diambil pelajaran mengenai nama-nama penyakitnya, sehingga anda dapat mengenali penyakit-penyakit yang ada di dalam sistem reproduksi dan dapat mengantisipasi gejala-gejala yang muncul akibat dari penyakit tersebut.

Klinik Utama Gracia menyediakan layanan konsultasi online, yang dapat melayani berbagai macam keluhan tentang penyakit-penyakit pada sistem reproduksi. Untuk memulai layanan silahkan klik tombol dibawah ini.