pasangan sehatPenyakit raja singa adalah kata lain dari penyakit sifilis, merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri yang bernama treponema pallidum, bentuk bakteri ini seperti spiral yang berwarna putih, sering disebut juga spirochaeta pallida. Raja singa sering terkena pada pria yang sering melakukan hubungan seksual dengan cara berganti-ganti pasangan. Raja singa menginfeksi pada bagian tubuh anda seperti mulut, alat kelamin, serta sistem syaraf.

Penyakit jenis ini jika dideteksi lebih awal dapat diobati dengan cepat, namun jika dibiarkan lebih lama maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda, karena dapat menyebar ke bagian otak dan juga dapat menginfeksi bagian jantung. Segera hubungi dokter jika anda mengalami seperti keluarnya cairan yang tidak biasa atau terasa sakit pada bagian selangkangan, bisa saja anda terkena raja singa.

Tahapan Penyakit Raja Singa

Penyakit ini mempunyai tiga tahap kemunculan berikut penjelasannya.

Tahap pertama, raja singa atau sifilis akan muncul setelah 2-4 minggu terpapar, tandanya dengan muncul ulkus atau luka yang tidak terasa sakit. Luka ini akan muncul pada bagian tubuh yang pertama kali terinfeksi bakteri. Gejala ini akan sembuh tanpa pengobatan dalam jarak waktu 1 sampai 4 minggu.

Tahap kedua, tahap kedua akan muncul jika pada saat tahap pertama sifilis tidak diobati, gejala akan muncul setelah 2 – 3 bulan sejak gejala tahap pertama muncul. Tanda-tanda kemunculannya berupa, demam, sakit kepala, nyeri sendi, muncul ruam, serta kelelahan.

Tahap ketiga, tahap yang terakhir ini sangat mengerikan karena anda tidak akan menyadarinya sama sekali, tahap ketiga ini dapat muncul 10 sampai 40 tahun setelah infeksi awal, tanda-tandanya sangat mengerikan, seperti kerusakan pada otak dan jantung, daya ingat akan menurun, mengalami kelumpuhan serta akan mengalami gangguan pada keseimbangan tubuh.

Penyebab

Penyebab utama penyakit ini adalah bakteri treponema pallidum. Bakteri ini masuk dengan cara berhubungan seksual, bersentuhan dengan luka sipilis orang lain. Penyebab secara umum:

• Ibu yang terkena sifilis menularkan kepada bayinya.
  • Penggunaan jarum suntik yang telah dipakai orang yang terkena sifilis.
  • Transfusi darah dengan menggunakan darah orang yang terkena raja singa (kecil kemungkinan).
  • Berhubungan seksual dengan orang yang mempunyai raja singa.

Diagnosis dan Pengobatan

penyakit raja singa

Untuk mendiagnosis penyakit raja singa, dokter akan memeriksa sejarah penyakit kelamin yang pernah dialami, dan akan melakukan pemeriksaan fisik, seperti pemeriksaan organ seks, mulut dan anus.

Dokter juga akan melakukan tes darah, untuk mengetahui sejak kapan bakteri yang berkembang di dalam tubuh, dan apakah masih terdapat antibodi yang berfungsi melawan bakteri treponema pallidum dalam darah.

Untuk masalah pengobatannya dokter akan memberikan suntikan penisilin, suntikan ini berfungsi untuk menghentikan perkembangan penyakit, untuk yang terinfeksi raja singa lebih dari satu tahun, maka pengobatan dengan cara penggunaan penisilin akan ditambah dosis dan di lakukan lebih dari 14 hari.