penyakit sipilis pada wanitaSipilis pada wanita juga dapat terjadi, dan penyakit ini merupakan penyakit menular seksual yang biasa disebut penyakit raja singa. Penyakit ini dapat menjangkiti siapa saja, wanita maupun pria. Penyebaran penyakit sipilis pada wanita melalui kontak fisik seperti hubungan seksual. Luka yang disebabkan sifilis kadang terlihat dipermukaan kulit tapi bisa juga tumbuh dibagian dalam vagina, uretra bahkan di dalam anus. Penyakit ini juga dapat ditularkan melalui ibu ke bayi yang dilahirkan.

Penyakit sipilis pada wanita disebabkan oleh bakteri treponema pallidum yang bersifat kronis serta menahun. Trepanoma pallidum berbentuk spiral, negatif-Gram dengan panjang rata-rata 11 um (antara 6-20 um) dengan diameter antara 0,09 s/d 0,18 um.

Bakteri ini dapat masuk atau menginfeksi tubuh manusia melalui selaput lendir seperti vagina, mulut. Dalam beberapa jam, bakteri akan sampai ke kelenjar getah bening terdekat, kemudian menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Penyakit ini berkembang dalam empat tahap, setiap tahapan penyakit sipilis selalu berurutan, empat tahap tersebut adalah, tahap primer, sekunder, laten, tersier dan sifilis kongenital yaitu sifilis yang ditularkan melalui ibu hamil pada bayi yang dilahirkan.

Ciri-ciri Penyakit Sipilis Pada Wanita

pada wanita

Pada wanita, penyakit ini tidak menunjukkan gejala yang jelas atau bahkan tidak mengalami keluhan sama sekali, sehingga wanita mudah menjadi sumber penularan komplikasi berupa membengkaknya kelenjar Bartholin sehingga penderita susah berjalan. Sipilis yang parah dapat menyebabkan kemandulan, jika sipilis ke rongga perut menyebabkan radang di perut dan usus.

Selain itu baik pada wanita atau pria dapat terjadi infeksi sistemik (seluruh tubuh) ke sendi, jantung, selaput otak dan lain-lain. Pada ibu hamil, bila tidak diobati, saat melahirkan mata bayi dapat terinfeksi, bila tidak cepat ditangani dapat menyebabkan kebutaan.

Ciri-ciri akan muncul setelah tiga sampai enam minggu setelah berhubungan seksual dengan penderita sipilis. Umumnya sipilis ditandai dengan ciri-ciri seperti berikut:

• Adanya Lecet, luka kecil (kadang ada yang tidak terasa sakit) yang disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Rasa nyeri ketika kencing atau saat berhubungan seksual.
  • Keluarnya cairan yang tidak normal dari saluran kencing dan atau liang senggama (Keputihan yang banyak, berbau amis, berwarna putih kehijauan).
  • Rasa gatal di alat kelamin atau sekitarnya.
  • Adanya perubahan warna kulit dan mata.

Pencegahan Sipilis Pada Wanita

sipilis pada wanita

Sipilis yang tumbuh pada wanita sebenarnya bisa dicegah penularannya, seperti:

• Hindari berhubungan seksual dengan orang yang baru anda kenal.
  • hindari konsumsi obat-obat terlarang dan alkohol.
  • Jagalah pola hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap terjaga.
  • Gunakanlah kondom saat berhubungan seksual dengan pasangan anda.
  • Jagalah kebersihan area kewanitaan anda.

Lakukanlah pemeriksaan secara rutin mengenai kesehatan alat kelamin anda, karena penyakit sipilis yang timbul pada wanita terkadang tidak menimbulkan gejala, bahkan ruam tidak terlihat karena sipilis dapat tumbuh di dalam vagina, dan anus.

Dengan pemeriksaan secara rutin, anda dapat mengetahui apakah anda terbebas dari penyakit menular seksual dan anda juga dapat mengantisipasi sedari awal jika anda tertular penyakit sipilis.