counter

dampak bab berdarahBuang air besar berdarah bisa saja menjadi hal yang paling mengerikan apalagi jika Anda baru mengalaminya dan melihatnya pertama kali ketika Anda buang air besar dan ada baiknya jika Anda mengalami hal tersebut segeralah konsultasi kepada dokter Anda.

Buang air besar berdarah adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh perdarahan di saluran pencernaan biasanya seseorang yang mengalami BAB keluar darah akan mengeluarkan tinja yang berdarah ketika sudah buang air besar.

Namun, meskipun buang air besar sangat mengerikan akan tetapi hal tersebut bisa disembuhkan dan apabila Anda mengalami berbagai macam penyebab BAB keluar darah dibawah ini maka segeralah konsultasikan kepada dokter Anda.

Apakah Penyebab BAB Keluar Darah?

Buang air keluar darah atau istilah medisnya hematochezia mengacu pada keluarnya darah merah di bagian anus dan sering dicampur dengan tinja. Kebanyakan perdarahan berasal dari usus besar, rektum, atau anus dan berikut dibawah ini Kami akan menjelaskan berbagai macam penyebab yang bisa menyebabkan BAB keluar darah diantaranya sebagai berikut:

Wasir

Tahukah Anda bahwa mungkin wasir adalah penyebab yang paling umum dan sering mengakibatkan hal tersebut, dan biasanya darah akan terlihat di saluran pencernaan yang lebih rendah, terutama darah yang muncul akan berwarna merah cerah.

Polip Usus Besar

Penyebab BAB keluar darah selanjutnya adalah karena polip usus besar merupakan pertumbuhan yang bisa terjadi di usus besar, bahkan beberapa polip bisa berubah menjadi kanker dari waktu ke waktu, sehingga kanker kolorektal dapat menyebabkan perdarahan ketika Anda buang air besar.

Penyakit Crohn

Penyebab lainnya yaitu penyakit Crohn adalah kondisi yang menyebabkan peradangan dan dapat mengakibatkan pendarahan dubur pada saluran pencernaan di GI (gastrointestinal) saluran (usus).

Apa penyebab dari penyakit Crohn? Para ahli tidak sepenuhnya yakin, namun kebanyakan ahli setuju bahwa sistem kekebalan tubuh orang dengan penyakit Crohn adalah penyebabnya.

Klik chat

Anal Fissures

Anal fissures adalah robekan pada lapisan anus bagian dalam sehingga ketika feses Anda keluar maka darah juga ikut keluar dan biasanya disertai rasa sakit atau panas ketika buang air besar.

Kondisi umum dari anus dan lubang anus ini bertanggung jawab untuk 6% sampai 15% dari kunjungan ke usus besar dan rektum menurut ahli bedah dan bisa mempengaruhi baik pada pria maupun pada wanita dan paling umum menyerang dubur pada bayi.

Diet Rendah Serat

Jika Anda seseorang yang tidak mencukupi kebutuhan serat harian maka Anda harus merubah kebiasaan buruk itu mulai dari sekarang juga karena tanpa adanya serat yang memadai di dalam tubuh maka proses pembuangan tinja akan tersendat dan tidak lancar sehingga tinja yang keluar akan keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Anda bisa mengkonsumsi berbagai macam berserat tinggi seperti buah-buahan, sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, oatmeal dll dan juga jangan lupa cukupi kebutuhan minum Anda.

timbunan lemakTimbunan Lemak yang Berlebihan

Diketahui timbunan lemak yang berlebihan pada seseorang yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) dapat memicu terjadinya pendarahan ketika buang air besar.

Hal itu disebabkan karena lemak dapat menghambat kelancaran tinja untuk dikeluarkan secara normal sehingga desakan dan penyumbatan lemak berlebih dapat mengiritasi dinding anus yang akhirnya menyebabkan.

Anal Seks

Jika Anda sering melakukan anal seks dengan pasangan Anda maka ada baiknya stop kebiasaan buruk ini dari sekarang juga karena dapat menjadi penyebab terbesar dari wasir dan buang air besar disertai dengan keluarnya darah merah segar.

Bahkan parahnya lagi seks anal ini cenderung meninggalkan luka dan peradangan di sekitar dinding anus dan mengakibatkan jutaan bakteri yang ada di dalamnya menyerang anus dan akhirnya biasa menumbuhkan sel kanker sehingga menyebabkan kanker anus.

Itulah tadi berbagai macam penyebab buang air besar keluar darah yang perlu Anda waspadai dan misalkan Anda mengalami beberapa gejala seperti di atas maka ada baiknya Anda segera konsultasikan kepada dokter Anda.

Klik chat