penyebab buang air besar berdarahBuang air besar berdarah adalah penyakit yang sering terjadi pada seseorang, penyakit ini cukup umum, dan dapat menimpa siapa saja, pria, wanita, dewasa maupun anak-anak dapat terkena. Terdapat banyak sekali penyebab buang air besar berdarah salah satunya adalah, terkelupasnya kulit anus, sehingga menyebabkan pendarahan ketika buang air besar.

Namun yang perlu anda ketahui, tidak semua BABĀ (buang air besar) berdarah itu berdampak berbahaya, maka dari itu ketika anda mengalami BAB (buang air besar) berdarah, segeralah periksakan diri anda ke dokter, agar dapat diketahui penyebab dari BAB berdarah. Di dalam artikel kami kali ini akan kami rangkum mengenai penyebab buang air besar berdarah, bertujuan untuk mencegah penyakit-penyakit sejak dini.

Penyebab Buang Air Besar Berdarah

buang air besar berdarah

Penyebab yang mendasari BAB berdarah banyak sekali dan tergantung dengan hasil diagnosis dari dokter. Dokter terkadang mendiagnosis berdasarkan warna tinja (kotoran) yang anda keluarkan, dengan memeriksa tinja ini, dokter dapat menentukan pendarahan berdasar dari pencernaan bagian mana. Masih banyak lagi penyebab BAB berdarah yang perlu anda ketahui. Berikut akan kami jelaskan satu persatu.

• Kanker Saluran Cerna

Penyakit ini adalah salah satu penyebab buang air besar mengeluarkan darah, dan penyakit ini banyak dialami oleh orang tua. Penyakit kanker saluran cerna ini dapat dipicu oleh kondisi medis yang lain, kondisi medis seperti peradangan saluran cerna atau factor lingkungan juga dapat menjadi pemicu lainnya, seperti mengkonsumsi lemak hewan yang terlalu tinggi serta gaya hidup sehat yang tidak terkontrol, seperti merokok.

Jenis kanker saluran cerna yang sering ditemui adalah, kanker kolorektal (usus besar dan rectum), jika anda mengalami ini, maka anda akan mengalami gejala-gejala yang bertahap, yang dimulai dengan gejala yang tidak dapat dilihat hingga gejala seperti keluarnya darah dari anus.

• Wasir

Penyakit wasir atau lebih dikenal dengan sebutan ambeien, merupakan salah satu penyebab BAB berdarah. Cirri-ciri ambeien adalah, keluarnya darah merah terang yang menetes setelah tinja keluar dari anus. Wasir dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ketika anda duduk terlalu lama, dan akan terdapat benjolan di dinding anus.

• Divertikulistis

Kantung-kantung lemah yang terbentuk pada usus besar atau usus kecil. Yang menyebabkan beberapa peningkatan tekanan di dalam usus dan menyebabkan pendarahan divertikular. Untuk mencegah penyakit ini cukup dengan cara memakan makanan yang kaya akan serat.

• Maag

Maag disini merupakan maag yang kronis, maag kronis dapat menyebabkan pendarahan pada lambung dan usus duabelas jari, sehingga menyebabkan buang air besar mengeluarkan darah. Cirri-ciri tinja yang berdarah akibat maag adalah berwarna merah gelap yang bercampur tinja. Maag yang kronis juga menyebabkan peradangan pada lapisan lambung sehingga BAB berdarah.

• Kanker Usus

Kanker usus dapat terjadi pada seseorang di usia 40 tahun ke atas. Untuk usia tua lebih beresiko terkena kanker usus. Pada beberapa kasus kanker usus merupakan penyebab utama BAB berdarah. Untuk penyakit ini dokter biasanya melakukan tes carcinoembryonic antigen untuk menghilangkan feses yang berdarah karena selain kanker usus.

• Peradangan Saluran Cerna

Penyakit ini berbeda dengan infeksi pada saluran cerna, yang mana infeksi saluran cerna disebabkan oleh kuman. Sedangkan peradangan saluran cerna disebabkan oleh proses imun yang terganggu. Kondisi seperti ini merupakan peradangan kronis yang dapat terjadi pada usus dengan faktor genetik yang lebih dominan.

Factor genetic memiliki banyak pengaruh pada kondisi medis seperti ini, seperti melumpuhkan imun, mengganggu pertahanan lapisan saluran cerna, hingga usus mudah terinfeksi bakteri atau kuman, dan yang lebih berbahayanya adalah, tubuh kehilangan kendali untuk menyerap sari-sari makanan.

Demikianlah artikel kami mengenai penyebab buang air besar berdarah, jika anda mengalami penyakit ini sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan secara medis, agar secepatnya dapat diketahui penyebab pasti dari BAB berdarah, sehingga mudah diatasi.

Datanglah ke klinik kami, Klinik Utama Gracia, klinik kami menawarkan pelayanan medis seperti Andrologi, Ginekologi, Penyakit Kelamin, Wasir.

Untuk Konsultasi Medis Online klik banner di bawah ini.