keputihan tidak normal

Keputihan tidak normal bisa dialami oleh setiap wanita. Namun hal ini tentunya harus diwaspadai, karena terkait dengan kesehatan organ intim. Keputihan ini disebut juga keputihan abnormal atau keputihan patologis yang dapat diketahui dari ciri keputihan yang terjadi. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah penjelasan mengenai penyebab, dan juga ciri keputihan yang tidak normal.

Penyebab Keputihan Tidak Normal

1. Infeksi Jamur

Keputihan yang tidak normal dapat terjadi bila adanya infeksi jamur pada organ kewanitaan. Umumnya jamur yang sering menimbulkan permasalahan keputihan ini adalah jamur candida.

2. Infeksi Bakteri

Di vagina sebenarnya terdapat bakteri baik yang akan menjaga area tersebut dari infeksi bakteri jahat. Namun seringkali keseimbangan pH rusak karena penggunaan produk tertentu pada vagina, sehingga jumlah bakteri baik kalah dengan bakteri jahat. Ketidakseimbangan bakteri ini disebut sebagai vaginosis bakteri. Hal ini akan membuat wanita mengalami keputihan abnormal.

3. Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore, bisa membuat wanita mengalami keputihan abnormal.

Ciri Keputihan Tidak Normal

1. Kondisi Keputihan

Penyebab keputihan yang tidak normal umumnya dapat dibedakan berdasar kondisi keputihan. Keputihan karena infeksi bakteri, maka akan memiliki ciri berwarna putih atau keabuan, jumlahnya banyak, lengket, dan terdapat lapisan keputihan pada dinding vagina. Keputihan karena infeksi jamur akan memiliki ciri kental, berwarna kekuningan, dan akan semakin bertambah jumlahnya bila infeksi sudah parah. Sedangkan keputihan karena infeksi parasit, akan memiliki ciri berwarna kekuningan atau kehijauan, lengket, dan terlihat berbuih.

2. Bau Keputihan

Normalnya, keputihan tidak akan mengeluarkan bau. Namun keputihan yang tidak normal akan mengeluarkan bau yang cenderung tidak sedap. Keputihan akan berbau amis karena infeksi bakteri, berbau busuk karena infeksi parasit, dan cenderung tidak berbau bila terjadi infeksi jamur.

keputihan tidak normal

3. Gejala Yang Menyertai

Anda juga harus memperhatikan gejala yang menyertai keputihan yang Anda alami. Keputihan karena infeksi bakteri akan disertai gatal, dan membuat wanita cenderung menggaruk dan dapat menyebabkan iritasi. Keputihan karena infeksi jamur, akan membuat wanita merasakan sensasi panas pada bagian vagina. Sedangkan keputihan karena parasit tidak menunjukkan gejala yang menyertai ketika awal infeksi. Berbeda bila infeksi semakin parah, maka gejala yang menyertai bisa saja gatal, nyeri buang air kecil, dan juga nyeri ketika melakukan hubungan seksual.

Komplikasi Keputihan Tidak Normal

Keberadaan keputihan ini harus Anda waspadai, dan bila terjadi, maka Anda harus segera melakukan penanganan yang sesuai dengan penyebab keputihan yang Anda alami. Untuk mengetahui penyebabnya, maka diperlukan pemeriksaan oleh dokter.

Bila tidak ditangani atau diobati dengan tepat, maka keputihan abnormal ini bisa menyebabkan terjadinya komplikasi-komplikasi berikut:

1. Penyakit radang panggul. Umumnya penyakit ini terjadi karena infeksi vagina yang sudah menyebar hingga ke atas. Gejalanya adalah nyeri saat ditekan, nyeri kronis pada panggul atau perut bagian bawah, dan juga demam.
  2. Infertilitas. Hal ini akan sangat mungkin terjadi akibat komplikasi lanjut dari penyakit radang panggul.
  3. Kehamilan ektopik. Wanita bisa mengalami kehamilan di luar rahim.

Jangan anggap remeh keputihan abnormal yang Anda alami, karena komplikasi yang dapat terjadi sangat merugikan Anda sebagai wanita. segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan pada dokter di Klinik Utama Gracia, agar permasalahan ini dapat diatasi dengan cepat.

Anda juga bisa melakukan konsultasi online terlebih dulu pada staf medis Klinik Utama Gracia. Semoga bermanfaat.