counter

tanda tanda selaput dara robek

Sampai saat ini, keperawanan wanita masih diidentikkan dengan keutuhan selaput dara. Hal ini dikarenakan, selaput dara yang merentang pada bukaan vagina bagian dalam merupakan membran tipis yang akan rusak atau robek saat terjadi penetrasi ketika melakukan hubungan seksual. Namun adakah tanda tanda selaput dara robek yang bisa membuktikan bahwa lapisan tipis tersebut sudah robek atau belum.

Sebelumnya, para wanita harus mengetahui, bahwa selaput dara juga bisa robek karena aktivitas lain, walaupun wanita sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual. Ada beberapa penyebab robeknya selaput dara berikut ini, beserta dengan tanda tanda selaput dara robek.

Penyebab Robeknya Selaput Dara

1. Melakukan Pemeriksaan Organ Kewanitaan

Pemeriksaan pada organ kewanitaan biasanya dibutuhkan untuk mengetahui kondisi bagian tersebut. Dan seringkali, pemeriksaan ini menggunakan peralatan medis yang akan dimasukkan ke dalam organ intim, ataupun yang digunakan untuk membuka bagian tersebut. Hal ini cenderung akan membuat selaput dara menjadi robek, terlebih bila alat medis tersebut mengenai area selaput dara.

2. Berkuda dan Bersepeda

Saat melakukan aktivitas berkuda ataupun bersepeda, maka kaki diregangkan, dan juga membutuhkan banyak gerakan kaki. Begitupun dengan aktivitas lain yang mengharuskan seseorang untuk banyak menggerakkan kaki. Hal ini dapat mempengaruhi selaput dara, dan membuatnya robek.
Klik chat

3. Cidera atau Kecelakaan

Kecelakaan yang terjadi saat anak-anak ataupun remaja, dan membuat terjadinya cidera pada bagian kewanitaan, maka dapat mempengaruhi keutuhan selaput dara. Karena bisa saja selaput dara menjadi mengalami kerusakan karena cidera yang terjadi.

4. Masturbasi

Bukan hanya pria, namun wanita pun pasti ada yang pernah melakukan masturbasi. Pada wanita, masturbasi dilakukan dengan memasukkan jari atau benda lain ke dalam vagina. Hal ni cenderung akan membuat terjadinya kerusakan pada selaput dara.

5. Melakukan Latihan yang Berat

Beberapa wanita sering melakukan latihan peregangan yang cenderung ekstrim seperti misalnya split. Pada saat melakukan aktivitas ini, maka kaki akan diregangkan dengan lebar, dan bisa membuat selaput dara robek.

tanda tanda selaput dara robek

Tanda Tanda Selaput Dara Robek

Karena selaput dara merupakan membran yang berada di bagian dalam vagina, hal ini membuat banyak orang mempercayai bahwa ketika selaput dara robek, maka akan terjadi sedikit pendarahan. Itulah mengapa, orang-orang berpendapat bahwa wanita yang masih perawan, ketika pertama kali melakukan hubungan seksual akan mengalami sedikit pendarahan, yang menjadi tanda bahwa selaput dara yang dimilikinya sebelumnya masih utuh, dan robek saat terjadi penetrasi.

Namun tidak semua wanita perawan ketika pertama kali melakukan hubungan seksual akan mengalami pendarahan. Yang berarti, tidak semua wanita yang tidak mengalami pendarahan, bisa dikatakan sudah tidak perawan sebelumnya. Karena wanita cenderung memiliki ukuran, bentuk dan ketebalan yang berbeda. Adapula yang memiliki selaput dara lebih elastis, sehingga ketika penetrasi terjadi maka selaput dara tidak robek.

Pendarahan pun tidak bisa menjadi tanda tanda selaput dara robek, karena hal ini bisa terjadi bisa juga tidak. Dan bisa pula karena selaput dara sudah robek karena aktivitas lain walaupun bukan melakukan hubungan seksual.

Namun masih saja banyak orang yang percaya bahwa selaput dara, berdarah saat pertama melakukan hubungan seksual, dengan keperawanan, adalah hal yang berkaitan. Hal ini membuat wanita memilih untuk melakukan operasi keperawanan untuk mengembalikan keutuhan selaput dara yang dimilikinya. Operasi yang juga disebut operasi selaput dara ini juga dipercaya dapat menambah kenikmatan saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Untuk berkonsultasi atau bertanya terkait operasi selaput dara, Anda bisa menghubungi staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online.
Klik chat