counter

penyebab haid tidak berhentiMenstruasi merupakan salah satu hal yang selalu terjadi pada setiap wanita. Siklusnya menstruasi atau haid terjadi setiap 28-35 hari setiap bulannya. Tetapi ada haid tidak berhenti-henti dalam waktu yang lama, berarti anda mengalami masalah. Penyebab haid tidak berhenti biasanya dipengaruhi oleh berbagai hal.

Tentunya setiap wanita yang mengalami hal ini akan merasa panik dan tidak tenang. Menstruasi yang terjadi melebihi waktu normal adanya masalah pada organ reproduksi anda. Karena siklus normal wanita mengalami haid adalah 3-7 hari setiap bulannya.

Apabila anda mengalami hal ini dalam waktu yang cukup lama, dan melebihi dari tujuh hari bahkan hingga selama satu bulan. Maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis kandungan. Karena jika anda tidak melakukan pemeriksaan, ditakuti anda mengalami anemia (kekurangan darah).

Kondisi seperti ini dikenal dalam dunia medis dengan sebutan menorhoggia. Menorhoggia merupakan terjadinya menstruasi secara terus menerus, lebih dari tujuh hari. Dan menggeluarkan darah yang cukup banyak. Hal ini sangat menganggu anda. Adapun beberapa penyebab haid tidak berhenti sebagai berikut:

Kadar Hormon

Setiap menstruasi yang terjadi sangat dipengaruhi oleh kadar hormonal dalam tubuh seorang wanita. Jika kadar hormon dalam tubuh berlebihan, maka hal itu bisa mempengaruhi kondisi menstruasi yang berlebihan dan berkepanjangan. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengkonsumsi pil KB

Polip Serviks

Polip serviks memang sangat sering dialami oleh wanita. Banyak wanita yang sering mengalami polip serviks. Polip bisa timbul dengan semacam sel pada dinding rahim dan akan mempengaruhi kondisi menstruasi. Salah satu hal yang menyebabkan menstruasi secara berlebihan adalah munculnya polip serviks.

Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh pada mulut rahim. Mulut rahim ini berada sebagai jalur masuk dari vagina menuju rahim. Jika anda memiliki kanker serviks maka hal itu bisa mempengaruhi kondisi mentruasi yang anda alami. Penyebab dari kanker ini adalah pertumbuhan virus human papillomavirus (HPV) yang ada pada rahim.

Klik chat

Radang Panggul

Radang panggul sendiri sebenarnya bisa menyerang wanita usia 15-24 tahun. Biasanya menyerang bagian tuba fallopi, ovarium, dinding rahim, dan bagian organ reproduksi lainnya pada wanita. Banyak wanita yang tidak mengetahui jika mereka sudah memiliki radang panggul. Segeralah periksa ke dokter kandungan, jika anda menemukan gejala sakit pada panggul dan nyeri pada bagian perut bawah.

Gangguan Tiroid

Apabila anda mengalami masalah tiroid yang sudah cukup parah, hal itu akan mempengaruhi timbulnya menstruasi secara berlebihan. Gejala tiroid akan mempengaruhi kadar hormon yang ada pada wanita dan menjadi salah satu penyebab haid berkepanjangan.

Gangguan Pendarahan

Ada wanita yang memiliki masalah pendarahan pada tubuhnya. Apabila hal ini terjadi, maka pendarahan bisa menyebabkan menstruasi dalam waktu yang cukup panjang dan tidak seperti waktu normal menstruasi pada umumnya.

Gangguan Pembekuan Darah

Gangguan pemebekuan darah juga mempengaruhi seseorang mengalami kondisi menstruasi berkepanjangan. Dalam dunia medis istilah ini disebut dengan trombofilia. Hal ini terjadi karena pembekuan darah secara berlebihan dan dapat sangat menganggu jiwa.

Tujuh hal tersebut menjadi salah satu penyebab haid tidak berhenti dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, anda lebih baik untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan atau kebidanan untuk mengetahui penyebab lebih jelas mengapa menstruasi anda mengalami waktu yang cukup lama.

Ketika sudah melakukan pemeriksaan, maka akan diketahui pengobatan apa yang akan dilakukan untuk menyembuhkan masalah anda. Dan anda bisa kembali merasakan haid dengan normal tanpa menemukan gejala apapun.

Klik chat