counter

penyebab haid tidak teratur pada wanitaHaid tidak teratur merupakan periode haid yang selalu berubah setiap bulannya. Periode haid berlangsung selama 21-35 hari jika lebih atau kurang dari 21-35 hari, maka haid anda tergolong tidak teratur, di dalam artikel kami kali ini akan membahas mengenai penyebab haid tidak teratur. Dengan adanya artikel ini anda dapat memahami penyebab yang mengganggu menstruasi atau haid yang secara alami.

Selain karena kehamilan, Beberapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur, adapun penyebab haid tidak teratur bermacam-macam. Ada yang disebabkan oleh gangguan hormon yang normal biasa terjadi pada wanita, dan ada juga yang terjadi dikarenakan penyakit tertentu yang cukup serius.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Untuk wanita yang mempunyai program hamil sangat diperlukan haid yang teratur karena bisa memantau sistem ovulasi, jika haid tidak teratur maka sangat sulit untuk mempunyai program hamil, berikut akan kami jelaskan mengenai penyebab haid tidak teratur pada wanita.

Stres

Stres menjadi faktor utama penyebab gangguan menstruasi yang tidak teratur, itu semua disebabkan karena pada salah satu bagian otak sangat terpengaruh jika anda stres. Bagian tersebut adalah Hypothalamus, bagian ini adalah tempat tersimpannya hormon yang mengatur periode menstruasi. Jadi jika stres terjadi maka kinerja bagian ini sangat terganggu sehingga produksi hormon pada wanita menjadi tidak seimbang, maka lakukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat mengurangi rasa stres anda.

Istirahat Tidak Teratur

Istirahat yang tidak teratur juga mempengaruhi siklus menstruasi, sehingga menyebabkan menstruasi tidak teratur. Bukan hanya mengganggu ketika menstruasi yang datang terlambat, namun istirahat yang tidak teratur dapat menyebabkan menstruasi lambat berakhir. Istirahatlah dengan teratur seperti tidur tepat waktu ketika malam.

Konsumsi Kopi

Menstruasi seringkali menyebabkan beberapa gangguan emosi, mulai dari panik hingga mengganggu waktu tidur anda. kadang sebagian wanita mengatasi solusi tersebut dengan cara meminum kopi, padahal, minum kopi terlalu banyak dapat membuat menstruasi tidak teratur. Kurangilah meminum kopi jika anda pernah mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Gangguan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid yang terletak pada leher memiliki fungsi mengatur metabolisme tubuh, sehingga jika kelenjar tiroid terganggu maka akan mengganggu fungsi metabolisme tubuh yang pada akhirnya menyebabkan menstruasi yang tidak teratur.

Olahraga yang Berlebihan

Olahraga yang terlalu banyak dapat meningkatkan resiko stress pada otot, yang berakibat produksi hormon terganggu yang berdampak pada ketidaklancaran menstruasi.

Gangguan hormon Androgen

Beberapa wanita yang mengalami menstruasi yang tidak teratur atau menstruasi sedikit, disebabkan oleh gangguan hormon androgen. Hormon ini mempengaruhi pertumbuhan pada rambut, di bagian dada, dagu dan perut. Selain itu hormon ini dapat dikaitkan dengan obesitas.

Pil Kontrasepsi

Siklus menstruasi juga dapat terganggu akibat konsumsi pil kontrasepsi. Efek samping dari pil kontrasepsi salah satunya adalah mengganggu siklus menstruasi, tetapi efek samping dari pil kontrasepsi tidak berbahaya.

Penyakit

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan terjadinya gangguan menstruasi. Yaitu penyakit seperti sindrom ovarium polikistik, dan radang pelvis, penyakit-penyakit ini mengganggu organ reproduksi sehingga dapat berdampak telatnya menstruasi atau bahkan menstruasi yang tidak kunjung selesai.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

penyebab haid tidak teratur pada wanita

Jika anda mengalami menstruasi yang tidak teratur sebaiknya anda terlebih dahulu memeriksakan diri anda ke dokter sehingga dapat diketahui penyebab pasti dari keadaan yang anda alami, berikut adalah cara mengatasi menstruasi yang sederhana yang mungkin dapat anda lakukan dengan merubah kebiasaan anda.

Menghindari Stres

Stres adalah faktor utama yang kadang menyebabkan terganggunya menstruasi, maka hindarilah keadaan stres, anda dapat melakukan yoga, atau yang paling sederhana adalah melakukan hal-hal yang dapat menyenangkan, seperti kumpul dengan keluarga atau keluar untuk rekreasi.

Mengkonsumsi Ramuan Alami

Ramuan-ramuan alami yang dapat mengatasi menstruasi yang tidak teratur seperti madu murni, dan perasan air jeruk nipis yang dicampur. Minumlah campuran madu serta cairan jeruk nipis tersebut dalam keadaan dingin secara rutin 3 kali dalam sehari. Sampai menstruasi anda teratur.

Sebaiknya jika anda mengalami menstruasi yang tidak teratur segera pergi ke dokter untuk mengkonsultasikan kondisi anda, agar dapat ditangani secara medis dan mengurangi resiko tumbuhnya penyakit yang ada di dalam tubuh anda.

Datanglah ke Klinik Utama Gracia, di Klinik kami terdapat dokter yang menangani masalah penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Kelamin, yang didukung dengan pelayanan dari perawat yang profesional dan berpengalaman, peralatan medis yang terdapat di klinik kami cukup canggih dan modern.

Gunakan Layanan Konsultasi Medis Online yang ada pada website kami, anda dapat menceritakan keluhan anda dengan konsultan-konsultan medis online kami.

Klik chat