counter

penyebab hernia pada orangHernia adalah ketika keadaan internal tubuh mendorong keluar melalui otot yang lemah atau jaringan sekitar organ dinding. Dapat juga diartikan sebagai organ yang menonjol keluar karena melemahnya dinding rongga organ di dalam tubuh, seperti yang sering terjadi adalah rongga dingding perut sehingga menyebabkan usus menerobos keluar. Adapun penyebab hernia beragam dan salah satu yang paling sepeleh adalah seringnya batuk.

Pada umumnya hernia tidak membahayakan nyawa, namun penyakit jangan terlalu disepelehkan karena dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa pada bagian yang terkena hernia. Jika anda mengalami hernia sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan secara medis. Jika tidak segera di tangani dapat menempatkan diri anda dalam keadaan berbahaya.

Keadaan yang paling berbahaya dari penyakit ini adalah ketika hernia menonjol keluar otomatis rongga yang ditembus hernia tersebut menekan pembuluh darah di hernia sehingga menyebabkan suplai darah terputus, jika suplai darah tersebut putus dapat menyebabkan aliran oksigen yang ada di dalam darah juga terputus. Keadaan seperti ini menjadi darurat medis dan harus segera di bedah untuk memberi suplai darah dan oksigen pada jaringan yang tersebut.

Jenis-Jenis Hernia

hernia pada pria

Jenis-jenis hernia biasanya terbagi berdasarkan letak terjadinya hernia, berikut jenis-jenis hernia:

  • Hernia inguinalis

Hernia jenis ini sangat sering terjadi pada pria, letak terjadinya hernia terdapat pada selangkangan, dikarenakan sebagian usus atau jaringan lemak yang ada di rongga perut muncul di selangkangan.

  • Hernia Hiatus

Hernia ini muncul pada bagian rongga dada, keadaan ini sering terjadi dikarenakan bagian lambung masuk melalui celah diantara rongga dada dan rongga perut sehingga mencuat pada bagian rongga dada. Jika anda mengalami hal ini akan terasa tidak nyaman pada dada yang biasanya muncul ketika anda selesai makan.

  • Hernia Umbilikus

Hernia ini terjadi pada bagian dekat pusar, penyebabnya adalah jaringan lemak atau sebagian usus menonjol di bagian abdomen. Biasanya jenis hernia ini terjadi pada bayi, karena saat bayi dilahirkan lubang besar tali pusar tidak menutup dengan sempurna. Pada orang dewasa karena disebabkan tekanan yang berlebihan pada abdomen seperti kegiatan yang menekan otot perut.

  • Hernia Otot

Hernia sering terjadi pada otot kaki bagi olahragawan yang menjadi penyebab utamanya adalah cedera saat olahraga.

  • Hernia Femoralis

Hernia jenis ini sering terjadi pada wanita, keadaan seperti ini biasanya muncul ketika sebagian usus mencuat ke bagian atas paha bagian dalam.

Penyebab Hernia

hernia pada wanita

Terkadang penyebab hernia tidak dapat diketahui dengan pasti, berikut adalah penyebab hernia secara umum yang mungkin anda alami:

  • Terjadi peningkatan tekanan di dalam perut.
  • Melemahnya dinding perut.
  • Mengejan saat buang air besar.
  • Aktivitas yang berat.
  • Kehamilan
  • Batuk kronis.

Artikel Terkait: Turun Bero Pada Wanita

Pada sebagian orang melemahnya dinding perut terjadi pada saat lahir, karena kondisi lapisan perut tidak menutup dengan benar, sehingga di kemudian hari menjadi berkembang, ketika otot melemah dan memburuk akibat faktor penuaan. Pelemahan yang terjadi pada dinding perut juga dapat disebabkan oleh faktor cedera atau pernah melakukan pembedahan pada bagian perut.

Pada pria, titik lemah biasanya terjadi pada kanalis inguinalis, yaitu keadaan kabel spermatika memasuki skrotum. Pada wanita, kanal inguinalis membawa ligamen untuk membantu menahan rahim sehingga selalu pada tempatnya, dan hernia terjadi ketika jaringan ikat dari rahim menempel jaringan yang berada di sekitar tulang kemaluan.

Pengobatan

Pengobatan untuk hernia tergantung dengan tingkat keparahan penyakit hernia itu sendiri, tetapi hernia yang terjadi pada bayi biasanya dapat sembuh dengan sendirinya seiring dengan perkembangan usianya, namun sebaiknya untuk mengantisipasi keadaan yang tidak diinginkan, sebaiknya anda memeriksakan keadaan bayi anda ke dokter.

Salah satu pengobatan yang sesuai dengan penyakit hernia adalah dengan cara operasi, metode operasi yang mungkin akan diterapkan dokter yaitu dengan metode operasi terbuka dan laparaskopik, metode operasi akan disesuaikan dengan tingkat keparahan hernia. Untuk hernia yang tumbuh di dekat selangkangan lebih beresiko dilakukan operasi dibanding dengan hernia yang terjadi pada bagian perut.

Jika anda mengalami hernia datang segera ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan. Di klinik kami terdapat dokter yang profesional dan berpengalaman.

Konsultasikan penyakit anda segera dengan klik banner di bawah ini.

Klik chat