ppenyebab infeksi saluran kencingArtikel kami kali ini adalah membahas mengenai penyebab infeksi saluran kencing. Sebelum menjelaskan lebih jauh, kami akan menjelaskan apa itu infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing adalah infeksi yang melibatkan saluran kencing bagian bawah, penyakit ini lebih dikenal sebagai infeksi saluran kemih yang disingkat ISK, infeksi ini menyerang pada bagian sistem kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Wanita mempunyai resiko lebih besar terkena ISK dibandingkan pria, karena tubuh wanita memiliki saluran uretra lebih pendek dibanding pria. Penyakit ini sangat mengganggu, dan jika dibiarkan dapat berakibat fatal, seperti, penyakit akan menjalar ke ginjal. ISK juga sangat mudah diobati, jika anda ke dokter, maka dokter cukup memberikan obat antibiotik.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

infeksi saluran kencing

Kebanyakan ISK disebabkan oleh bakteri yang hidup di dalam usus. Bakteri dengan nama Escherichhia Coli (E. Coli) adalah penyebab sebagian besar ISK. E. coli masuk ke dalam saluran kencing, ketika seseorang tersebut kurang baik dalam hal membersihkan area kemaluan setelah buang air kecil atau besar.

Berikut adalah penyebab infeksi saluran kemih secara umum:

• Hubungan seksual dengan penderita penyakit menular seksual.
  • Tidak lancar buang air kecil.
  • Berganti-ganti pasangan seksual.
  • Terdapat penyumbatan pada saluran kencing.
  • Usia yang sudah lanjut.
  • Diabetes.
  • Penggunaan kateter dalam waktu yang lama.
  • Pernah melakukan pembedahan pada bagian saluran kemih.
  • Alat kontrasepsi diafragma yang dapat menekan uretra.
  • Wanita yang sedang hamil.
  • Orang yang sistem kekebalan tubuhnya rendah.

ISK pada umumnya sering terkena pada wanita, penyebabnya adalah kondisi anatomi dalam wanita yang mana jarak antara uretra dengan anus pada tubuh mereka lebih dekat, dan pintu uretra juga terletak dekat dengan kandung kemih, sehingga kondisi tersebut memungkinkan bakteri yang terdapat pada anus dapat dengan mudah menjalar ke bagian uretra lalu masuk ke dalam kandung kemih, sehingga terjadilah peradangan.

Gejala

infeksi saluran kemih

Gejala yang diakibatkan oleh ISK meliputi:

• Air kencing bercampur dengan darah.
  • Demam, terjadi pada beberapa orang saja.
  • Merasakan nyeri dan terbakar pada saat buang air kecil.
  • Akan terasa seperti kram pada perut bagian bawah.
  • Keinginan untuk buang air kecil meningkat.

Jika infeksi menyebar ke area ginjal, mungkin anda akan merasakan ini:

• Menggigil dan gemetar.
  • Berkeringat di malam hari.
  • Demam.
  • Kelelahan.
  • Nyeri pada bagian selangkangan,
  • Kulit akan terasa hangat dan memerah.
  • Mual dan muntah.
  • Terkadang merasakan sakit yang luar biasa pada bagian perut.

Diagnosa

Ketika anda pergi ke dokter, maka dokter akan melakukan beberapa tes, seperti tes urin. Tes urin terbagi menjadi dua tahap seperti berikut:

• Tes ini dilakukan untuk mencari sel-sel darah putih, sel darah merah, bakteri dan untuk menguji bahan kimia seperti nitrit dalam urine.
  • Clean catch urine culture. Tes ini dapat dilakukan untuk mengidentifikasi bakteri dan menentukan antibiotik yang pas untuk pengobatan.

Dokter juga akan melakukan tes darah, dan beberapa tes seperti di bawah ini:

• CT scan pada bagian perut.
  • Intravena pyelogram (IVP).
  • Pemindaian ginjal.
  • USG ginjal.
  • Voiding cystourethrogram.

Pengobatan

infeksi saluran kemih

Dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan hasil diagnosis, dokter akan merekomendasikan pengobatan dengan antibiotik. Jika penyakit ISK anda tergolong ringan anda tidak perlu melakukan perawatan di rumah sakit, dan akan sembuh dalam beberapa hari setelah pengobatan di mulai.

Namun jika ISK parah, maka penderita harus dirujuk ke rumah sakit, untuk melakukan perawatan. Selain antibiotik, obat pereda rasa sakit mungkin diperlukan seperti parasetamol.

Agar pengobatan dapat maksimal sebaiknya di rumah anda melakukan hal-hal ini:

• Redakan nyeri dengan kompres air hangat.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Ketika anda merasakan ingin berkemih, maka segeralah berkemih.