Penyebab kemandulanPenyebab kemandulan pada pria dan wanita, wajib untuk diketahui, karena setiap pasangan suami istri sangat menginginkan mendapatkan keturunan. Dengan mengetahui penyebab kemandulan, pasangan suami istri dapat mencegah dan menghindari terjadinya kemandulan. Kemandulan adalah kondisi dimana sperma pria atau wanita yang tidak mampu membuahi (Pria) atau dibuahi (wanita). Kondisi seperti ini dapat saja terjadi, baik itu pada pria maupun wanita.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kemandulan, di dalam artikel kami kali ini akan membahas secara keseluruhan mengenai kemandulan atau bahasa medisnya adalah infertilitas.

Penyebab Kemandulan Pada Pria dan Wanita

Penyebab kemandulan pada pria dan wanita

Berikut akan kami jabarkan mengenai penyebab kemandulan pada pria. Penyebab kemandulan dapat mempengaruhi satu atau dua pasangan, penyebab secara umum:

• Pada sepertiga kasus, terdapat masalah dengan laki-laki.
  • Pada sepertiga kasus, terdapat masalah dengan perempuan.
  • Ada juga kasus yang menimpa kedua-duanya.

Penyebab Kemandulan pada Pria:

• Produksi sperma yang abnormal.
  • Cacat genetik.
  • Masalah kesehatan seperti diabetes, infeksi klamidia, gonore, varikokel.
  • Masalah pengiriman sperma karena masalah seksual, seperti ejakulasi dini.
  • Overexposure faktor lingkungan tertentu, seperti pestisida dan bahan kimia lainnya, dan radiasi. Merokok, alcohol, ganja atau minum obat tertentu, seperti antibiotik, anti-hipertensi, steroid anabolik.
  • Paparan panas, seperti di sauna atau bak air panas yang dapat menaikkan suhu inti tubuh dan dapat mempengaruhi produksi sperma.
  • Kerusakan yang terkait dengan kanker dan pengobatannya, termasuk radiasi atau kemoterapi. Pengobatan untuk kanker dapat mengganggu produksi sperma dan terkadang akibatnya lebih parah.

Penyebab Kemandulan Pada Wanita

• Rahim atau kelainan serviks, termasuk kelainan dengan pembukaan serviks, polip di Rahim atau bentuk Rahim. Bersifat kanker (jinak), tumor di dinding rahim (fibroid rahim) mungkin jarang menyebabkan kemandulan karena dapat menghalangi saluran tuba. Lebih seringnya fibroid dapat mengganggu implantasi telur yang dibuahi.
  • Gangguan ovulasi, yang mempengaruhi pelepasan sel telur dari ovarium. Ini termasuk gangguan hormonal seperti sindrom ovarium polikistik.
  • Hiperprolaktinemia, suatu kondisi dimana anda memiliki terlalu banyak prolactin (hormone yang terlalu banyak memproduksi ASI) juga dapat mengganggu ovulasi.
  • Terlalu banyak atau terlalu sedikitnya hormone tiroid juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi atau dapat menyebabkan kemandulan.
  • Olahraga yang berlebihan, gangguan makan, cidera atau tumor.
  • Kerusakan tuba fallopi atau penyumbatan, sering disebabkan oleh peradangan pada tuba fallopi. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit radang panggul, yang biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual, endometriosis atau adhesi.
  • Adhesi panggul, band dari jaringan perut yang mengikat organ setelah infeksi panggul, usus buntu, atau perut atau pembedahan panggul.
  • Jaringan endometrium tumbuh di luar rahim, yang dapat mempengaruhi fungsi ovarium, rahim dan saluran tuba.
  • Insufisiensi ovarium primer (menopause dini), ketika ovarium berhenti berkerja dan menstruasi berakhir sebelum usia 40 tahun, meskipun penyebabnya tidak diketahui.

Faktor-faktor yang menyebabkan menopause dini itu termasuk penyakit sistem kekebalan tubuh, kondisi genetik tertentu seperti sindrom turner atau pembawa fragile X syndrome, radiasi atau pengobatan kemoterapi dan perempuan yang merokok.

Penyebab lain pada wanita meliputi:

• Radiasi dan kemoterapi juga dapat mempengaruhi kesuburan.
  • Kondisi lain. Kondisi medis yang berhubungan dengan pubertas tertunda atau adanya menstruasi, seperti penyakit celiac, diabetes yang tidak terkontrol dan beberapa penyakit auto imun seperti lupus, dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Kelainan genetic juga bisa membuat pembuahan dan kehamilan tidak bisa memungkinkan.