counter

penyebab keputihan berlebihan

Penyebab keputihan berlebihan umumnya terjadi karena kondisi yang abnormal. Namun ada juga keputihan yang berlebihan yang terjadi, dan merupakan suatu hal yang wajar. Untuk memahaminya, Anda harus tahu dahulu ciri ciri keputihan normal dan juga abnormal untuk membedakan apakah yang Anda alami adalah keputihan normal atau abnormal.

Keputihan normal akan memiliki ciri tidak berwarna atau jernih, tidak mengeluarkan bau dan juga tidak menyebabkan gatal. Jika Anda mengalami ciri ciri yang sebaliknya, itu adalah tanda bahwa Anda mengalami keputihan abnormal.

Penyebab Keputihan Berlebihan Yang Normal

1. Berhubungan Seksual

Ketika melakukan hubungan seksual, maka keputihan yang keluar cenderung akan berlebihan. Kondisi ini termasuk dalam hal yang normal. Karena cairan keputihan ini keluar untuk menjadi pelumas alami ketika penis melakukan penetrasi pada vagina. Jika tidak ada pelumas, maka penetrasi akan terasa sakit karena vagina yang terlalu kering.

2. Hamil

Keputihan yang berlebihan juga akan sering terjadi pada saat wanita memasuki awal kehamilan. Kondisi dimana keputihan keluar secara berlebihan ini terjadi karena kadar hormon progesteron yang banyak dan akhirnya menyebabkan keputihan berlebihan.

3. Menyusui

Wanita yang dalam masa menyusui juga akan mengalami keputihan yang berlebihan. Kondisi ini tentunya akan membuat timbulnya perasaan cemas, padahal hal tersebut terbilang normal. Namun jika Anda mengalami keputihan dengan ciri yang abnormal, maka segera lakukan pengobatan atau penanganan untuk kondisi tersebut.

keputihan berlebihan

Penyebab Keputihan Berlebihan Yang Abnormal

1. Jamur

Jamur bernama candida albicans yang menginfeksi area kewanitaan bisa menyebabkan terjadinya keputihan yang berlebihan, dan merupakan kondisi yang abnormal. Biasanya keputihan ini akan muncul berwarna kekuningan. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter.

2. Bakteri

Bakteri jenis vaginosis juga bisa menjadi penyebab keputihan yang berlebihan. Pemicu munculnya bakteri ini memang belum diketahui pasti, namun bakteri ini bisa mengganggu keseimbangan cairan sehingga keputihan akan terjadi secara berlebihan.

3. Kanker Serviks

Keputihan yang terjadi karena kanker serviks biasanya akan muncul berbarengan dengan gumpalan berwarna merah, karena keputihan tersebut sudah bercampur dengan darah. Untuk mengetahui diagnosa yang tepat, segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan terkait kondisi Anda tersebut.

4. Penyakit Menular Seksual

Virus atau bakteri penyebab infeksi menular seksual juga bisa menjadi penyebab terjadinya keputihan yang berlebihan. Biasanya gejala lain yang terjadi yaitu muncul bau tidak sedap dari keputihan dan juga menyebabkan gatal pada area kewanitaan.

Penyebab keputihan berlebihan di atas harus Anda perhatikan dengan betul, karena bisa saja keputihan yang Anda alami adalah jenis keputihan abnormal, dan mungkin berbahaya bagi Anda. Untuk mencegah terjadinya keputihan berlebihan yang abnormal, Anda bisa memulai dari menjaga kebersihan area kewanitaan. Cara menjaga kebersihan area kewanitaan bisa dilakukan dengan cara membersihkan dari arah depan ke belakang, menjaga kelembaban vagina, mengganti pakaian dalam secara rutin, dan juga hindari pemakaian pembersih vagina yang memiliki kandungan parfum di dalamnya.

Selain itu jangan lupa pula untuk mengonsumsi makanan sehat setiap harinya, dan juga air putih yang cukup, agar tubuh tetap fit dan bakteri, jamur ataupun virus penyakit apapun tidak mudah menyerang tubuh.

Jika Anda mengalami gejala keputihan yang abnormal, sebaiknya segera periksakan diri Anda langsung ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan tenaga medis Klinik Utama Gracia terkait dengan permasalahan keputihan, melalui layanan chatting online di bawah ini.
Klik chat