counter

Penyebab Keputihan Berwarna CoklatKeluarnya cairan selain darah dari jalan lahir vagina atau lebih dikenal dengan istilah keputihan atau leukorea. Keputihan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu keputihan karena faktor fisiologis dan keputihan karena gejala abnormal . Meskipun keputihan tidak menyebabkan kematian akan tetapi keluarnya cairan yang membasahi bagian dalam akan mengalami iritasi,menimbulkan gatal dan juga berakhir pada kesakitan contohnya, keputihan berwarna coklat dan keputihan abnormal lainnya.

Penyebab dari keputihan karena anda sedang mengalami anemia, nefritis, hepatitis. Ada pun pada ibu hamil biasanya terjadi keputihan pada awal kehamilan sampai pada masa persalinan . Keputihan yang berbahaya adalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri dan virus. Di dalam artikel ini akan kami jelaskan penyebab keputihan berwarna coklat.

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Warna lendir pada keputihan merupakan tanda anda sedang bermasalah pada bagian tertentu di alat reproduksi anda. Berikut Penjelasan penyebab keputihan berwarna coklat:

Periode Haid

Jika anda mengalami keputihan cairan yang berwarna coklat setelah haid itu merupakan hal yang biasa untuk membersihkan dan meluruhkan darah haid. Umumnya cairan nya berwarna coklat tua dan tidak menimbulkan gejala gatal,tidak berbau.

Eliminasi Endometrial

Pada pertengahan siklus menstruasi yang mengalami gangguan endometrial akan menimbulkan bercak darah yang mempengaruhi periode haid anda menjadi lebih lama dari sebelumnya.

Kehamilan Awal

Cairan kecoklatan yang dihasilkan dari vagina anda mungkin saja diantara nya merupakan tanda awal kehamilan anda. Wanita yang seharusnya mengalami menstruasi akan tetapi malah terdapat bercak atau cairan berwarna coklat. Lakukan tes kehamilan untuk memastikannya.

Klik chat

Menopouse

Periode haid yang tidak teratur menjelang menopause merupakan hal biasa.Selain itu para wanita yang akan menjelang menopouse mengalami pendarahan ringan atau bercak kecoklatan dikenal dengan istilah atropi yang terjadi karena pembuluh darah melemah dan secara spontan di dalam rahim yang menimbulkan bercak kecoklatan.

Penyakit

Keluarnya cairan coklat dari vagina yang disertai dengan sakit di daerah vagina, sakit saat anda sedang senggama, area vagina kering , menimbulkan rasa gatal, sariawan mulut sampai pada berkurangnya nafsu makan. Hati-hati ini merupakan tanda awal bahwa anda menggalami gangguan kewanitaan yang jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa penyakit.

Penyakit Yang Mungkin Timbul

Seperti yang kita ketahui sebelumnya keputihan merupakan awal dari tanda-tanda adanya masalah kesehatan pada alat reproduksi anda, meskipun tidak semua keputihan berbahaya.Jika anda mengalami keputihan yang berwarna coklat , berbau, sakit , gatal, sampai pada penurunan nafsu makan . Kondisi ini akan menyebabkan beberapa kemungkinan yaitu :

Kanker Serviks
penyebab keputihan berwarna coklatjenis kanker yang disebabkan oleh human papiloma virus (HPV) onkogenik yang akan menyerang rahim. Selain adanya keputihan berwarna kekuning-kuningan yang bercampur dengan darah menjadi kecoklatan.Gejalanya baru akan mulai tampak setelah memasuki stadium yang lebih jauh.

Pelvis Inflammatory Disease

penyebab keputihan berwarna coklat

Dikenal dengan istilah penyakit radang panggul dengan adanya peradangan yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Penyebabnya disebabkan oleh bakteri vagina yang bergerak ke rahim.

Penularan terjadi karena hubungan seksual atau prosedur kebidanan . Adapun gejala awalnya yaitu dengan Keluarnya keputihan yang berwarna coklat, demam, kram menstruasi, nyeri ketika berhubungan,perdarahan setelah melakukan hubungan seksual.

Klamida

Penyebab keputihan berwarna coklat

penyakit infeksi kelamin yang menular disebabkan adanya kuman Chlamydia trachomatis. Disebarkan melalui hubungan seksual menyebabkan kehamilan ektopik dan kejadian infertilitas.

Cara Mengobati

Untuk mengobati keputihan jenis ini, itu harus sesuai dengan infeksi yang dialami, seperti penjelasan yang ada dibawah ini:

  • Kanker serviks, jika keputihan disebabkan oleh kanker serviks maka pengobatannya dilakukan dengan cara operasi, radiologi, ada yang lebih canggih lagi dengan cara cyrosurgial therapy dan penanaman radiopartikel.
  • PID (radang panggul), jika keputihan disebabkan oleh PID maka pengobatan akan dilakukan dengan cara pemberian antibiotik, seperti metronidazole, ofloxacin, doxycycline untuk mengobati infeksi bakteri.
  • Klamida, jika keputihan disebabkan klamida maka pengobatannya Dapat disembuhkan dengan penggunaan antibiotik tetrasiklin, yang diresepkan dokter untuk dipakai dalam 7 hari dan pengobatan terhadap kedua pasangan.

Jika anda mengalami penyakit seperti yang diterangkan di atas, sebaiknya anda segera Memeriksakan diri ke dokter, atau anda juga dapat berkunjung Klinik Utama Gracia karena di klinik kami terdapat dokter yang professional dan di dukung peralatan medis yang modern, atau bisa juga anda menghubungi konsultan kesehatan kami dengan klik tombol dibawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save

Save