counter

penyebab keputihan dan cara mengatasinya

Para wanita menganggap keputihan merupakan hal yang sangat mengganggu dan menyebalkan. Ternyata banyak faktor-faktor penyebab keputihan dapat terjadi, namun karena minimnya informasi dan pengetahuan yang didapat mengenai keputihan ini, banyak dari para wanita yang menyepelekan masalah ini.

Keputihan yang datang pada wanita merupakan hal yang normal, namun tidak selamanya seperti itu. Hal itu dikarenakan keputihan yang normal dapat menjadi keputihan yang tidak normal atau bersifat patologis. Keputihan patologis inilah yang patut menjadi perhatian semua wanita, sebab jika ditangani secara khusus dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Berikut ini adalah penyebab keputihan dan cara mengatasinya:

Penyebab Keputihan

Ada beberapa hal penyebab keputihan dan cara mengatasinya yang sangat perlu untuk wanita ketahui. Berikut ini adalah penyebab keputihan yang harus di waspadai dan diketahui:

Bakteri Vaginosis

Bakteri jenis ini merupakan salah satu bakteri yang dalam kemunculannya tidak diketahui oleh medis, padahal bakteri ini merupakan salah satu bakteri pengganggu keseimbangan cairan sehingga orang yang sedang mengalami keputihan jika terkena bakteri ini, akan menyebabkan cairan yang keluar sangat banyak dan tidak terkendali.

Selama bakteri ini ada dan terus berkembang, maka jumlah cairan yang dikeluarkan akan meningkat sehingga wanita akan kebingungan terhadap keputihan yang sedang dialaminya. Karena seringnya buang cairan, maka celana yang dipakai akan mudah lembab, jika terjadi hal seperti ini disarankan untuk segera mengganti celana dalamnya agar bakteri ini tidak terus berkembang.

Kelembaban

Wanita biasanya sering langsung menggunakan celana dalamnya setelah buang air besar maupun setelah buang air kecil tanpa mengeringkannya terlebih dahulu. Hal ini juga menjadi faktor penyebab keputihan, karena kuman dan jamur dapat masuk ke dalam vagina sehingga menyebabkan rasa gatal dan keputihan.

Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah jenis infeksi yang dapat menyebabkan keputihan tidak berlangsung secara normal. Penyebab penyakit ini adalah mikroorganisme yang bernama protozoa. Jika Anda melakukan hubungan seksual dengan orang yang terkena bakteri ini, protozoa dapat menjangkiti Anda. Virus ini dapat tinggal pada vagina yang sering lembab, tidak hanya itu virus tersebut juga dapat menyebar melalui penggunaan handuk secara bersama-sama terutama jika handuk tersebut digunakan untuk mengeringkan organ vital.

Klik chat

Cara Mengatasi Keputihan

Setelah Anda mengetahui penyebab keputihan, berikut ini adalah cara mengatasi keputihan:

Melakukan Pengobatan Pribadi

Sebelum Anda melakukan konsultasi ke dokter, Anda sebaiknya melakukan pengobatan pribadi terlebih dahulu dengan harapan gejala serta keluhan akibat dari keputihan menjadi berkurang. Adapun cara yang dapat Anda lakukan antara lain yaitu:

  • Mengompres area vagina dan luar vagina menggunakan air dingin untuk meredakan gejala gatal serta mengurangi pembengkakan pada vagina yang meradang
  • Mengkonsumsi yoghurt, sebab kandungan bakteri baik yang terdapat pada yoghurt dapat melawan bakteri jahat yang terdapat pada area vagina.
  • Mengoleskan krim jamur pada bagian dalam dan luar vagina untuk mengurangi rasa gatal.

Menggunakan Daun Sirih

Keputihan pada wanita dapat dihilangkan juga dengan menggunakan ramuan alami seperti daun sirih. Cara menggunakannya yaitu dengan meminum air rebusan daun sirih atau menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan vagina selama 3 kali dalam sehari.

Mengunjungi Dokter

Jika keputihan yang terjadi pada Anda semakin parah, maka segera ke dokter untuk berkonsultasi dan mengecek mengenai keputihan yang Anda alami. Adapun dokter yang biasanya menangani masalah keputihan adalah dokter kelamin dan kulit. Setelah dokter mengambil beberapa sampel cairan keputihan, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat untuk mengobati keputihan Anda.

Itulah beberapa penyebab keputihan dan cara mengatasinya. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih mendalam perihal keputihan yang Anda alami. Anda dapat berkonsultasi secara online kepada dokter kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.

Klik chat