penyebab kutil kelamin

Penyebab kutil kelamin yang utama adalah adanya infeksi human papillomavirus atau HPV pada pria maupun wanita. Virus HPV ini dapat menginfeksi atau menular melalui hubungan seksual. Ketika seseorang mengalami penyakit yang juga disebut dengan condyloma acuminata ini maka akan menemukan adanya benjolan berupa kutil di area kelamin atau genital.

Virus HPV mungkin lebih dikenal sebagai virus penyebab kanker serviks, bukannya sebagai virus penyebab kutil kelamin. Namun ternyata virus HPV ini memiliki banyak tipe, yang salah satunya dapat menyebabkan kutil kelamin. Ada beberapa faktor penyebab lainnya yang bisa membuat seseorang mengalami kutil kelamin. Selain itu, Anda juga harus mengetahui ciri-ciri kutil kelamin.

Penyebab Kutil Kelamin

1. Human papillomavirus atau HPV. Seperti yang dikatakan sebelumnya, virus ini adalah penyebab utama yang membuat seseorang mengalami penyakit menular seksual satu ini.
  2. Aktif secara seksual. Bila sejak remaja seseorang sudah aktif secara seksual, maka akan berisiko tinggi mengalami atau terinfeksi HPV.
  3. Mengabaikan kebersihan. Sebagai area yang sangat vital, organ kelamin harus selalu dijaga kebersihannya. Hal ini dilakukan agar tidak ada mikroorganisme yang menyebabkan timbulnya penyakit, seperti kutil kelamin.
  4. Memiliki banyak pasangan seksual. Bergonta-ganti pasangan atau memiliki pasangan seksual yang lebih dari satu, akan meningkatkan kemungkinan Anda mengalami kutil kelamin.
  5. Tidak menggunakan kondom. Berbagai penyakit kelamin akan sangat mudah menginfeksi Anda bila Anda melakukan aktivitas seksual yang berisiko bahkan tidak menggunakan kondom.
  6. Riwayat penyakit. Bila sebelumnya Anda juga pernah mengalami penyakit kelamin atau penyakit menular seksual, maka Anda akan sangat mudah terinfeksi HPV dan mengalami kutil kelamin. Begitu juga bila Anda pernah mengalami kutil kelamin sebelumnya, karena penyakit ini bisa dengan mudah kambuh pada orang yang dulu pernah mengalaminya.

Ciri-Ciri Kutil Kelamin

Seseorang yang mengalami kutil kelamin akan mengalami gejala atau ciri tertentu seperti munculnya benjolan kecil namun banyak dan berkelompok, benjolan tersebut berisi daging yang bisa terjadi pendarahan bila mengalami gesekan ketika melakukan hubungan seksual ataupun menggunakan celana dalam, warna benjolan terlihat kemerahan, selain itu akan terasa bengkak dan juga gatal pada area yang ditumbuhi kutil. Kutil ini biasanya akan muncul pada batang atau ujung penis, skrotum, vulva, serviks, area di antara kelamin dan anus, selangkangan, anus, ataupun pada saluran dalam uretra.

Bila Anda adalah seorang wanita yang terinfeksi kutil kelamin, sebaiknya lakukan pemeriksaan pap smear untuk memastikan bahwa tidak ada HPV penyebab kanker serviks yang menginfeksi tubuh Anda. Karena dengan melakukan pemeriksaan pap smear, maka akan lebih mudah untuk mendeteksi keberadaan kanker serviks secara lebih dini.

Periksakan diri Anda ke dokter bila mendapati adanya benjolan kutil pada area kelamin dan anus yang dicurigai adalah kutil kelamin. Pengobatan akan dilakukan sesuai dengan kondisi kutil yang Anda alami. Bila sudah semakin menyebar, maka kutil akan ditangani dengan melakukan prosedur tertentu yang akan membantu menghilangkan keberadaan kutil.

Perlu diingat untuk tidak terlebih dulu melakukan hubungan seksual selama masa pengobatan ataupun ketika Anda pertama kali menemukan keberadaan kutil. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya penularan pada pasangan. Bila Anda tidak yakin apakah sudah terjadi penularan atau belum pada pasangan, maka akan lebih baik jika pasangan juga melakukan pemeriksaan meskipun tidak ada gejala yang terlihat.

Konsultasikan keluhan penyakit menular seksual yang Anda alami pada staf Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting di bawah ini.