penyebab mens tidak teratur

Pada umumnya seorang wanita sangat menginginkan jika siklus menstruasi berjalan dengan lancar dan teratur, namun apa daya karena menstruasi bisa saja tidak teratur karena berbagai macam penyebab yang pasti akan sangat mengganggu rutinitas wanita.

Seorang wanita yang mengalami mens tidak teratur dikatakan jika apabila siklus menstruasi terjadi kurang dari 21 hari ataupun melebihi 35 hari dan biasanya wanita akan mengalami menstruasi dengan volume darah yang tidak sama dan kadang-kadang bisa banyak maupun sedikit.

Untuk memastikan apakah menstruasi Anda termasuk ke dalam siklus teratur ataupun tidak maka Anda bisa mengetahuinya dengan cara mencatat di kalender mulai dari saat awal menstruasi sampai akhir menstruasi.

Apakah Penyebab Mens Tidak Teratur?

Karena Perimenopause

Penyebab mens tidak teratur pertama adalah karena Perimenopause atau menopause adalah transisi yang dimulai beberapa tahun sebelum wanita mengalami menopause. Pada tahap ini ovarium secara bertahap mulai mengurangi estrogen dan hal ini biasanya dialami oleh wanita yang dimulai pada usia 40 tahunan tetapi bisa dimulai saat wanita berusia 30 tahunan atau bahkan sebelumnya.

Sehingga pada saat wanita mengalami masa sebelum menopause, hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, dimana ketidakseimbangan progesterone menyebabkan menstruasi berlangsung secara tidak teratur dan bisa berlangsung lebih panjang atau lebih pendek.

Karena Obesitas

Obesitas ataupun kelebihan berat badan ternyata bisa menjadi penyebab menstruasi tidak teratur pada wanita, bahkan kenaikan berat badan secara signifikan adalah salah satu tanda adanya gangguan tiroid pada wanita dan menjadi tanda bahwa ada penyakit hormonal yang pasti membutuhkan pengobatan.

Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi organ reproduksi wanita pada rahim, saluran tuba, serviks dan ovarium, biasanya PID disebabkan akibat infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia atau gonore yang tidak diobati dengan cepat.

Selain itu penyakit radang panggul juga ternyata dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang tidak teratur, sehingga untuk mencegah hal tersebut Anda sangat disarankan untuk tidak melakukan seks bebas.

Kegagalan Ovarium Prematur

Perlu Anda ketahui bahwa kegagalan ovarium pada seorang wanita ditandai dengan adanya gejala menstruasi yang berhenti sebelum memasuki usia 40 tahun yang bisa disebabkan oleh tindakan bedah kemoterapi, terapi radiasi pada perut atau pun pada panggul.

masalah kontrasepsiKegagalan Ovarium Prematur

Kegagalan ovarium prematur adalah sebuah situasi dimana seorang wanita mengacu pada hilangnya fungsi ovarium normal sebelum menginjak usia 40 tahun. Wanita yang memiliki kegagalan ovarium prematur juga dikenal sebagai insufisiensi ovarium primer mungkin memiliki menstruasi yang tidak teratur atau sesekali selama bertahun-tahun.

Fibroid Rahim

Fibroid Rahim adalah pertumbuhan non-kanker pada rahim yang sering muncul selama tahun melahirkan anak tau yang biasa disebut mioma, namun fibroid rahim tidak berhubungan dengan peningkatan risiko kanker rahim dan hampir tidak pernah berkembang menjadi kanker akan tetapi fibroid rahim dapat menjadi penyebab mens tidak teratur.

Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

Fungsi utama dari kelenjar tiroid adalah mengatur metabolisme tubuh, sehingga ketika kelenjar ini mengalami gangguan maka dapat berpengaruh terhadap siklus menstruasi pada wanita sehingga menyebabkan menstruasi berat dan periode yang berkepanjangan.

Karena Kehamilan dan Menyusui Bayi

Ternyata kehamilan dan menyusui bayi dapat menjadi penyebab menstruasi tidak teratur karena siklus yang tidak teratur juga merupakan tanda umum yang sering terjadi pasca kehamilan.

Selain itu menyusui bayi juga dapat menyebabkan waktu menstruasi pada seorang wanita menjadi terhambat namun jangan khawatir karena hal ini adalah normal terjadi dan bukan menjadi masalah yang serius.

Karena Kontrasepsi Hormonal

Tahukah Anda bahwa ada berbagai macam bentuk kontrasepsi yang dapat mengakibatkan siklus menstruasi Anda tidak teratur, seperti penggunaan pil KB, suntik KB ataupun hormonal KB karena dapat menyebabkan perdarahan dalam jumlah yang sedikit atau bahkan perdarahan berat.

Itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai penyebab mens tidak teratur dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda.