counter

menstruasi sedikit pada wanitaMenstruasi sedikit disebabkan oleh berbagai hal, di dalam artikel kali ini kami akan membahas penyebab menstruasi sedikit, menstruasi adalah keluarnya darah melalui vagina yang terjadi pada remaja dan wanita dewasa, diakibatkan oleh perubahan hormonal, dan biasanya terjadi sebulan sekali. Menstruasi setiap bulan adalah hal yang wajar, dinding rahim yang tidak dibuahi sperma akan luntur dan keluar dalam bentuk darah melalui vagina.

Saat menstruasi wanita akan mengalami pendarahan pada vagina selama dua hari atau bisa sampai enam hari, darah yang keluar sekitar rata-rata 30-70 mililiter. Tapi ada juga wanita yang mengalami keluarnya darah lebih banyak, dan ada juga yang lebih sedikit.

Pada hari pertama menstruasi biasanya volume darah akan banyak dan itu normal, bagaimana jika pada hari pertama dan seterusnya darah yang keluar sedikit? Berikut kami akan menjelaskan beberapa penyebab menstruasi sedikit.

Penyebab Menstruasi Sedikit

penyebab menstruasi sedikit pada wanita

Konsisi seperti ini bisa terjadi dengan alami atau di akibatkan oleh kondisi tertentu, seperti penyakit yang ada di dalam tubuh dan konsumsi obat tertentu sehingga mengganggu menstruasi. Berikut akan kami jelaskan mengenai penyebab menstruasi.

Psikologis

Gangguan psikologis dapat mempengaruhi banyak atau sedikitnya menstruasi, gangguannya seperti ketakutan yang berlebihan, kecemasan, rasa kesal. Sehingga kondisi jiwa mempengaruhi kondisi fisik, salah satunya dapat memberikan perubahan pada sistem kontrol hormonal di dalam tubuh. Kondisi psikologis yang tidak stabil juga dapat menyebabkan tidak menstruasi, keadaan seperti ini biasanya disebut amenorrhea.

Fisik

Penyebab fisik contohnya seperti kelelahan, kelelahan dapat mempengaruhi sistem hormonal tubuh, sekresi hormon yang terkait dengan fungsi seksual bisa mengalami perubahan, sehingga haid keluar sedikit, berbagai macam faktor yang menyebabkan kelelahan, terkadang orang yang mengalami tekanan di dalam pekerjaan dapat merasakan kelelahan walapun intensitas pekerjaan terbilang sedikit namun ini dapat mempengaruhi psikis.

Penyakit

Menstruasi yang sedikit dapat dipengaruhi oleh adanya penyakit yang diderita, seperti adanya kista atau tumor di dalam kandungan, atau terdapat kerusakan pada sistem reproduksi.

Maka dari itu jika anda mengalami menstruasi yang sedikit, sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter, sehingga anda dapat mengetahui penyebab utamanya, agar penyakit-penyakit yang mempengaruhi debit menstruasi dapat di ketahui sejak dini.

Kurang Istirahat

Kurangnya istirahat juga mempengaruhi siklus hormonal dalam tubuh yang berhubungan dengan menstruasi. Tubuh sangat membutuhkan istirahat ketika anda bekerja seharian, tidur merupakan istirahat yang efektif untuk mengembalikan stamina agar kembali ke kondisi awal. Tidur yang normal adalah 6-8 jam, karena durasi tidur untuk setiap orang berbeda.

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi juga dapat mempengaruhi sistem reproduksi, alat Kontrasepsi yang bersifat oral dan IUD juga dapat mempengaruhi debit darah yang keluar, bahkan terkadang darah tidak keluar sama sekali.

Artikel Terkait: Tanda-tanda Menstruasi

Mengatasi Menstruasi Sedikit

penyebab menstruasi sedikit pada perempuan

Mengatasi menstruasi yang sedikit harus disesuaikan dengan diagnosis dari dokter, dokter akan mendiagnosis apa yang menyebabkan menstruasi anda sedikit, dan akan melakukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anda.

Jika menstruasi disebabkan oleh menopause dan kehamilan, maka tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika disebabkan oleh pil kontrasepsi maka dokter akan menyarankan untuk mengganti alat kontrasepsi yang sesuai dan cocok untuk anda.

Menstruasi yang sedikit sebagian orang mengalaminya karena pola hidup sehat yang tidak terkontrol. Mulailah untuk mengatur gaya hidup sehat, seperti tidur teratur, makan makanan yang bergizi, serta dilengkapi dengan kegiatan olahraga, mungkin bagi anda yang sibuk, olahraga satu kali dalam seminggu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup anda.

Jika anda mengalami menstruasi sedikit, sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke Klinik Utama Gracia, di Klinik Kami terdapat dokter-dokter yang berpengalaman dan profesional, didukung dengan alat-alat yang canggih dan modern. Atau anda dapat menggunakan fasilitas konsultasi medis online kami, caranya cukup klik tombol dibawah ini.

Klik chat