gonoreKencing Nanah atau Gonore merupakan salah satu yang termasuk ke dalam golongan kategori penyakit menular seksual. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Jenis penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita.

Bakteri gonococcus biasanya menyerang daerah sekitar dubur, uretra (saluran kencing), serviks (leher rahim), tenggorokan bahkan mata. Penyakit ini biasanya menular melalui hubungan seks, seperti melakukan oral, mainan seks yang tidak bersih sehingga terkontaminasi bakteri dan tidak menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks.

Selain orang dewasa, penyakit gonore ini juga dapat menyerang bayi yang baru lahir dan biasanya menjangkiti bagian mata pada bayi yang berpotensi menyebabkan kebutaan permanen pada si bayi.

Ada beberapa tanda atau gejala seseorang terserang penyakit gonore :

Gejala pada wanita :

• Keluarnya lendir berwana kuning kehijauan atau putih susu dari dalam vagina
  • Nyeri pada bagian bawah perut atau sekitar panggul
  • Timbulnya rasa panas dan nyeri saat buang air kecil
  • Terjadinya pendarahan pada vagina yang abnormal diluar siklus haid
  • Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian leher
  • Terdapat bercak-bercak darah setelah melakukan hubungan seksual

Gejala pada pria :

• Ujung penis nampak kemerah-merahan dan bengkak
  • Nyeri pada testis atau bengkak
  • Saat buang air kecil terasa panas dan nyeri
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil bahkan tidak dapat ditahan
  • Keluarnya lendir pada lubang penis berwarna kuning kehijauan atau putih susu

penyakit gonore

Gejala penyakit ini lebih mudah untuk dikenali pada pria dibandingkan wanita, sebab gejala awal yang timbul pada wanita sangat ringan atau bahkan kurang jelas, sehingga sering dianggap sebagai infeksi vagina atau infeksi saluran kemih. Jika penyakit ini tidak segera ditangani akan menyebabkan pendarahan pada vagina.

Cara untuk memastikan apakah Anda mengalami penyakit ini adalah dengan cara berkonsultasi dengan dokter spesialis, dimana dokter biasanya akan melakukan pengujian sampel cairan vagina atau penis untuk diperiksa di laboratorium.

Biasanya pada wanita, dokter atau perawat akan mengambil sampel cairan vagina menggunakan cotton bud sehingga menyebabkan si pasien akan merasa sedikit kurang nyaman. Sedangkan pada pria biasanya dokter akan mengambil sampel urine pasien untuk kemudian hasilnya diperiksa di laboratorium. Untuk hasil dari laboratorium sendiri membutuhkan waktu sekitar 3 hari kemudian.

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Gonore

Untuk mencegah penyakit ini atau mencegah agar Anda tidak terinfeksi kembali, sebaiknya Anda dan pasangan tidak berhubungan seks dahulu sampai pengobatan dan perawatan yang dilakukan tuntas dengan dibuktikan dengan hasil pemeriksaan ulang yang terbukti negatif.

Pengobatan terhadap penyakit ini biasanya dengan menggunakan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik yang diberikan langsung oleh dokter, dan dokterpun akan menyarankan Anda agar kembali lagi untuk melakukan pemeriksaan kembali selama satu atau dua pekan setelah Anda melakukan pengobatan awal untuk memastikan apakah bakteri gonore telah hilang sepenuhnya.

Demikianlah artikel mengenai penyakit gonore beserta cara pencegahan dan cara mengobati penyakit tersebut. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit ini, Anda dapat berkonsultasi secara online kepada staf medis yang berpengalaman dengan mengklik tombol konsultasi dibawah ini.