counter

Penyebab penyakit herpes pada wanitaUntuk mengetahui penyebab penyakit herpes sangatlah penting, agar dapat menghindari terjadinya penyakit herpes, dan dapat menemukan cara mengurangi gejala sejak dini, karena sudah kita ketahui herpes tidak dapat diobati, tetapi bisa mengurangi gejala. Penyakit herpes merupakan penyakit menular seksual, penularan herpes melalui hubungan seksual yang tidak sehat.

Jika seseorang terkena penyakit herpes, gejala yang muncul pertama kalinya adalah rasa sakit sepeti terbakar pada kulit yang terpapar herpes. Setelah beberapa hari akan muncul ruam yang berisi air, dan melepuh.

Dalam kondisi ini kulit akan terasa gatal dan akan menjadi koreng dalam beberapa hari. Ruam bisa tidak terlihat karena tumbuh di dalam vagina atau di dalam uretra.

Penyebab Penyakit Herpes

Penyakit Herpes

Penyebab Penyakit Herpes adalah virus HSV-1 yang tumbuh di area mulut, HSV-2 akan tumbuh di area genital. Virus ini ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi herpes.

Jika seorang ibu hamil mempunyai herpes maka akan menularkan herpesnya pada bayi saat melahirkan, dalam kondisi herpes yang sangat parah dapat menyebabkan kematian pada bayi.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit herpes, Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Besentuhan secara langsung dengan penderita herpes.
  • Akibat kita berciuman dengan penderita cacar herpes
  • Hubungan seksual yang tidak menggunakan kondom dengan orang yang mempunyai herpes.
  • Bisa juga menular pada bayi, pada saat ibu yang melakukan persalinan memiliki penyakit ini. untuk memperkecil kemungkinan bayi tertular biasaya dokter menyarankan untuk melakukan sesar.
  • Umur yang sudah tua.
  • Daya tahan tubuh yang menurun.
  • Terpapar sinar UV terlalu lama.
  • Mengalami stres.

Artikel Terkait: Herpes Genital

Gejala Penyakit Herpes

penyakit herpes pada pria

Dengan mengetahui gejala yang ditimbulkan, anda dapat menangani gejala sejak dini sehingga tidak terjadi komplikasi. Terkadang herpes juga tidak menimbulkan gejala. Gejala herpes bisa berupa:

  • ruam yang terbuka dan berwarna merah.
  • Akan terasa panas dan gatal di sekitar ruam.
  • Sakit ketika membuang air kecil.
  • Sakit punggung bagian bawah.
  • Demam.
  • Adanya cairan yang keluar dari vagina.

Waspadailah penyakit herpes karena virus yang menyebabkan penyakit ini dapat berdiam ditubuh anda dalam waktu yang lama, dan akan aktif kembali ketika daya tahan tubuh anda berkurang.

Ketika infeksi pertama menimpa anda, antibodi akan bekerja untuk melawan virus ini, jadi ketika infeksi yang selanjutnya tubuh lebih siap untuk menghadapi virus herpes, sehingga infeksi yang kedua tidak parah seperti infeksi yang pertama.

Untuk menghindari herpes anda dapat melakukan hidup sehat, seperti berolahraga dan makan makanan yang sehat serta tercukupi kebutuhan gizi bagi tubuh, dan berhati-hati dalam melakukan hubungan seksual terhadap orang yang baru anda kenal.

Klinik Utama Gracia merupakan klinik modern dengan di dukung tenaga medis yang profesional dan berpengalaman. Klinik Utama Gracia melayani pengobatan pada penyakit-penyakit andrologi, ginekologi dan penyakit menular seksual.

Kami juga mempunyai layanan konsultasi medis online, sehingga memudahkan anda untuk konsultasi mengenai penyakit-penyakit yang anda derita. Konsultan-konsultan online kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan anda seputar andrologi, ginekologi dan Penyakit menular seksual.

Klik chat

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save