counter

penyebab sering buang air kecilPenyebab sering buang air kecil adalah terlalu seringnya minum, atau karena kondisi medis tertentu yang tidak boleh disepelehkan. Buang air kecil dikatakan normal jika dilakukan 4-8 kali dalam sehari, sering buang air kecil yang tidak normal terkadang sangat mengganggu, seperti harus bangun di malam hari untuk buang air kecil. Keadaan seperti ini tidak boleh dianggap sepeleh, karena sering buang air kecil yang tidak normal bisa juga disebabkan oleh penyakit.

Penyebab Sering Buang Air Kecil

Beberapa kondisi yang menyebabkan buang air kecil terus menerus tidak hanya karena kondisi medis tetapi dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan. Berikut akan kami jelaskan, sehingga anda dapat mengerti mengenai penyebab seringnya buang air kecil dan dapat mencegah sebelum itu semua terjadi. Penyebab-penyebab sering buang air kecil:

Overactive Bladder

Overactive bladder atau terlalu aktifnya kandung kemih, yaitu suatu kondisi kandung kemih yang tiba-tiba berkontraksi yang tidak dapat dikontrol sehingga menyebabkan rasa ingin buang air kecil walaupun kandung kemih anda belum terisi penuh. Dalam keadaan normal, anda akan buang air kecil jika kandung kemih telah terisi penuh.

Batu Ginjal

Batu ginjal adalah batu yang terbentuk di dalam ginjal. Batu tersebut terbentuk dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap menjadi kristal.

Penyakit batu ginjal bisa saja menjadi penyebab buang air kecil yang terus menerus, dengan disertai tanda-tanda lain seperti kencing yang keluar sedikit-sedikit disertai rasa nyeri, sakit pada perut bagian bawah dan terdapat darah yang bercampur dengan urin.

wanita obesitas

Diabetes

Penyakit diabetes juga sering dikaitkan dengan seringnya buang air kecil, karena kondisi tubuh seseorang yang mengalami diabetes terdapat kelebihan gula di dalam darah sehingga memicu produksi urin yang banyak. Dengan keadaan seperti itu juga dapat menyebabkan rasa haus, sehingga menimbulkan rasa ingin minum terus menerus.

Infeksi Saluran Kemih

Gejala infeksi saluran kemih adalah seringnya buang air kecil, disertai demam, dan rasa tak nyaman di area bawah perut. Sebaiknya anda periksakan diri anda ke dokter untuk memastikan kondisi anda, agar tidak terjadinya komplikasi ke penyakit yang lebih parah.

Obat-obatan

Obat-obatan yang besifat diuretik umumnya digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi. Obat diuretik akan membuang cairan berlebih dari tubuh sehingga menyebabkan rasa ingin buang air kecil terus menerus.

Mengatasi Sering Buang Air Kecil

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara mengatasi keadaan sering buang air kecil:

Melatih Kandung Kemih

Cara melatih kandung kemih adalah dengan cara yang tergolong sederhana, yaitu mengendalikan jarak waktu buang air kecil. Hal ini dapat mengurangi frekuensi buang air kecil serta melatih kandung kemih untuk menyimpan urine lebih lama.

penyebab sering buang air kecil olah raga

Senam Kegel 

Senam kegel telah terbukti dapat menguatkan otot panggul dan otot di sekitar vagina, sehingga dapat mengurangi dorongan buang air kecil. Mengendalikan kandung kemih dapat dilakukan dengan latihan yang berfokus pada panggul selama lima menit.

Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat termasuk juga Mengubah pola makan seperti mengurangi atau bahkan mengurangi konsumsi minuman beralkohol, kafein, soda, tomat, cokelat, makanan pedas, serta pemanis buatan. Perbanyaklah mengonsumsi makanan kaya serat dan cukupi kebutuhan air putih, lebih baiknya anda menyisihkan waktu anda untuk melakukan olahraga.

Artikel Terkait: Sering Buang Air Kecil Pada Wanita

Datanglah ke Klinik Utama Gracia, klinik kami melayani keluhan penyakit andrologi, ginekologi dan penyakit menular seksual, yang didukung oleh dokter yang profesional dan peralatan medis yang modern.

Gunakan layanan konsultasi medis online kami dibawah ini.

Save

Klik chat