counter

gejala phimosis Phimosis adalah kondisi yang menyakitkan ketika menarik kulit khatam penis, ini terjadi pada anak laki-laki dan laki-laki yang belum sunat (penghapusan kulup yang menutupi ujung penis). Kerusakan jaringan dapat terjadi jika kulup secara paksa ditarik. Penyempitan kulup penis umum terjadinya pada anak laki-laki yang baru lahir karena kulit yang menutupi ujung penis masih ketat dan kurang lentur, dan itu normal bagi sebagian besar bayi dan balita pada awalnya kesulitan mencabut kulup.

Kulit kulup yang tidak bisa ditarik biasanya akan lentur dengan sendirinya seiring bertambahnya usia, sebagian besar anak laki-laki dapat menarik kulup sepenuhnya pada usia tiga tahun.

Kondisi lain yang mempengaruhi kulup disebut paraphimosis, dimana reposisi kulup ke posisi unretracted tidak memungkinkan, kondisi ini lebih serius karena mempengaruhi suplai darah dan harus diperlakukan dalam situasi darurat.

Sunat mungkin sangat diperlukan karena kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan saat buang air kecil dan kesulitan dalam hubungan seksual. Penyebab Paraphimosis tidak diketahui, hal ini terjadi pada anak laki-laki yang belum sunat dan cenderung terjadi pada bayi dan balita.

Gejala

phimosis adalah

Gejala Paraphimosis dapat bervariasi, tergantung dengan tingkat keparahan pada individu-individu yang terkena. seperti:

  • Penis yang  menonjol dari kulup (terutama saat buang air kecil).
  • Kesulitan buang air kecil.
  • Ketidak mampuan menarik kembali kulup.
  • Pembengkakan pada ujung penis.

Paraphimosis adalah kondisi serius yang harus segera dievaluasi dalam situasi darurat. Gejala-gejala yang serius meliputi:

  • Perubahan warna atau memar dari ujung penis.
  • Demam tinggi.
  • Ketidakmampuan untuk memposisikan kulup.
  • Ketidakmampuan untuk buang air kecil.
  • Skrotum menjadi lembut.

Klik chat

Penjelasan Phimosis Kongenital dan Phimosis Sebenarnya

Phimosis kongenital timbul ketika bayi laki-laki baru lahir, sebenarnya hal ini merupakan kondisi yang normal dan biasa terjadi pada masa anak-anak bahkan sampai masa remaja. Kulit preputium yang selalu melekat erat pada organ glans penis dan tidak dapat ditarik ke bagian belakang pada saat bayi pria lahir.

Tapi seiring bertambahnya umur serta produksi hormone dan faktor pertumbuhan lain maka akan terjadi proses keratinisasi pada lapisan epitel dan deskuamasi antara organ glans penis dan lapis dalam preputium sehingga kulit yang menempel pada ujung penis dapat terpisah dari glans penis.

Phimosis yang sebenarnya adalah keadaan yang timbul dan terjadi setelah bayi lahir dan beranjak dewasa. Hal ini sangat berkaitan dengan kebersihan yang kurang baik, peradangan kronik glans pada penis dan kulit preputium. Untuk itu penting sekali bagi kaum pria agar selalu menjaga kebersihan kelamin mereka agar terhindar dari masalah phimosis ini.

Artikel Terkait: Sunat Laser

Pengobatanya

phimosis adalah Anak laki-laki atau pria dewasa yang mengalami kasus paraphimosis yang tingkat keparahannya tidak bisa buang air kecil atau paraphimosis harus dievakuasi oleh tim medis segera.

Kasus paraphimosis biasanya diobati dengan steroid topical agar kulup menjadi longgar. Jika kasusnya sudah menjadi pembengkakan pada penis maka akan dilakukan sunat.

Untuk pengobatan paraphimosis meliputi:

  • Menyunat penis.
  • Menggores kulup untuk mengurangi gelembung atau bengkak.
  • Memberi pelumas pada kulup untuk reposisi kulup.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti yang diterangkan di atas, sebaiknya anda segera pergi kedokter untuk memeriksakan diri anda, atau anda juga dapat berkunjung Klinik Utama Gracia karena di klinik kami terdapat dokter yang professional dan di dukung peralatan medis yang modern, atau bisa juga anda menghubungi konsultan kesehatan kami dengan klik tombol dibawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save