penyakit radang panggul

Mungkin sebagian besar orang masih asing jika mendengar “PID” lalu apakah PID itu? Ya PID adalah penyakit radang panggul yang biasanya penyakit ini menyerang kaum wanita, PID adalah suatu infeksi yang biasanya terjadi pada bagian tubuh seperti pada tuba falopi, rahim, ovarium, leher rahim, atau panggul wanita.

Pelvic Inflammatory Disease ataupun yang disingkat PID adalah infeksi pada organ-organ sistem reproduksi wanita, dan biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia atau gonore, dan diobati dengan antibiotik.

Dan diketahui PID bisa menjadi penyebab utama infertilitas ataupun masalah ketidaksuburan, namun hal tersebut dapat dicegah. Kasus penyakit radang panggul sebagian besar ditemukan pada wanita yang berusia 15 sampai 24 tahun yang aktif secara seksual.

Lalu, Apakah Gejala Penyakit Radang Panggul?

Mungkin kebanyakan wanita tidak memperhatikan gejala PID sejak dini, namun pada kenyataannya gejala penyakit ini dapat bertambah buruk seiring dengan berjalannya waktu dan gejala-gejala PID adalah sebagai berikut:

• Nyeri di perut bagian bawah dan panggul
  • Keluarnya cairan keputihan berat dibarengi dengan bau tidak sedap
  • Keluarnya perdarahan antar periode
  • Merasa sakit saat berhubungan badan
  • Sering demam dan menggigil
  • Sakit saat buang air kecil

Sehingga ada baiknya jika wanita mengalami hal tersebut maka segeralah diobati karena jika tidak segera diobati mungkin akan menyebabkan masalah yang lebih serius seperti nyeri panggul kronis, dan kesulitan untuk hamil.

Dalam beberapa kasus penyakit radang panggul dapat menimbulkan gejala yang lebih sering sehingga Anda harus pergi ke rumah sakit jika mengalami beberapa gejala PID diantaranya adalah:

• Terasa nyeri parah di perut bagian bawah
  • Tanda syok, seperti pingsan
  • Mengalami muntah
  • Mengalami demam tinggi

Beberapa kasus penyakit radang panggul juga bisa menjadi tanda kondisi medis serius lainnya, seperti adanya radang usus buntu atau kehamilan ektopik (kehamilan yang terjadi di tuba falopi di luar rahim), sehingga Anda memerlukan bantuan medis jika mengalami hal ini.

Siapa saja yang Berisiko Mengalami Penyakit Radang Panggul?

nama lain pidDiketahui seorang wanita akan berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit radang panggul karena beberapa hal sebab PID diantaranya adalah sebagai berikut:

• Wanita yang pernah berhubungan badan sebelum memasuki usia 20 tahun
  • Wanita yang memiliki pasangan seks yang telah terinfeksi penyakit gonore atau klamidia
  • Seorang wanita berhubungan badan dengan banyak pria
  • Wanita yang pernah mengalami IMS di masa lalu

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Radang Panggul?

• Anda bisa mencegah PID dengan mempraktikkan seks yang aman
  • Satu-satunya cara mutlak untuk mencegah IMS adalah tidak melakukan hubungan badan
  • Anda bisa mengurangi risiko dengan melakukan hubungan badan hanya dengan 1 orang yang sudah Anda nikahi.
  • Risiko PID juga akan berkurang jika Anda dan pasangan seksual Anda diuji IMS sebelum melakukan hubungan badan
  • Dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan badan juga mengurangi risiko Anda.

Bagaimana Cara Untuk Menyembuhkan Penyakit Radang Panggul?

Pengobatan penyakit radang panggul (PID) ini berfungsi untuk mengatasi dan mengobati PID dari gejala akut, sehingga dapat memberantas infeksi guna mengurangi risiko penularan infeksi ke pasangan seksual baru.

Selain itu, identifikasi dan pengobatan pasangan saat ini dan baru-baru ini ditunjukkan untuk pengurangan lebih lanjut infeksi menular seksual (IMS). Biasanya untuk menyembuhkan PID ringan akan diberikan suntikan berisi antibiotik sambil dari dokter Anda.

Namun, hampir sebagai besar kasus PID jika wanita terinfeksi maka pasangan Anda juga harus segera diobati, dan semoga saja artikel ttg PID ini dapat bermanfaat bagi Anda, dan misalkan Anda mengalami hal tersebut maka bisa konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.