counter

pid adalah

PID adalah penyakit radang panggul yang ternyata merupakan penyakit berbahaya yang menyerang wanita. Kepanjangan PID adalah pelvic inflammatory disease. Penyakit ini bisa terjadi pada remaja perempuan usia 15 sampai wanita usia 24 tahun yang sudah aktif dalam aktivitas seksual. Dengan kata lain penyakit ini adalah terjadinya infeksi di organ panggul wanita seperti tuba fallopi, rahim, ovarium ataupun leher rahim.

Mungkin namanya yang masih asing seringkali tidak mendapatkan perhatian. Padahal sebenarnya PID adalah penyebab wanita mengalami ketidaksuburan sehingga akan sulit mendapatkan kehamilan, ataupun terjadi kehamilan ektopik. Agar lebih memahami mengenai penyakit yang bisa menyerang para wanita ini, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab

Penyebab dari PID adalah dikarenakan adanya infeksi menular seksual seperti gonore atau klamidia. Bakteri yang menyebabkan kedua penyakit kelamin tersebut dapat menjadi penyebab terjadinya infeksi pada leher rahim dan menyebar pada bagian organ reproduksi atas milik wanita. Adanya bakteri di vagina dipercaya menjadi penyebab kondisi ini. Walaupun di beberapa kasus, tidak diketahui apa penyebab pasti dari penyakit ini.
Klik chat

Gejala

Ada beberapa gejala yang harus Anda waspadai yang menandakan bahwa Anda mengalami PID, yaitu:

  1. Nyeri perut. PID akan menyebabkan penderitanya mengalami sakit atau nyeri pada bagian perut bawah. Seringkali hal ini terjadi ketika akan mendekati menstruasi. Namun terkadang sakit akan terasa sangat luar biasa dan di waktu yang tidak biasa pula. Sebaiknya Anda lebih waspada bila hal ini terjadi.
  2. Nyeri di panggul. Adanya peradangan ataupun infeksi di bagian panggul akan membuat seseorang mengalami nyeri atau sakit pada bagian tersebut. Bila hal ini terjadi dalam waktu yang lama, sebaiknya periksakan diri ke dokter.
  3. Buang air kecil sakit. Walaupun bukan gejala utama PID, namun penderita akan sering mengalami buang air kecil sakit. Agar penyebab dapat dipastikan, segera periksakan ke dokter.
  4. Keputihan abnormal. Penderita PID akan mengalami keputihan abnormal dengan ciri berwarna kekuningan atau kehijauan, dan mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan tidak sedap.
  5. Terasa sakit yang parah saat menstruasi. Mungkin para wanita memang sudah sering merasakan nyeri ketika menstruasi. Namun pada penderita radang panggul, nyeri atau sakit saat menstruasi ini akan sangat parah dan menyakitkan, sehingga kesulitan dalam melakukan aktivitas.
  6. Terasa sakit ketika melakukan hubungan seksual. Adanya peradangan di panggul akan berdampak pada munculnya sakit atau nyeri ketika melakukan hubungan seksual. Bila gejala ini diikuti oleh gejala lain, maka waspada lah kemungkinan Anda mengalami radang panggul.
  7. Demam. Ketika ada bakteri yang menginfeksi tubuh, maka tubuh akan bereaksi dengan terjadinya demam. Walaupun bukan gejala utama PID, namun tetap harus diwaspadai keberadaannya.
  8. Pendarahan banyak dan menstruasi lama. Penderita PID juga akan mengalami pendarahan yang lebih banyak dan periode menstruasi yang lebih lama dari biasanya. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa Anda harus mengetahui berapa lama periode atau siklus menstruasi yang Anda alami.

Bila gejala tersebut sering Anda alami, sebaiknya waspada kemungkinan radang panggul dan segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi seperti ketidaksuburan ataupun kehamilan ektopik yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Anda bisa memeriksakan keluhan PID yang Anda alami di Klinik Utama Gracia, ataupun melakukan konsultasi terlebih dahulu melalui layanan konsultasi online yang sudah disediakan di bawah ini. Segera periksakan agar mendapatkan penanganan secepatnya. Semoga bermanfaat.
Klik chat