pinggang kanan sakit

Pinggang kanan sakit merupakan salah satu kondisi yang sangat sering diabaikan karena dianggap bukanlah suatu hal yang serius. Padahal kondisi apapun yang Anda alami harus selalu mendapatkan perhatian lebih karena bisa saja menjadi tanda tubuh mengalami penyakit tertentu. Salah satu yang harus diwaspadai dari gejala pinggang kanan sakit adalah terjadinya penyakit radang panggul yang bisa dialami oleh wanita segala usia ini.

Umumnya wanita yang sudah aktif secara seksual bisa berkemungkinan mengalami penyakit ini, terlebih pada mereka yang memiliki faktor resiko seperti sudah aktif secara seksual pada usia di bawah 25 tahun, melakukan aktivitas seksual yang berisiko, melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, dan pernah mengalami infeksi menular seksual sebelumnya.

Penyakit radang panggul yang bisa dialami wanita ini terjadi karena adanya infeksi bakteri yang berasal dari hubungan seksual. Biasanya bakteri yang menginfeksi merupakan bakteri penyebab penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia ataupun penyakit menular seksual lainnya.

Ada beberapa gejala dari penyakit radang panggul yang harus Anda waspadai berikut ini.

1. Pinggang Kanan Sakit

Terjadinya infeksi yang menyebabkan peradangan pada organ di area panggul seperti ovarium, uterus, tuba fallopi ataupun uretra akan menyebabkan munculnya rasa nyeri pada panggul dan juga pinggang kanan.

2. Nyeri Perut Bagian Bawah

Biasanya hal ini terjadi pada saat wanita akan memasuki masa menstruasi. Namun bila kondisi ini terjadi terus menerus dan terbilang tidak normal, maka Anda harus mewaspadai sebagai gejala kondisi tertentu lainnya seperti penyakit radang panggul.

3. Sakit Ketika Buang Air Kecil dan Berhubungan Seksual

Bila sakit terasa pada kedua kondisi tersebut dan terus memburuk, maka sebaiknya Anda memeriksakan kondisi yang Anda alami ke dokter, untuk melakukan pemeriksaan panggul dan melihat apakah terjadi infeksi pada area panggul.

4. Demam

Demam umumnya akan terjadi bila adanya peradangan karena infeksi bakteri di dalam tubuh termasuk pada area panggul. Penderita radang panggul juga terkadang mengalami demam yang disertai dengan menggigil.

5. Gejala Lain

Gejala lain yang dapat menyertai adalah terjadinya keputihan abnormal seperti berlebihan, memiliki warna berbeda, dan juga berbau, mengalami mual dan muntah, pendarahan abnormal di luar masa menstruasi, dan juga merasakan mudah lelah. Mungkin Anda akan merasa bahwa gejala penyakit ini umumnya serupa dengan penyakit yang lain. Maka dari itu pemeriksaan harus segera dilakukan untuk memastikan penyakit yang Anda alami.

Mengabaikan gejala di atas seperti pinggang kanan sakit sebaiknya tidak lagi Anda lakukan. Karena mungkin saja Anda mengalami kondisi penyakit radang panggul yang akan mempengaruhi kesuburan wanita. Wanita yang mengalami penyakit radang panggul akan sulit untuk hamil dan juga terjadinya kehamilan ektopik dimana fetus berkembang di luar rahim.

Komplikasi lain yang mungkin terjadi akibat penyakit radang panggul ini adalah terjadinya abses, sakit pada panggul dalam waktu yang lama, dan juga penyakit radang panggul yang terus menerus berulang. Radang panggul memang seringkali kambuh, dan bila terjadi maka area yang sebelumnya pernah terinfeksi bisa terinfeksi kembali dan menyebabkan organ reproduksi wanita lebih mudah terserang bakteri.

Pendarahan juga mungkin terjadi dan membahayakan nyawa. Hal ini dikarenakan infeksi yang terjadi menyebabkan munculnya luka dan membuat tuba fallopi menyempit sehingga sel telur tersangkut dan berkembang pada tuba fallopi tersebut.

Itulah mengapa Anda harus memeriksakan kondisi yang Anda alami ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.